Recommended Film - MOMENTUM (2015)

Meski sudah tayang hampir setahun yang lalu, baru hari ini saya baru berkesempatan menonton film ini. Film arahan sutradara Stephen Campanelli, yang diperani Olga Kurylenko, James Purefoy, dan Morgan Freeman ini mengusung semangat film Hollywood, sehingga para penonton tidak akan percaya kalau dibilang film ini adalah film produksi Afrika Selatan.

 Film ini diawali dengan aksi perampokan yang dilakukan oleh sekelompok perampok berpakaian high-tech. Dalam perampokan yang nyaris gagal gara-gara pertengkaran internal di antara para perampok itu, terkuak kalau salah satu pelakunya adalah Alexis Farraday (Olga Kurylenko), seorang mantan anggota pasukan militer khusus spesialis misi berbahaya dan mustahil. Alexis dan timnya ternyata ditugaskan oleh Senator Amerika Serikat (Morgan Freeman) untuk merampok permata di bank.

Awalnya Alexis mengira permata itu akan digunakan untuk proyek kampanye yang akan dilakukan Senator. Padahal di dalam tempat penyimpanan permata itu, tersimpan sebuah flash-disk yang berisi rencana Senator untuk menghancurkan kota sebagai salah satu proyek manipulasi politiknya agar terpilih dalam pemilihan umum mendatang.

Alexis baru mengetahui hal tersebut, setelah satu-persatu rekannya yang terlibat dalam perampokan itu tewas dibunuh dengan keji oleh sekelompok orang pimpinan Mr Washington (James Purefoy). Berbekal kemampuan bela-diri dan strategi yang dikuasainya, Alexis melakukan aksi balas dendam yang sangat brilian dengan menjebak Mr Washington dan kelompoknya di bandara, sehingga mereka dihabisi oleh polisi setempat (karena diduga sebagai teroris).

Pasca kematian Mr Washington, Senator mengutus seorang pembunuh yang lebih kejam dan cerdas lagi bernama Doug MacArthur untuk menghabisi Alexis. Tapi pada saat dia tiba, Alexis sudah keburu melarikan diri. Cerita pun dibuat menggantung - agar bisa dibuat sekuel atau serial televisinya - dengan memperlihatkan Alexis berada di pesawat terbang menuju Amerika Serikat untuk menghadapi Senator.

Meski konflik yang dibangun dalam film ini sangat sederhana dan standar sekali, film berdurasi 96 menit ini sangat menarik untuk ditonton karena aksi laganya yang sangat seru. Koreografi beladiri dibuat cukup baik (meski beberapa bagian yang menampilkan aksi perkelahian yang dibawakan Olga Kurylenko kurang meyakinkan). Bahkan yang paling kece adalah aksi kejar-kejaran mobil yang dibuat sangat dramatis serta menegangkan.



DO YOU KNOW ? 
Film Momentum merupakan film debut perdana Sutradara Stephen Campanelli. Sebelumnya, dia adalah Juru Kamera untuk semua film yang disutradarai Clint Easwood, mulai dari film The Bridges of Madison County (1995) hingga film American Sniper (2015). Hubungan baiknya dengan Clint Eastwood berakhir setelah Campanelli tiba-tiba berhenti di tengah pengambilan gambar film American Sniper dan memutuskan untuk memulai pengerjaan film Momentum.
Stephen Campanelli

Morgan Freeman adalah aktor yang khusus didekati Campanelli dan diajak bermain di film ini. Campanelli mengenal Freeman saat mereka bertemu dalam pembuatan fim The Unforgiven (1992) yang disutradarai Clint Eastwood.

Awalnya, pemeran antagonis Mr Washington adalah Vincent Cassel, aktor Perancis yang terkenal berkat perannya sebagai perampok legendaris Perancis Jacques Mesrine di film dwilogi  box-office Mesrine (2008). Tetapi peran itu kemudian diberikan kepada James Purefoy, setelah Campanelli terkesan dengan akting Purefoy yang memerani pemimpin sekte psikopat Joe Carroll di serial televisi The Following.

Film ini pertama kali tayang tanggal 22 Juli 2015 di Fantasia International Film Festival di Montreal, Quebec, Canada, yang merupakan kota kelahiran Campanelli. Film ini sendiri baru dirilis secara internasional, termasuk di Afrika Selatan dan Amerika Serikat, tanggal 16 Oktober 2016.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment