TV Series - GOMORRAH (GOMORRA - LA SERIE)

Judul TV Seri    : Gomorrah (Gomorra - La Serie)
Pemeran            :  Marco D'Amore, Fortunato Cerlino, Savatore Esposito
Ditayangkan      : Sky Italia
Tayang sejak     :  6 Mei 2014 - sekarang

Gomorrah adalah serial televisi Italia yang tidak baru-baru amat. Season Pertama (bertotal 12 episode) tayang 6 Mei 2014 silam. Meski demikian, serial ini justru sedang menanjak popularitasnya, terutama sejak tayang di Amerika Serikat beberapa waktu silam. Temanya yang mengangkat dunia kriminal bawah tanah dan hubungan antara para gengster, pengedar narkoba, serta masyarakat sangat menarik perhatian banyak orang. Bahkan banyak dari penonton yang membandingkan serial ini dengan serial produksi Amerika Serikat seperti The Sopranos dan The Wire, karena memiliki kemiripan alur dan intensitas cerita.

Serial televisi ini merupakan adaptasi dari novel non-fiksi berjudul sama yang ditulis oleh Roberto Saviano. Novel yang diteribitkan tahun 2006 tersebut merupakan hasil investigasi yang dilakukan Saviano saat melakukan penyusupan ke dalam organisasi kriminal Italia paling sadis bernama Camorra.

Mencoba setia pada alur cerita novel tersebut, serial televisi Gomorrah (Season 1) mengisahkan tentang sepak terjang Don Pietro Savastano (Fortunato Cerlino), pemimpin organisasi kriminal Camorra Klan Savastano, yang terkenal dengan kekejamannya. Don Pietro dikelilingi oleh pasukannya yang sangat setia, sehingga sulit ditangkap polisi. Salah satu orang kepercayaan Don Pietro yang paling setia adalah Ciro Di Marzio (Marco D'Amore), yang dikenal dengan julukan "The Immortal". Ciro adalah pengawal Don Pietro paling kuat dan tidak terkalahkan, terutama saat dalam kondisi terkepung, di mana dia selalu bisa meloloskan diri.

Don Pietro mempercayakan anaknya, Gennaro "Genny" Savastano (Salvatore Esposito), untuk dilatih Ciro menjadi calon pemimpin Klan Savastano. Satu ketika Genny mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga harus dirawat di rumah sakit. Saat Don Pietro mengunjungi anaknya di rumah sakit, polisi telah menunggu di sana dan langsung menciduk Don Pietro.

Selama Don Pietro dipenjara, tampuk kekuasaan dikendalikan oleh Immacolata "Imma" Savastano (Maria Pia Calzone), istri Don Pietro. Masalahnya, dia tidak mempercayai Ciro dan meragukan kemampuan Genny memimpin Klan mereka. Karena itu, Imma memisahkan Ciro dan Genny dengan menugaskan Ciro ke Spanyol dan Genny menangani pencurian narkoba mereka di Honduras.

Sakit hati karena disingkirkan Imma, Ciro mengumpulkan kekuatan untuk menggulingkan Imma dan menghancurkan Klan Savastano. Dan aksinya berhasil. Ciro berhasil membunuh Imma.

Pasca kematian Imma, perpecahan terjadi di dalam tubuh Klan Savastano, karena sebagian besar Pemimpin Senior klan tersebut tidak mengakui Genny sebagai pengganti ayahnya, dan mereka berniat menggulingkan Genny. Sementara itu, Genny menemukan bukti kalau Ciro-lah pembunuh ibunya. Karena sudah tidak tahu lagi siapa yang bisa dipercaya, dalam upacara pemakaman ibunya, Genny membantai semua anggota Klan Savastano. Dia kemudian membuat sayembara untuk membunuh Ciro. Tapi Ciro yang cerdas, justru mampu membunuh Genny lebih dulu.

Season 2 dari serial ini (total 12 episode) baru tayang 10 Mei 2016 silam. Di seri ini, dikisahkan Ciro telah sukses menghabisi Klan Savastano dan membentuk kelompok sendiri. Sementara itu, Genny - yang semula telah dibunuh Ciro - ternyata tidak tewas tapi koma. Don Pietro yang telah keluar dari penjara, mengamankan Genny ke Jerman. Setahun kemudian, Genny (yang sudah tersadar dari koma) menyusup masuk ke kota Naples, Italia, untuk mengembangkan bisnis kokain dengan melibatkan rekan-rekannya di Honduras dan Roma. Setelah jaringannya kuat, Genny pun menantang Ciro untuk memperebutkan lahan perdagangan narkoba di Italia. Mampukah Genny dan Don Pietro mampu mengembalikan kejayaan Klan Savatano kembali?



TENTANG NOVEL "GOMORRAH"
Seperti yang saya tulis di atas, serial televisi Gomorrah merupakan adaptasi dari novel non-fiksi karya penulis Roberto Saviano, di mana saat menyusun buku ini, Saviano melakukan penyusupan ke dalam kelompok Camorra, yang merupakan organisasi mafia terbesar dan terkejam di Italia. Buku tersebut menggambarkan dengan sangat detil bisnis yang dijalankan organisasi tersebut, serta bagaimana peran masing-masing anggota, serta hubungan antara kelompok tersebut dengan pihak berwajib dan masyarakat sekitar.

"Gomorrah" - yang menjadi judul buku - diambil Saviano dari SMS yang dibuat oleh Giuseppe Diana, seorang Pastor Gereja Katolik Casal di Principe yang dibunuh oleh kelompok Camorra pada tanggal 19 Maret 1994. Dalam SMS-nya tersebut, Pastor Diana menulis "Time has come to stop being a Gomorrah".

Saat buku tersebut dirilis tahun 2006, Saviano langsung mendapatkan banyak ancaman dari para mafia Neopolitan Italia. Ancaman tersebut sangat meresahkan, membuat Menteri Dalam Negeri Italia memberikan jaminan keselamatan pada Saviano berupa pengawalan polisi selama 24 jam.

Pasca perilisannya, Novel "Gomorrah" meraih banyak penghargaan. Hingga Januari 2009, novel tersebut telah terjual di Italia hingga 2,000,000 kopi. "Gomorrah" telah diterjemahkan di 51 negara, dan menjadi Novel Terlaris di Jerman, Belanda, Spanyol, Perancis, Swedia, dan Finlandia. The New York Times memasukkan buku ini dalam daftar "The Most Important Books of 2007", sedangkan The Economist mencantumkan buku ini ke dalam daftar "100 Books of the Year". Menariknya, buku karya Saviano ini menjadi satu-satunya buku Italia yang ada di daftar tersebut.



DO YOU KNOW? 
Serial televisi "Gomorrah" adalah adaptasi kedua dari novel laris tersebut. Sebelumnya, buku itu diadaptasi dalam bentuk film layar lebar berjudul sama yang dirilis tahun 2008. Film yang disutradarai  Matteo Garrone tersebut terpilih oleh ANICA (Asosiasi Perfilman Italia) untuk mewakili Italia dalam ajang Academy Award di Nominasi Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film.

Serial televisi "Gomorrah" memecahkan rekor sebagai serial televisi dengan penonton terbanyak. Rata-rata episode serial ini ditonton lebih dari 1.2 juta penonton.

Sebagai respon atas kesuksesan serial televisi "Gomorrah", maka jaringan televisi Sky Italia - sebagai produser, distributor, dan jaringan siaran - serial ini sudah memastikan kalau serial tersebut akan dibuat 2 Season lagi. Saat ini Season 3 serial "Gomorrah" sudah selesai produksi, dan rencananya akan tayang dalam waktu dekat ini.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment