Chinese TV Series - DECODED (解密 )

Judul Serial TV : Decoded
Ditayangkan      : Hunan TV
Pemeran             : Ying Er, Chen Ce Ney, Jing Chau
Tanggal tayang  : 20 Juni - 14 Juli 2016
Total episode     : 44

Dari pengalaman saya menonton film-film produksi China, ada 2 genre film yang tampaknya "diharamkan" untuk diproduksi : Genre Horor dan Spionase. Genre horor diharamkan karena Pemerintah China menghendaki penduduknya menjadi masyarakat yang rasional dan tidak mudah percaya hal-hal tahayul. Film horor jelas akan membuat masyarakat mudah percaya dengan hal-hal supranatural seperti hantu, dukun, roh jahat, dan lain-lain, sehingga Pemerintah melarang keras sutradara China untuk membuat film jenis ini.

Sedangkan Genre Spionase sudah sangat jelas dilarang. Hal ini dikarenakan Pemerintah China kuatir informasi rahasia negara terekspos di film jenis tersebut, sehingga dapat membahayakan negara. Karena itu, film jenis ini tidak pernah diproduksi. Biasanya yang diproduksi adalah film-film bergenre perang atau keluarga, di mana Pemerintah China berharap film demikian dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, sikap solidaritas, serta semangat berjuang. Mereka pn berharap film-film demikian akan terus mendorong masyarakat untuk cinta keluarga, menghormati orang tua, dan menghargai orang di sekitar.

Meski demikian, belakangan ini sepertinya Pemerintah China sedikit "melunak" dan memberikan ruang kreativitas lebih besar kepada sineas China untuk merilis film-film bergenre horor dan spionase. Di tahun ini saja sudah ada beberapa film horor yang beredar, meski tidak murni horor (karena dicampur dengan genre psikologi-thriller). Bahkan yang lebih mengejutkan lagi adalah perilisan novel Decoded (解密 ; Jie Mi) karya pertama Novelis Mai Jia (bernama asli Jiang Ben Hu), yang menguak aksi tim inteligen China bernama Unit 701 yang dibentuk tahun 1956.

Meski Pemerintah China membantah adanya tim inteligen tersebut, tapi berdasarkan investigasi yang dilakukan Mai Jia selama 15 tahun terakhir, dia berhasil menemukan banyak dokumen dan bukti tentang keberadaan Unit 701 dan bagaimana sepak-terjang unit ini dalam membongkar rencana dan aksi banyak pihak yang berusaha menggulingkan Pemerintah (yang pada masa itu dipegang oleh Presiden Mao Ze Dong).

Novel Decoded menjadi salah satu novel yang sangat populer, tidak saja di China, tetapi juga di Eropa dan sempat menjadi bahan pembahasan CNN dan New York Times tahun 2014 silam.

Meski berisi informasi yang cukup sensitif, novel tersebut tidak disensor oleh Pemerintah China dan diizinkan untuk dirilis.

Dua tahun pasca perilisan novel itu, Hunan TV mengadaptasi novel laris itu menjadi sebuah serial televisi bertotal 44 episode berjudul Jie Mi (Decoded). Serial tersebut telah tayang bulan Juni - Juli 2016 silam, dan mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton.

Saya sudah menonton serial ini, dan isinya jauh lebih "ringan" daripada novel aslinya. Ceritanya pun lebih mengedepankan drama, tidak terlalu membahas sepak terjang Unit 701. Wajar jika serial televisi ini mendapat restu Pemerintah China untuk ditayangkan di televisi.

Bersetting tahn 1950-an, serial Decoded mengisahkan tentang adanya rencana perebutan kekuasaan negara yang dilakukan oleh para pemberontak. Mereka memasukkan semua informasi dan rencana perebutan kekuasaan itu dalam sebuah dokumen yang diberi nama Purple Secret. Dokumen itu berhasil diperoleh oleh Pemerintah China. Tetapi untuk dapat memecahkan isi dokumen itu, hanya ada 1 orang yang bisa. Dia adalah Profesor Ching dari Beijing. Pemerintah kemudian membawa Profesor Ching ke Huang An untuk dapat membantu memecahkan kode rahasia Purple Secret. Tapi di tengah perjalanan, para pemberontak berhasil membunuh Profesor Ching.

Pemerintah China menyerahkan dokumen Purple Secret kepada Unit 701 untuk dipelajari, tetapi mereka pun tidak mampu memecahkan informasi di dalam dokumen tersebut. Mereka kemudian mendengar kalau ada mahasiswa super cerdas yang mampu memecahkan semua kode dan persoalan matematika. Maka mereka pun dipertemukan dengan Rong Jing Zhen (Cheng Zue Dong), seorang mahasiswa yang dijuluki Si Kepala Besar Rong karena perilaku autisnya yang membuat dia seperti orang bodoh. Meski demikian, Jing Zhen sebenarnya adalah orang berotak brilian yang memiliki kemampuan membaca kriptologi (huruf dan angka rahasia). Dengan kemampuannya, Jing Zhen berhasil memecahkan kode rahasia dokumen Purple Secret, dan Pemerintah berhasil mencegah aksi perebutan kekuasaan yang dilakukan para pemberontak.

Atas kesuksesannya ini, Jing Zhen diangkat menjadi anggota Unit 701 dan mendapat tugas untuk membongkar kode-kode rahasia lain. Meski sudah menjadi anggota kehormatan Unit 701, namun Jing Zhen kemudian menyadari kalau Pemerintah justru takut padanya, dan kuatir kalau-kalau suatuhari Jing Zhen dapat berbalik dan menjadi musuh negara paling berbahaya. Karena itu segala gerak-gerik Jing Zhen dimonitor. Hal ini membuat Jing Zhen stres dan depresi.

Puncaknya, adalah ketika dia dihadapkan pada sebuah kode rahasia super (Supercode) yang diciptakan oleh musuh negara yang dikenal dengan sebutan  "Shell of A Man" dan "Madman's Work". Kode ini merupakan kode super rumit yang harus dipecahkan Jing Zhen. Karena terlalu memaksakan diri, Jing Zhen nyaris menjadi gila. Namun berkat dukungan dan bantuan rekan-rekannya di Unit 701, akhirnya Jing Zhen berhasil memecahkan kode tersebut.


ABOUT "MAI JIA"
Mai Jia - bernama asli Jiang Ben Hu - adalah salah seorang novelis kenamaan di China.  Lahir di Fuyang, Propinsi Zhejiang tahun 1964, Jiang Ben Hu kemudian bekerja sebagai Tentara Pemerintahan China selama 17 tahun.


Mai Jia
Saat menjadi tentara, Ben Hu mendalami pengetahuan tentang radio nirkabel dan menulis. Dia mulai menyukai dunia tulis tahun 1986, lalu mengambil pendidikan Sastra di People's Liberation Army Arts College tahun 1987 dan lulus tahun 1991.

Novel "Decoded"
Setelah tidak menjadi tentara, Ben Hu bekerja di Chengdu Satelite TV pada tahun 1997. Tahun 2002, dia merilis novel pertamanya berjudul Decoded, yang merupakan novel berdasarkan pengalamannya bekerja sebagai tentara pemerintah. Novel ini mengangkat tema yang cukup sensitif, yaitu tentang Unit 701 yang merupakan unit rahasia pemerintah khusus menangani dokumen rahasia dan kode sandi. Meski sempat dicurigai Pemerintah, namun novel ini akhirnya mendapat persetujuan untuk dirilis. Dan saat dirilis, novel tersebut menjadi salah satu novel terlaris China yang terjual hingga jutaan kopi. Novel ini pun laris saat dijual di Eropa dan Amerika Serikat.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment