Movie Review - THE STRANGE HOUSE (通灵之六世古宅 )

Belakangan ini blog saya sedang menyukai film-film keluaran Tiongkok. Mungkin banyak dari kita yang berpikir kalau film produksi Negara Tirai Bambu pasti mengandung unsur politik dan bertemakan komunias. Padahal kenyataannya tidak. Bahkan banyak yang sangat menarik karena mengetengahkan plot intrik yang menarik dengan akhir cerita yang selalu tidak terduga. Salah satunya adalah film ini.

Film yang aslinya dirilis tanggal 24 Juli 2015 ini mendapatkan perhatian khusus - tidak saja dari saya tetapi juga - dari penonton luar negeri. Hal ini dikarenakan sutradara film ini adalah Danny Pang Phat, yang tidak lain adalah salah satu dari duo kembar Pang Bersaudara. Pang Bersaudara adalah duo sutradara kelahiran Hong Kong (yang menetap di Thailand). Mereka berdua terkenal berkat film-film horor mereka yang sangat keren dan menjadi pioner genre film horor twist-plop (alur yang penuh kejutan dan tidak terduga). Film horor Hong Kong The Eye (2002) adalah film horor klasik legendaris yang mengangkat nama mereka ke dunia internasional.

Meski terkenal selalu bersama dalam membuat film, baik Danny maupun Oxyde Pang - saudara kembarnya - sering juga membuat film sendiri-sendiri. Dan The Strange House adalah film Danny Pang yang mendapat perhatian para penonton dunia.
Xu Jiau, pemeran utama film The Strange House
Hal kedua yang menarik dari film ini adalah terlibatnya aktris Xu Jiao sebagai pemeran utama di film ini. Bagi Anda yang tidak familiar dengan dia, Xu Jiau adalah aktris yang berperan sebagai anak Dicky Chow, anak Stephen Chow di film CJ-7 (2008). Waktu bermain di CJ-7, Xu Jiao masih berusia 8 tahun. Kini di usianya yang telah 18 tahun, Xu Jiau memantapkan diri untuk memilih menjadi aktris. Terbukti pilihannya tepat, karena banyak film-film yang diperaninya mendapatkan respon yang positif dari para penonton, terutama di China.

Di film bergenre thriller ini, Xu Jiau berperan sebagai Ye Zi, seorang remaja yang bekerja di sebuah salon kecantikan. Satu ketika, dia menyadari ada seorang pria misterius yang menguntitinya, sehingga Ye Zi diam-diam menjebak pria itu. Akhirnya terungkap kalau pria itu bernama Le Zi Jun (diperani Eddie Siu Fai Cheung), seorang dokter yang merasa wajah Ye Zi mirip dengan Le Rong, anaknya yang meninggal setahun yang lalu. Zi Jun kemudian menceritakan kalau dalam waktu dekat, Nenek Le Rong akan berulang tahun. Untuk membahagiakan sang Nenek, Zi Jun menawarkan Ye Zi untuk menyamar sebagai Le Rong dan hadir di acara ulang tahun itu.

Awalnya Ye Zi menolak. Tetapi setelah salonnya tiba-tiba tutup, dan dia tidak ada uang untuk membayar uang kos, akhirnya Ye Zi menerima tawarkan Zi Jun. Maka mereka pun berangkat ke rumah Zi Jun yang terletak sangat terpencil.

Di rumah Zi Jun, Ye Zi berkenalan dengan keluarga Zi Jun yang terdiri dari Paman (Si Yu Lu), Bibi (Zi Tian Tian), dan Nana (Yi Song) yang merupakan kekasih Zi Jun.

Sejak awal, Ye Zi sudah merasakan perilaku orang di dalam rumah itu sangat aneh. Ye Zi pun sesekali melihat banyak penampakan aneh yang membuatnya ketakutan. Semakin lama, penampakan itu semakin membuatnya panik dan ketakutan, sehingga dia  sudah tidak bisa lagi membedakan kenyataan dan halusinasi. Apa sebenarnya yang terjadi di rumah itu?

Sekilas, film ini banyak menampilkan adegan-adegan supranatural, membuat para penonton bergidik ketakutan, meski sebenarnya film ini bukan film horor, tetapi thriller-psikologi. Meski masih berusia muda, Xu Jiao memperlihatkan kematangan aktingnya yang luar biasa dalam film ini dengan mimik mukanya yang dapat berubah drastis, dari seorang gadis lugu dan tenang, menjadi seorang gadis paranoia yang sangat ketakutan.

Seperti biasa, Danny Pang menampilkan film ini dengan gaya khas Pang Bersaudara, di mana alur ceritanya penuh kejutan dan akhir cerita sama sekali tidak terduga. Penonton berhasil dikecoh dngan mengira film ini sebagai film horor yang cukup menakutkan. Film ini ditayangkan dalam format 3D HD (High Definition) 4K, yang menjadikannya film 3D "paling terang" yang pernah diproduksi dan dirilis.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment