TV Series Recommended - AMERICAN GOTHIC (2016 - onward)

Jangan tertipu dengan judul serial televisi ini. Meski judulnya "gothic" dan bernuansa serba hitam, serial televisi yang baru tayang 22 Juni 2016 kemarin ini bukan serial televisi horor, tetapi lebih tepat "opera sabun". Didistribusikan dan ditayangkan oleh jaringan televisi CBS, serial televisi bertotal 13 episode ini merupakan kreasi dari Corinne Brinkerhoff. Jika Anda tidak familiar dengan namanya, mungkin Anda kenal buah karyanya yang terkenal : serial televisi Boston Legal dan The Good Wife. Berkat serial ini, Corinne meraih penghargaan Writer Guild of America Award tahun 2010.

Serial American Gothic mengisahkan tentang Alison Hawthorne-Price ( Juliet Rylance), calon Senator Amerika Serikat untuk wilayah Boston yang sedang berkampanye. Demi menyukseskan kampanyenya, maka Tim Sukses Alison mengumpulkan keluarga Alison ke Boston untuk diberi pengarahan.

Di saat bersamaan, terjadi sebuah kecelakaan di sebuah jalan bebas hambatan di mana jembatan di atas jalan itu runtuh dan nyaris menimbulkan korban. Saat polisi datang, mereka terkejut menemukan kalau di dalam konstruksi jembatan, tertanam ikat pinggang milik seorang pembunuh berantai bernama Silver Bells Killer (SBK). Pembunuh ini adalah pembunuh yang pernah meneror Kota Boston di tahun 1998 - 2002, di mana sang pelaku membunuh para wanita dengan menjerat mereka menggunakan ikat pinggang, lalu meletakkan sebuah bel kecil yang terbuat dari perak di dekat mayat korban. Aksi kejahatan pembunuh itu tiba-tiba berhenti di tahun 2002 dan pelakunya tidak pernah ditemukan.

Penemuan ikat pinggang SBK itu kemudian dimanfaatkan Alison sebagai alat kampanyenya. Namun di tengah kampanye, Ayah Alison mengalami sakit jantung dan tiba-tiba pingsan. Sakit yang tiba-tiba dialami Ayah Alison menimbulkan tanda-tanya para anggota keluarga. Terlebih setelah Tessa (Megan Ketch) dan Cam Hawthorne (Justin Chatwin), keduanya adik Alison, menemukan kotak berisi bel perak yang sama persis seperti bel yang ditinggalkan SBK pada korbannya.

Hal mengejutkan pasca sakitnya Ayah Alison adalah munculnya Garrett Hawthorne, Anak Sulung keluarga Hawthorne, setelah 14 tahun menghilang dari rumah. Kepulangan Garrett menambah misteri dan kecurigaan keluarga Hawthorne, karena mereka menduga Garrett mungkin adalah SBK. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa aksi pembunuhan terhadap wanita di Boston berakhir di hari saat Garrett menghilang.

Misteri ini semakin bikin penasaran penonton setelah Garrett meminta Ayah Alison mengalami kritis setelah bertemu Garrett yang memintanya "mengakui kesalahan di masa lalu". Setelah kondisinya membaik, Ayah Alison meminta Madeline (Virginia Madsen), istrinya, untuk membantunya "menceritakan hal yang sebenarnya". Alih-alih membantunya, Madeline justru membunuh Ayah Alison dengan menutup selang oksigen yang mengalir ke paru-paru Ayah Alison.

Di sisi lain, sebuah fakta mengejutkan pun terkuat di mana Cam Hawthorne ternyata melakukan perbuatan inses (melakukan hubungan badan dengan keluarga terdekat), yaitu dengan meniduri adiknya sendiri, Tessa. Padahal Tessa sendiri saat itu telah bertunangan dengan seorang polisi bernama Brady Ross (Elliot Knight).

Meski baru tayang 1 episode, tetapi serial ini telah menampilkan banyak kejutan yang tidak terduga oleh para penonton. Serial ini tidak menampilkan adegan yang sadis, maupun berdarah-darah, tetapi lebih menonjolkan pada kekuatan dialog. Jika menilik alurnya, serial ini punya peluang menjadi serial yang disukai banyak penonton (hal ini sebenarnya sudah terbukti di mana episode pertama serial ini saja ditonton sebanyak 3.43 penonton di Amerika Serikat). Sayangnya, episode pertama America Gothic terbilang sangat lamban dan bertele-tele dalam penceritaannya, sehingga sangat terkesan sekali sebagai sebuah tontonan "opera sabun" yang sengaja diulur-ulur ceritanya.

Buat penonton yang terbiasa menonton film dengan intensitas tinggi dan cerita yang bergerak cepat, jelas sekali film ini adalah sebuah tontonan yang sedikit membosankan. Tetapi kalau Anda adalah seorang penyuka serial drama (terutama drama misteri yang sangat menekankan pada dialog berkepanjangan yang detil), serial ini sangat menarik sekali untuk ditonton.
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment