Movie Recommended - LEAGUE OF GODS (3D封神榜 )

Judul Film       : League of Gods (Feng Shen Bang)
Sutradara         : Koan Hui & Vernie Yeung
Pemeran          : Jet Li, Tony Leung, Louis Koo, Huang Xiao Ming, Angelababy, Fan Bing Bing
Tanggal Rilis   : 29 Juli 2016

Minggu lalu, perusahaan film China Star Entertainment - bekerja sama dengan Huayi Brothers Media Group - merilis film kolosal berteknologi tinggi berjudul League of Gods. Film yang didukung oleh banyak artis top Hong Kong dan China ini menggunakan teknologi CGI yang sangat canggih sehingga sekilas sangat mirip dengan film-film superhero Hollywood seperti The Lord of the Rings, The Avengers, Captain America, dan Warcraft.

Meski teknologinya sangat canggih, cerita yang diangkat adalah cerita legenda yang sangat terkenal di Negara Tiongkok, yaitu Feng Shen Yan Yi (The Creation of the Gods / Investiture of the Gods). Novel klasik ini ditulis oleh Xu Zhong Lin, seorang penulis terkenal yang hidup di masa Dinasti Ming (1368 - 1644). Terdiri dari 100 bab, dan pertama kali diterbitkan dalam bentuk buku di tahun 1550-an, novel tersebut menjadi salah satu karya sastra Tiongkok paling penting dalam sejarah dan banyak dibaca oleh berbagai kalangan.

Bersetting masa Kerajaan Tiongkok saat kejatuhan Dinasti Shang (1600 - 1046 Sebelum Masehi) dan bangkitnya Dinasti Zhou (1046 - 256 Sebelum Masehi), Selir Raja Daji (Fan Bing Bing) - yang diam-diam adalah siluman serigala yang menyamar - memanipulasi Raja Zhou (Tony Leung) untuk menggunakan kekuasaannya dan menguasai seluruh tanah Tiongkok. Raja Zhou perlahan berubah menjadi seorang tiran yang menggunakan tangan besinya untuk menguasai seluruh bagian Tiongkok.

Jendral Jiang Zi Ya (Jet Li) dan Jendral Shen Gong Bao (Louis Koo) dari Dinasti Qi Shan berusaha menghentikan aksi tiran Raja Zhou, tapi mereka tidak mampu mengalahkan sang Raja. Jendral Jiang mendapatkan infomasi kalau ada pedang pusaka bernama "Pedang Terang" (The Sword of Light) yang tersimpan di suatu tempat rahasia dan pedang itu mampu mengalahkan sang raja. Namun untuk bisa mendapatkan pedang itu bukan hal yang mudah karena dijaga oleh sekelompok mahluk dan siluman yang sangat kuat.

Untuk itu, Jendral Jiang dan Jendral Shen meminta bantuan 3 orang dewa - Nazha (Wen Zhang), Er Lang Shen (Huang Xiao Ming), dan Lei Zhen Zi (Jacky Heung) - untuk mengambilkan pedang tersebut. Ketiga dewa itu pun setuju membantu. Dan mereka berlima pun berangkat untuk bertarung dengan para siluman. Sanggupkah mereka mendapatkan pedang itu untuk mengalahkan Raja Zhou dan Selirnya?

Film yang dibuat dengan dana HK$ 300 juta ini dirilis serentak pada tanggal yang sama di China, Australia, New Zealand, Canada, Amerika Serikat, dan Inggris. Indonesia kapan? Entahlah... Tidak ada di jadwal. Cukup disayangkan, mengingat film ini sangat sarat dengan teknologi CGI yang sangat menarik dan seru sekali. Sehingga meski tidak paham dengan alur ceritanya, tetapi dengan menonton adegan pertempuran yang luar biasa, penonton pasti sudah terhibur.


DO YOU KNOW? 
Awalnya Nezha adalah karakter perempuan dan Cecilia Cheung telah dipilih untuk memerani dan menyuarakan karakter tokoh ini (karena sebagian besar peran Nezha di film ini dibuat dalam bentuk animasi CGI). Namun karena perilaku buruknya selama proses pembuatan film (termasuk pertengkaran yang dilakukannya dengan sutradara Koan Hui karena persesihan paham), Cecilia Cheung kemudian diusir dari set film. Pasca kejadian itu, karakter Nezha kemudian diubah menjadi karakter pria, dan aktor Wen Zhang dipilih untuk memerani karakter tersebut.

Di film dikisahkan karakter Jendral Jiang yang diperani Jet Li terkena kutukan tidak bisa menua. Karena itu raut wajahnya selalu muda. Untuk menampilkan wajah Jet Li yang awet muda, maka wajahnya dibuat dengan teknik digital sehingga wajah Jet Li yang tampak di film ini adalah wajahnya saat masih berusia 20-an tahun. Jadi jangan heran jika sebagian dari Anda tidak mengenali dirinya.

Banyak orang menyebutkan kalau novel Feng Shen Yan Yi yang ditulis Xu Zhing Lin ini sebenarnya merupakan hadiah pernikahan yang khusus dibuat novel Xu Zhong Lin untuk anak perempuannya.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment