Movie Recommended - OPERATION CHROMITE (인천상륙작전 )

Judul Film     : Operation Chromite
Sutradara       : Lee Jae Han
Pemeran        : Liam Neeson, Lee Jung Jae, Lee Beom Soo, Jin Se Yeon
Tanggal rilis  : 27 Juli 2016

Perang Saudara Korea Selatan dan Korea Utara (dikenal dengan sebutan "한국전쟁 " atau Choguk Haebang Chonjaeng) terjadi 25 Juni 1950 - 27 Juli 1953, adalah perang paling fenomenal dalam sejarah Korea. Dalam perang tersebut, Korea Utara - didukung pasukan Uni Soviet (sekarang : Rusia) - menginvasi Korea Selatan, yang mendapat dukungan dari Amerika Serikat.

Sepanjang masa perang tersebut, ada 1 peristiwa perang besar yang menjadi tonggak kemenangan Korea Selatan atas Korea Utara, yang dikenal dengan sebutan "The Battle of Incheon" (Perang Incheon; 인천상륙작전 / Incheon Sangnyuk Jakjeon). Perang tersebut merupakan perang paling besar dalam sejarah Korea, karena saat itu Korea Selatan - gabungan dengan Pasukan Amerika Serikat / PBB - mengerahkan 75,000 tentara dan 261 kapal perang untuk menggempur pasukan Korea Utara. Untuk memenangkan perang itu, Jendral Douglas MacArthur - yang memimpin langsung perang tersebut - menggunakan strategi perang yang sangat tidak lazim. Strategi ini di luar dugaan mampu menghancurkan kekuatan Pasukan Korea Utara, yang membuat mereka akhirnya kalah telak di perang itu. Strategi dan operasi dalam Perang Incheon itu dikenal dengan sebutan "Operation Chromite".

Nah, film ini mengisahkan latar belakang, persiapan, serta eksekusi dari "Operation Chromite" yang terkenal itu.

Film ini diawali dengan jatuhnya Kota Incheon (kota pelabuhan paling penting di Korea Selatan) ke tangan Korea Utara. Untuk bisa memenangkan perang, Korea Selatan harus bisa mengambil balik Incheon. Karena itu, Jendral Douglas MacArthur (Liam Neeson) mengumpulkan 8 tentara Korea Selatan, yang dipimpin Letnan Angkatan Laut Jang Hak Soo (diperani Lee Jung Jae) untuk melakukan Operasi "X-Ray", di mana kedelapan orang tentara itu ditugaskan menyusup ke dalam kota Incheon, dan menyabotase gudang logistik Pasukan Korea Utara.

Tentu saja Operasi "X-Ray" adalah operasi yang sangat berbahaya dan berisiko tinggi. Tetapi kesuksesan operasi inilah yang kelak menjadi awal kemenangan Tentara Korea Selatan.

Selanjutnya, MacArthur telah dan pasukan Korea Selatan mempersiapkan pasukan ampibi yang merupakan lapis kedua penyerangan berikutnya. Pasukan Ampibi ini pun kelak dikenal masyarakat Korea Selatan karena kecerdasan dan keberanian mereka menghabisi tentara Korea Utara dengan cara yang unik dan tidak umum.

Film kolosal berdurasi 128 menit ini merupakan film Asia pertama yang diperani Liam Neeson. Sebelumnya Neeson sudah sering bekerja sama dengan perusahaan film internasional di luar Hollywood. Salah satunya adalah perusahaan Perancis, saat dia membintangi trilogi Taken yang laris manis tersebut.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment