British TV Series - MAIGRET (2016 - onward)

Judul Serial TV :  Maigret
Ditayangkan      : ITV
Pemeran            : Rowan Atkinson, Lucy Cohu
Tanggal tayang : 28 Maret 2016 - sekarang
Total Episode    : Season 1 (2016) - 2 episode, Season 2 (2017) - 2 episode

Kita mengenal Rowan Atkinson sebagai Mr Bean dan komedian handal. Jadi ketika mendengar kabar kalau dia bermain serial detektif, tentu yang terbersit dalam benak : Pastilah serial itu adalah serial bergenre komedi, seperti yang biasa dia bawakan. Nyatakan keliru. Roman Atkinson memang bermain dalam serial televisi bergenre detektif, namun serial ini adalah serial yang cukup serius. Atkinson memainkan karakter yang sama sekali berbeda dengan yang biasa dia bawakan. Jadi jika Anda berharap ada kelucuan konyol seperti yang biasa dibawakan Atkinson di serial televisi Mr Bean, maka Anda harus kecewa kali ini.

Di serial Maigret, Rowan Atkinson akan berperan sebagai Detektif Jules Maigret, seorang detektif asal Perancis yang cukup legendaris. Kisah Jules Maigret sendiri adalah adaptasi dari serial novel berjudul sama karya Georges Simenon yang sangat populer di tahun 1931 - 1972 di Perancis. Kisah petualangan Maigret sendiri telah diadaptasi dalam berbagai media : Film layar lebar, serial televisi, dan sandiwara radio.

Rumah Produksi Ealing Studios memproduksi 2 episode pertama petualangan Detektif Jules Maigret yang ditayangkan 28 Maret 2016 dan Desember 2016.

Episode pertama berjudul "Meigret Sets A Trap" yang diadaptasi dari novel "Meigret Tend Un Piege" yang diterbitkan tahun 1955. Bersetting Perancis tahun 1955, dikisahkan bahwa selama 5 bulan terakhir telah terjadi pembunuhan sadis terhadap 4 para wanita yang melewati Jalan Mintmartre di malam hari. Keempat korban tersebut tidak punya keterkaitan. Satu-satunya kesamaan di antara mereka adalah kesemuanya berambut pirang.

Kementerian Hukum menugasi Kepala Inspektur Jules Maigret (Atkinson) untuk mencari pelakunya. Maigret kemudian meminta bantuan Polisi Wanita Marthe Jusserard (Eva-Jane Willis) untuk memancing sang pelaku pembunuhan. Marthe berhasil menjebak sang pelaku muncul. Tetapi dia sendiri nyaris menjadi korban, jika Maigret dan polisi tidak segera bertindak. Sang pelaku berhasil kabur, namun Maigret berhasil mendapatkan petunjuk kalau pelakunya adalah Madame Moncin (Fiona Shaw), seorang wanita paruh baya yang mengidap gangguan jiwa dan sebelumnya telah melakukan 6 pembunuhan. Tetapi masalahnya, Madame Moncin sendiri sedang berada dalam penjara, sehingga tidak mungkin melakukan pembunuhan itu.

Penyidikan Maigret kemudian mengarah pada Marcel Moncin (David Dawson), anak Madame Moncin yang diduga melanjutkan "tugas" Sang Ibu. Karena itu Maigret harus segera menemukan anak Marcel Moncin, sebelum jatuh korban berikutnya.

Episode pertama ditonton 7.17 juta penonton Inggris. Hasil ini membuat ITV sangat optimis dengan kesuksesan Maigret, sehingga - pada saat Episode Kedua Maigret baru selesai produksi tanggal 25 Juni 2016 silam - mereka langsung setuju untuk memproduksi Season Kedua Maigret yang akan tayang tahun 2017 mendatang.



ABOUT "MAIGRET"
Jules Meigret - bernama lengkap Jules Amedee Francois Maigret - adalah detektif fiksi hasil kreasi novelis Belgia Georges Simenon. Terdapat 66 novel dan 28 cerita pendek petualangan Detektif Maigret yang dibuat Simenon (diterbitkan dalam kurun waktu 1931 - 1972), yang kesemuanya mendapatkan respon yang sangat positif dari para pembaca. 
Sosok Maigret versi Novel

Detektif (atau disebut juga Kepala Inspektur) Jules Maigret adalah seorang detektif yang kerap mengenakan topi, jas terusan, serta mengisap pipa rokok. Dalam memecahkan kasus, selain mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan barang bukti, dia juga sering berdiskusi dengan istrinya - Madame Maigret - yang sama cerdasnya, bahkan bisa menganalisa hal detil yang tidak terlihat. Meski jarang terlibat secara langsung, namun semua masukan istri Maigret itu seringkali menjadi hal krusial yang membantu Maigret dalam memecahkan kasus-kasus yang diselidikinya.



DO YOU KNOW ? 
Episode 1 - Maigret Sets a Trap dalam serial ini merupakan adaptasi kelima yang pernah dibuat. Sebelumnya, kisah ini telah diadaptasi dalam bentuk film dan serial televisi. Kisah ini pertama kali diadaptasi dalam bentuk film layar lebar berjudul sama tahun 1958 di mana Jean Gabin berperan sebagai Meigret. Selanjutnya, kisah ini dibuat ulang dalam serial televisi Meigret (produksi BBC) tahun 1960. ITV kemudian membuat kembali cerita ini dalam serial Meigret (1992) yang diperani Michael Gambon. Dan terakhir, cerita ini diadaptasi serial Meigret produksi Perancis (1996) di mana Aktor Perancis Brune Cremer berperan sebagai Meigret.

Episode Pertama Meigret dibuat di Budapest, Hongaria.

Rowan Atkinson adalah penggemar berat tokoh Jules Maigret. Dia bahkan telah membaca semua seri petualangan Meigret berulang-ulang. Karena itu, saat mendapat kesempatan memerani karakter favoritnya, Rowan Atkinson merasa sangat bahagia dan terharu sekali.

Banyak penonton yang menilai akting Rowan Atkinson di episode pertama Maigret sangat baik dan sempurna. Mereka bahkan mengharapkan dapat melihat lebih banyak lagi aksi Atkinson di seri-seri Maigret selanjutnya.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment