Movie Recommended - FRIEND REQUEST (2016)

Judul Film          : Friend Request
Sutradara           : Simon Verhoeven
Pemeran            : Alycia Debnam-Carey, William Moseley, Connor Paolo, Brit Morgan
Tanggal Tayang : 1 Oktober 2016

Saat menonton film ini, Anda pasti tidak akan percaya kalau film ini adalah film produksi Jerman. Ya, film yang semula berjudul Unfriend ini merupakan kreasi sutradara Jerman yaitu Simon Verhoeven dan didistribusikan oleh perusahaan Jerman, Wiedemann & Berg Film. Film ini sebenarnya sudah tayang di Jerman sejak 7 Januari 2016, dan baru akan tayang di Amerika Serikat - serta negara Asia - tanggal 1 Oktober 2016 mendatang.

Film ini mengisahkan tentang Laura Woodson (Alycia Debnam-Carey), seorang gadis kampus yang cukup populer di Facebook dan memiliki lebih dari 800 orang teman. Di dunia nyata, dia punya kekasih - Tyler (William Moseley) - dan beberapa orang sahabat yang selalu mendampinginya dalam suka dan duka : Kobe (Connor Paolo), Olivia (Brit Morgan), Isabel (Brooke Markham), dan Gustavo (Sean Marquette).

Satu ketika, di kampusnya muncul seorang mahasiswi misterius bernama Marina Mills (Liesl Ahlers). Marina yang kesepian, lalu mengajak Laura berteman di Facebook (lewat akunnya Mari Na). Karena kasihan melihat Marina yang tidak punya teman satu pun di Facebook, maka Laura pun menerima pertemanannya. Laura dan Marina pun berteman baik di dunia nyata. Namun sikap Marina tiba-tiba berubah dan sangat obsesif pada Laura. Hal ini membuat Laura takut dan berusaha menjauhi Marina.

Ketika Laura ulang tahun, dan Marina tidak diundangnya, Marina menjadi sangat kecewa. Dia mengkonfrontir Laura, namun malah diusir oleh Laura. Sakit hati, Marina kemudian pergi. Beberapa hari kemudian muncul kabar kalau Marina bunuh diri.
Alycia Debnam-Carey
Ternyata kematian Marina adalah awal dari segala bencana buat Laura. Pasca kematian Marina, muncul rekaman video aksi bunuh diri Marina di akun Laura yang dengan cepat menyebar ke semua teman-teman Facebook Laura. Hal ini membuat banyak orang mengira Laura mengalami gangguan jiwa, sehingga satu-persatu teman dunia maya meninggalkan Laura.

Hal ini belum berakhir, karena kemudian satu-persatu sahabat Laura tewas dengan cara mengerikan, dan videonya disebar lewat akun Facebook Laura.

Laura mencoba membuang video tersebut dan mematikan akunnya. Tetapi tidak berhasil. Bahkan teman-teman Laura yang masih hidup juga mengalami hal yang sama : Mereka tidak bisa mematikan akun Facebook mereka.

Kobe - yang seorang ahli komputer - mencoba membobol akun Facebook Marina. Namun dia sendiri tidak mampu merusak akun tersebut, karena algoritma yang digunakan pada akun tersebut sangat berbeda dengan algoritma program pada umumnya. Kobe kemudian menelusuri isi akun Marina. Dia kemudian menemukan kalau Marina ternyata mempelajari ilmu sihir Kaca Hitam. Ilmu ini membuat siapapun yang bunuh diri di depan kaca gelap, maka rohnya akan menghantui siapapun yang berada di kaca tersebut. Karena Marina bunuh diri di depan laptop, maka rohnya menghantui siapapun yang melihat laptop.

Laura kemudian mencoba mencari laptop Marina untuk dimusnahkan. Tapi rupanya Marina telah lebih dulu merasuki Kobe, sehingga dia sempat melukai dan nyaris membunuh Marina.

Film berdurasi 92 menit terbilang cukup menarik karena mengangkat fenomena Facebook di kalangan mahasiswa dan pergaulan masa kini. Dari sisi alur cerita, film ini juga bisa dikatakan berhasil membuat penonton terus-menerus penasaran hingga akhir cerita. Sayangnya, sebagian rasa penasaran penonton tidak terjawab hingga akhir cerita, sehingga malah mengundang banyak pertanyaan bagi penonton yang sudah menonton hingga akhir film.

Satu nilai negatif dari saya berkenaan dengan film ini adalah banyaknya adegan yang "lebay" sehingga cukup menganggu. Salah satunya adalah akting Brooke Markham, pemeran Isabel. Dalam beberapa adegan, akting Markham bisa saya katakan terlalu berlebihan, seperti misalnya saat melihat kekasihnya, Gustavo, yang membenturkan kepalanya di dalam lift. Isabel tidak menolong kekasihnya, tetapi menjerit-jerit di depan lift dengan gaya yang aneh. Pada saat di rumah sakit, aktingnya juga terlalu berlebihan saat melihat arwah Marina. Lebih aneh lagi saat adegan dia (maaf)  mengerat lehernya sendiri. Ekspresi wajahnya juga sama anehnya.

Kehadiran Markham di film ini bisa dikatakan sangat menganggu ketegangan yang telah dibangun di film ini. Untungnya dia tidak muncul hingga akhir film. Kalau tidak, pasti penonton sudah ilfil melihat gayanya yang aneh.

Sebagai sebuah hiburan, Friend Request bisa saya katakan sebagai film yang cukup menghibur. Meski demikian, saya tidak berniat menonton film ini lebih dari sekali. Selain karena film ini tidak terlalu memberikan kesan yang mendalam, akting parah pemain film ini juga menjadi nilai minus yang membuat saya memutuskan tidak akan mau nonton film ini untuk kedua kalinya.



DO YOU KNOW? 
Awalnya, film ini berjudul "Unknown Error", lalu berubah menjadi "Unknown User", dan kemudian berubah lagi menjadi "Unfriend" saat dirilis di bioskop Jerman. Ketika akan dirilis di bioskop internasional, film ini diubah judulnya menjadi "Friend Request" karena memiliki kesamaan judul dengan film Amerika Serikat "Unfriended" yang dirilis tahun 2014.

Keseluruhan shooting film ini dilakukan di Cape Town, Afrika Selatan.

Meski sutradara film ini adalah orang Jerman asli, namun Simon Verhoeven memutuskan semua percakapan dalam film ini menggunakan bahasa Inggris agar mudah diterima oleh pasar internasional.

Dan meskipun film ini adalah film Jerman, namun para pemainnya merupakan campuran dari beberapa negara. Alycia Debnam-Carey adalah aktris Australia, William Moseley adalah aktor Inggris, sedangkan Connor Paolo, Brooke Markham, Sean Marquette, dan Brit Morgan adalah artis Amerika Serikat. Hanya Liesl Ahlers yang merupakan artis Jerman.

Liesl Ahlers
Jika Anda bertanya apa hubungan antara Sutradara Simon Verhoeven dengan Sutradara Paul Verhoeven (yang menelurkan film-film box-office seperti RoboCop, Total Recall, Starship Troppers, dan Basic Instinct), maka jawabannya : TIDAK ADA. Simon Verhoeven berasal dari Jerman, sedangkan Paul Verhoeven adalah sutradara kelahiran Belanda. Hanya secara kebetulan saja mereka memiliki nama keluarga yang sama. Tapi menariknya, kakek Simon Verhoeven juga bernama Paul Verhoeven, dan sama-sama berkecimpung di dunia film sebagai Sutradara. Aneh ya?





NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Assalamualaikum wr.wb,saya Pak Rudi ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH REDEN MALOMO atas bantuan MBAH.
    kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH RADEN MALOMO pula yang telah memberikan
    angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya
    cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual MBAH RADEN MALOMO saya sudah
    bisa melanjutkan kulia saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg
    ingin seperti saya silahkan HUB MBAH di nomor hpnya: 0823-4873-0857 atau >>KLIK DISINI<<
    dan ramalan
    MBAH RADEN MALOMO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus

    ReplyDelete