Korean TV Series - MOON LOVERS : SCARLET HEART RYEO (달의 연인 - 보보경심 려 )

Judul TV Seri     : Moon Lovers - Scarlet Heart Ryeo 
Ditayangkan       : SBS
Pemeran             : Lee Joon Gi, Lee Ji Eun, Kang Ha Neul
Tanggal tayang   : 29 Agustus - 1 November 2016
Total episode      : 20

Ini adalah salah satu serial televisi Korea Selatan paling heboh dan sudah menjadi bahan pembicaraan banyak orang - terutama para wanita - ketika rencana pembuatan serial ini diumumkan. Hal ini tidak lain karena keterlibatan Si Tampan Lee Joon Gi dalam serial ini. Buat penggemar drama seri Korea, tentu kenal dengan artis ini. Dialah Si Vampir Tampan Kim Sung Yeol di serial televisi Scholar Who Walks the Night (2015). Berkat perannya ini, Joon Gi berhasil menghipnotis para wanita dan membuat mereka tergila-gila dengan wajah Joon Gi yang dingin namun bikin jantung berdebar-debar.

Selain Lee Joon Gi, aktris pemeran utama serial ini juga tidak kalah menghebohkan, yaitu Lee Ji Eun yang tidak lain adalah Penyanyi K-Pop IU (아이유) yang sedang naik daun saat ini.

Tentu saja keterlibatan kedua artis itu sebagai pemeran utama serial ini menimbulkan histeria yang luar biasa, baik di Korea Selatan maupun di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Serial ini merupakan adaptasi dari novel Bu Bu Jing Xin (2005) karya Novelis China Tong Hua. Novel ini merupakan salah satu novel terlaris di tahun ini, dan telah sering diadaptasi ke dalam serial televisi, sandiwara radio, dan film layar lebar China. Baru kali ini serial tersebut diadaptasi ke dalam serial televisi Korea Selatan.

Serial ini mengisahkan tentang Hae Soo (Lee Ji Eun) adalah seorang gadis berusia 25 tahun yang tinggal di masa modern. Saat terjadi gerhana matahari, Hae Soo tiba-tiba terlempar ke dunia masa lalu di Dinasti Goryeo. Dia pun menemukan dirinya telah berubah lebih muda (16 tahun). Pada saat itu, Kerajaan Goryeo sedang mengalami kekacauan dan terjadi perang saudara di mana para pangeran sedang berusaha merebut tahta kerajaan.

Di tengah perang itu, muncullah seorang ksatria bertopeng misterius bernama "Dog Wolf". Dengan kemampuan bela dirinya yang luar biasa, "Dog Wolf" menjadi salah seorang sosok yang sangat ditakuti banyak orang. Hae Soo yang jatuh cinta pada "Dog Wolf" kemudian mengetahui kalau dia tidak lain adalah Pangeran Keempat dari Kerajaan Goryeo bernama Pangeran Wang So (Lee Joon Gi).

Sementara itu, Pangeran Kedelapan Wang Wook (Kang Ha Neul)- yang terlahir sebagai anak selir kerajaan - juga jatuh cinta pada Hae Soo. Namun demi menduduki tahta kerajaan, Pangeran Wang Wook akhirnya melepaskan Hae Soo untuk bertarung dengan Pangeran Wang So demi merebut posisi sebagai pengganti Raja. Dan di akhir cerita akan terjadi pertarungan habis-habisan antara Pangeran Wang So dan Wang Wook untuk menduduki Tampuk Kerajaan. Keduanya sama-sama kuat. Keduanya sama-sama dicintai Hae Soo. Siapakah yang akan menang?



ABOUT "SCARLET HEART"
Scarlet Heart atau Bu Bu Jing Xin (步步驚心) adalah novel fiksi yang dibuat oleh Novelis China Tong Hua. Novel itu merupakan novel pertama yang dibuatnya. Dirilis tahun 2005 secara online oleh Jinjiang Original Network - kemudian dirilis dalam bentuk hard-cover oleh Ocean Press, National Press, Huashan Arts Press, Hunan Literature and Art Publishing House, dan Yeren Culture Publishing - novel itu menjadi novel terlaris di tahun itu.

Hingga hari ini novel tersebut telah terjual hingga jutaan kopi di China dan Taiwan. 

Untuk memperbaiki kualitas ceritanya, Tong Hua telah melakukan 2 kali revisi pada Novel Bu Bu Jing Xin. Revisi dilakukan pada tahun 2009 dan 2011. Dalam revisi yang dibuat tahun 2011, Tong Hua menambahkan Epilog sebanyak 30,000 kata.

Novel ini bertutur tentang seorang wanita yang tinggal di abad 21 bernama Zhang Xiao. Satu ketika, saat pulang kerja, dia mengalami ditabrak mobil saat sedang menyeberangi jalan. Dalam kondisi tidak sadarkan diri, dia terlembar ke masa Dinasti Qing di bawah Kepemimpinan Kaisar Kangxi (tahun 1704). Di masa itu para Pangeran sedang saling berseteru dan berebut tahta kerajaan.

Zhang Xiao menemukan dirinya terjebak dalam tubuh Ma'ertai Ruoxi, anak bungsu dari Keluarga Aristokrat Mongol Ma'ertai. Kakaknya adalah Ma'ertai Ruolan, adalah selir dari Pangeran Kedelapan Yinsi. Ruoxi bersahabat dengan Pangeran Keempat Yinzhen dan Pangeran Keempat Belas Yinti. Dia pun kemudian menjalin pertemanan dengan Pangeran Ketiga Belas Yinxiang, dan kemudian mendapat perhatian dari Kaisar, sehingga terpilih menjadi calon menantu kerajaan.

Ruoxi dan Pangeran Kedelapan Yinsi sempat menjalin hubungan cinta. Karena tahu sejarah kalau Yinsi akan masuk penjara jika jadi Kaisar, maka Ruoxi meminta Pangeran Yinsi untuk melepaskan rencana menjadi Kaisar. Yinsi menolak dan hubungannya dengan Ruoxi pun bubar. Setelah pisah dengan Pangeran Yinsi, Ruoxi menjalin hubungan dengan Pangeran Keempat Yinzhen.

Pangeran Yinsi kemudian memfitnah Pangeran Keempat kalau berniat melakukan kudeta. Namun Pangeran Ketiga Belas Yinxiang membala Pangeran Keempat, sehingga dia ditahan oleh Pangeran Yinsi.

Setelah Kaisar Kangxi wafat, Pangeran Keempat melakukan kudeta dan mengangkat dirinya sebagai Kaisar Yongzheng. Pangeran Keempat kemudian membebaskan Pangeran Ketiga Belas dari penjara, dan Pangeran Ketiga Belas kemudian jatuh hati pada Ruoxi.

Melalui Pangeran Kesembilan Yintang, Ruoxi mengetahui fakta bahwa sebenarnya Pangeran Keempat dan Pangeran Kedelapan telah berseteru cukup lama dalam perebutan tahta. Bahkan Pangeran Keempat memang sudah lama merencanakan kudeta. Dan Ruoxi sebenarnya memuluskan jalan Pangeran Keempat untuk menguasai kerajaan.

Kekecewaan Ruoxi membuatnya sakit. Dalam kondisi sekarat, Ruoxi mengirimkan surat kepada Pangeran Keempat agar dapat bertemu untuk terakhir kalinya. Tapi surat itu justru dibuang Pangeran Keempat. Ruoxi meningal tiga hari kemudian. Kematian Ruoxi didengar Pangeran Keempat yang kemudian menyalahkan Pangeran Kedelapan sebagai penyebabnya. Dan perang antara kedua pangeran pun terjadi, di mana dalam perang tersebut - seperti juga tercatat dalam sejarah China - kedua pangeran itu tewas dalam perang di tahun 1726.
Scarlet Heart versi China (2011)
Novel ini pertama kali diadaptasi dalam bentuk serial televisi oleh Chinese Entertainment Shanghai Ltd dengan judul Scarlet Heart (2011). Serial ini ditayangkan pertama kali di Hunan Broadcasting System (HBS) tanggal 10 - 29 Septermber 2011 dengan total 35 episode. Serial yang diperani Cecilia Liu, Nicky Wu, Damian Lau, Kevin Cheng, dan Lin Geng Xin tersebut sangat sukses, tidak saja di China, tetapi juga di Taiwan, Hong Kong, hingga Thailand.

Scarlet Heart 2 (2014)
Atas kesuksesan serial tersebut, maka tahun 2014, sekuel Scarlet Heart dirilis dengan judul Scarlet Heart 2 dan ditayangkan di Zhejiang STV sebanyak 35 episode dari tanggal 22 April - 7 Mei 2014. Alur cerita Scarlet Heart 2 sama sekali baru dengan setting tahun masa kini, melanjutkan petualangan Zhang Xiao (diperani Cecilia Liu) setelah Ruoxi meninggal. Dikisahkan Zhang Xiao telah hidup lagi di masa kini. Dan ternyata Pangeran Keempat Yinzhen (Nicky Wu) telah bereinkarnasi dan hidup juga di masa kini untuk menebus kesalahannya di masa lalu terhadap Ruoxi. Hal yang sama juga terjadi pada di Pangeran Keempat Belas dan Pangeran Ketiga Belas, di mana mereka semua lahir di Keluarga Zhen yang merupakan Pebisnis Ternama di China masa kini, dan pemilik perusahaan Zhen Tian Corporation. Sama seperti kejadian di masa lalu, saat Pemilik Perusahaan Zhen Tian memutuskan untuk pensiun, terjadi perseteruan dan perebutan kekuasaan di perusahaan itu. Dan Zhang Xiao yang bekerja di perusahaan itu, terpaksa ikut terlibat.

Setelah sukses di layar televisi, tahun 2011 Bu Bu Jing Xin kemudian diadaptasi dalam drama radio berjudul Bu Bu Jing Xin dan disiarkan oleh Feiren Zhuosheng Radio Drama Associations.

Tahun 2012, Bu Bu Jing Xin diadaptasi dalam bentuk drama panggung. Shanghai Dramatic Arts Centre, Beijing All Entertainment Co Ltd, dan Culture of China Media Group mengadaptasi cerita itu menjadi sebuah drama panggung kolosal. Drama panggung itu sangat sukses dan mendapatkan apresiasi yang baik dari penonton China.
Poster Film " Time To Love" (2015)

Novel tersebut kemudian diadaptasi kembali di tahun 2015. Kali ini dalam bentuk film layar lebar berjudul Time to Love (The New Bu Bu Jing Xin). Film layar lebar ini disutradarai Di Song dan diperani Ivy Yi Han Chen (sebagai Zhang Xiao / Ruo Xi), Shawn Dou (Pangeran Kedelapan Yinsi) dan Tony Yo Ning Yang (Pangeran Keempat Yinzhen).



DO YOU KNOW? 
Lagu tema serial ini berjudul "For You" dan dinyanyikan oleh 3 anggota boy-band EXO : Baekhyun, Chen, dan Xiumin. Sedangkan lagu lain yang muncul dalam serial ini berjudul "Say Yes" dinyanyikan oleh Loco dan Punch.

Baekhyun (EXO)
Boyband EXO menyiapkan kejutan untuk fans-nya, di mana Baekhyun - salah seorang anggota mereka - akan ikut bermain di serial ini. Baekhyun mendapatkan peran sebagai Pengeran Kesepuluh Wang Eun. Belum jelas di episode mana Baekhyun akan tampil. Jadi buat Penggemar EXO yang ingin melihat akting keren Si Tampan Baekhyun, bisa tongkrongin serial ini mulai dari episode pertama.

IU

Bagi IU, serial Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo merupakan serial bertema kerajaan pertama yang diperaninya. Meski dikenal sebagai penyanyi K-Pop yang telah berkiprah sejak tahun 2011, IU juga kerap berakting dalam beberapa drama televisi. Drama terakhir yang diperaninya - sebelum Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo - adalah The Producers (2015) di mana dia berperan sebagai Cindy. Atas peran ini, dia masuk dalam nominasi KBS Drama Award untuk kategori Excellence Award for Actress in a Miniseries.
Lee Jong Gi
Sebaliknya, meski banyak orang lebih mengenal kiprah Lee Joon Gi di dunia akting, tapi sebenarnya dia juga adalah seorang penyanyi. Sedikitnya sudah 5 album yang dibuat Lee Joon Gi sejak tahun 2007. Album debutnya berjudul My Jun, My Style yang merupakan mini album berisi 3 lagu balada yang dirilis tanggal 26 April 2007. Sedangkan album teranyarnya - berjudul Exhale (berisi 6 lagu) - dirilis tanggal 1 November 2014.






NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. dtunggu review selanjutnya yg versi korea.
    gomawo...

    ReplyDelete