TV Series Recommended - LETHAL WEAPON (2016 - onward)

Judul Serial TV     : Lethal Weapon
Ditayangkan          : FOX
Pemeran                : Damon Wayans, Clayne Crawford, Jordana Brewster, Keesha Sharp
Tanggal tayang      : 21 September 2016 - seterusnya

Tahun 1987, film Lethal Weapon dirilis. Film bergenre aksi-thriller-komedi ini diperani Mel Gibson (sebagai Martin Riggs) dan Danny Glover (Roger Murtaugh). Keduanya memerani 2 orang polisi dengan karakter dan usia yang sangat berbeda jauh. Meski awalnya sulit bekerja sama, namun pada akhirnya keduanya bisa saling bekerja sama menumpas kejahatan.

Film super-seru ini dibuat hingga 4 seri dan kesemuanya laris-manis, menjadikan nama Mel Gibson makin berkibar di dunia film eksyen.

Mencoba mengulang kesuksesan film layar lebar tersebut, maka tahun ini Fox merilis serial televisi Lethal Weapon, dengan mengadaptasi alur cerita film layar lebarnya. Berbeda dengan film layar lebarnya, maka serial televisi Lethal Weapon mengisahkan latar belakang Detektif Martin Riggs yang punya perilaku psikopat yang bertendensi untuk bunuh diri.

Martin Riggs (Layne Crawford) adalah seorang polisi Texas yang terkenal sangat energik dan melakukan segala cara untuk bisa menangkap para kriminal yang diburunya. Saat sedang mengejar seorang pelaku kejahatan, dia mendapat telepon dari istrinya yang sedang hamil kalau dia akan pergi ke rumah sakit karena akan melahirkan. Malangnya, saat Riggs tiba di rumah sakit, istrinya telah tewas akibat kecelakaan lalu-lintas saat menuju rumah sakit. Kejadian traumatis itu kemudian mengubah kepribadian Riggs yang tadinya ceria berubah menjadi seorang pendiam dan selalu berniat untuk bunuh diri.

Sementara itu di New York, Roger Murtaugh (Damon Wayans) adalah seorang detektif yang baru selamat dari sebuah aksi kejahatan. Dia nyaris tewas, namun berhasil diselamatkan. Di hari pertama dia bekerja lagi, terjadi sebuah aksi perampokan. Ketika tiba di tempat kejadian, dia melihat ada seorang sipil yang dengan entengnya memasuki bank. Rupanya orang sipil itu adalah Martin Riggs yang berniat menangkap para perampok. Dengan caranya yang sangat ekstrim - karena memaksa para perampok untuk membunuhnya - Riggs berhasil melumpuhkan 3 orang perampok di bank tersebut.

Ternyata kehadiran Riggs di lokasi perampokan bukan disengaja, namun karena dia dipindah-tugaskan dan menjadi partner kerja Roger Murtaugh. Tentu saja Roger menolak karena melihat niat Riggs yang selalu ingin bunuh diri. Namun karena dipaksa Atasannya, dia pun menuruti dan menjadi partner kerja Riggs.

Namun setelah besama-sama memecahkan kasus kematian seorang mantan marinir yang bekerja di sebuah sekuritas keamanan, Riggs dan Rog dapat bekerja sama. Hubungan mereka pun jauh dari sekedar rekan-kerja dan menjadi kekeluargaan setelah Riggs diajak makan malam bersama keluarga Rog.

Secara kualitas, serial Lethal Weapon terbilang bagus dan sangat menarik. Eksyennya cukup seru dan memicu adrenalin (terutama ketika Riggs dan Rog mengejar seorang kriminal, yang justru membawa mereka masuk ke dalam arena balap mobil Grand Prix). Selain jalan cerita yang cepat dan eksyen yang seru, komedi khas Lethal Weapon pun juga dimasukkan dalam serial ini. Seperti adegan adu-mulut antara Riggs dna Rog saat berebut mengemudikan mobil, itu merupakan ciri khas Lethal Weapon yang cukup menggelitik.

Sayangnya, jika dibandingkan dengan versi layar lebarnya, mungkin Anda akan kecewa. Pasalnya, karakter Roger Murtaugh dan Martin Riggs dibawakan dengan gaya yang terlalu santai dan "manis" oleh Damon Wayans dan Clayne Crawford. Dalam versi layar-lebar, baik Mel Gibson dan Danny Glover sama-sama membawakan aktingnya dengan intensitas yang cepat. Adu-mulut Riggs dna Rog saat memutuskan melakukan tindakan tertentu yang menjadi ciri-khas film Lethal Weapon, dibawakan Mel Gibson dan Danny Glover dengan gaya yang serius namun kocak. Bahkan saat berhadapan dengan para kriminal pun keduanya bisa saling berdebat guna mengalihkan perhatian lawan.

Masalahnya, adegan debat seperti itu tidak tampak di serial televisi. Bahkan saat "kesempatan" itu ada, dan seharusnya keduanya berdebat untuk mengalihkan perhatian lawan mereka, justru tidak terjadi. Yang tampak dalam serial itu hanyalah kisah tentang kerja sama dua orang detektif layaknya serial televisi bergenre "police-buddy" pada umumnya.

Akting Clayne Crawford pun bisa saya katakan gagal untuk menyeimbangi akting Mel Gibson dalam memerani karakter Martin Riggs. Dalam versi layar lebar, Mel Gibson menampilkan sosok Martin Riggs yang benar-benar stres layaknya seorang penderita mental-disorder yang bertendensi ingin bunuh diri dan sangat mengancam orang di sekitarnya. Dari bahasa tubuhnya pun, semua penonton bisa melihat kalau Mel Gibson benar-benar memerangkan seorang "Lethal Weapon" yang menakutkan dan siap meledak.

Sedangkan Clayne Crawford tidak terlihat seperti seseorang yang stres, meski baru ditinggal mati istrinya. Dia sangat tenang dan santai, baik dari ucapan, tatapan mata, gerak-gerik tubuh, semuanya benar-benar sangat normal. Jadi sangat sulit untuk percaya kalau Clayne Crawford benar-benar memerani karakter seorang "Lethal Weapon".

Hal yang sama juga terjadi pada Damon Wayans yang memerani Roger Murtaugh. Aktingnya juga tidak sekocak Danny Glover, padahal dia sendiri adalah seorang komedian. Meski usia Wayans saat ini sudah 56 tahun dan memerani karakter pria berusia 50 tahun, namun dia tidak menampilkan peran sebagai seorang pria 50 tahun yang sesungguhnya. Saat mengejar kriminal, dia tidak menunjukkan kalau dirinya mudah capek dan kepayahan. Dia juga tidak menunjukkan kekuatirannya akan dipecat gara-gara melakukan banyak tindakan ekstrim dengan Martin Riggs, padahal dia sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Wayans memerani karakter Roger Murtaugh layaknya karakter yang biasa dia perani, tanpa sadar kalau banyak penonton (terutama yang menonton film layar lebar Lethal Weapon di era 90an) yang mengidolakan karakter ini.

Jadi... jika Anda belum pernah menonton versi layar lebar Lethal Weapon, dapat dipastikan Anda akan suka serial televisi ini. Sangat seru dan asyik banget untuk ditonton. Tapi jika sudah pernah menonton versi layar lebarnya, mungkin Anda akan sangat kecewa ....




ABOUT "LETHAL WEAPON"
Film Lethal Weapon adalah salah satu film "super blockbuster" yang sangat terkenal di era 1980- 1990-an dan merupakan salah satu film eksyen klasik era itu. Dirilis dalam 4 seri, kesemua seri Lethal Weapon menjadi film block-buster paling sukses di masa itu. Uniknya, kesemua seri itu disutradarai Richard Donner dan kesemuanya diperan-utamai oleh mayoritas pemeran yang sama (Mel Gibson, Danny Glover, Darlene Love, Traci Wolfe, Damon Hines, Ebonie Smith, Steve Kahan, dan Mary Ellen Trainor). 

Lethal Weapon Pertama dirilis tahun 1987. Film ini mengisahkan tentang Sersan Polisi Los Angeles Roger Murtaugh (Danny Glover) baru merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Dia diberi seorang rekan kerja bernama Martin Riggs (Mel Gibson). Baru kerja beberapa hari, dia menemukan kalau Riggs adalah seorang sosiopath yang punya hasrat untuk bunuh diri. Hal ini terjadi setelah dia mengalami stres akibat kematian istrinya 2 tahun silam akibat kecelakaan lalu lintas. Karena punya hasrat bunuh diri tersebut, Riggs sering melakukan banyak aksi mengejar kriminal dengan cara yang sangat ekstrim dan berbahaya, sehingga dia kemudian dikenal dengan julukan "Lethal Weapon" (Senjata Maut).

Riggs dan Rog kemudian menyidiki kasus tewasnya anak salah seorang teman Rog yang bunuh diri. Kasus itu ternyata bukan bunuh diri biasa, karena anak itu sedang terpengaruh narkoba jenis baru. Penyidikan mereka mengarah pada sebuah perusahaan bernama Shadow Company yang ternyata adalah perusahaan pembuat narkoba terbesar di Los Angeles. Ketika Shadow Company menculik anak Roger untuk membungkam Rog dan Riggs agar tidak mencampuri urusan mereka, keduanya justru mengamuk dan memporak-porandakan Shadow Company.

Film yang dibuat dengan dana US$ 15 juta itu, berhasil meraup keuntungan sebesar US$ 120.2 juta. Lethal Weapon mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton dan mendapat julukan sebagai Film "Urban Western" setara film Dirty Harry yang sangat populer di era 1970an.

Pasca kesuksesan Lethal Weapon, maka 2 tahun kemudian muncullah sekuel film tersebut : Lethal Weapon 2. Dengan tetap disutradarai dan diperani mayoritas pemeran yang sama, film ini mengisahkan tentang aksi penyelundupan narkoba yang dilakukan oleh sekelompok orang yang bekerja di Konsulat Afrika Selatan dan berlindung di balik Kekebalan Diplomatik. Tanpa memperdulikan aturan internasional, Riggs dan Rog mengobrak-abrik Konsulat Afrika Selatan untuk menangkapi para staf Konsulat yang menyelewengkan wewenang dan kekuasaan mereka untuk berdagang narkoba.

Film Lethal Weapon 2 dianggap banyak pihak sebagai seri Lethal Weapon paling menarik. Selain sukses secara finansial dengan meraup keuntungan sebesar US$ 227.9 juta (dibuat dengan dana yang sama dengan yang pertama), film ini pun mendapatkan respon yang sangat positif dari para kritikus dan disukai banyak penonton.

Seri ketiga Lethal Weapon dirilis tahun 1992. Masih tetap disutradarai Richard Donner dan diperani Mel Gibson - Danny Glover, kali ini Riggs dan Rog mendapat tugas melakukan investigasi atas kasus perampokan uang. Dibantu Agen Penyidikan Internal Sersan Lorna Cole (Rene Russo), mereka bertiga mengarahkan penyidikan mereka pada Jack Travis (Stuart Wilson), mantan polisi yang beberapa waktu silam melakukan pencurian senjata polisi dan menggunakan senjata "penembus baju anti-peluru" untuk membunuh polisi. Film ini menjadi menarik dan makin kocak karena adanya karakter Leo Getz (Joe Pesci) seorang pencuri mobil yang cerewet dan kelak menjadi informan Riggs dan Rog.

Seri ketiga Lethal Weapon dibuat dengan dana yang lebih besar (US$ 35 juta) dan meraup keuntungan sebesar US$ 321,7 juta. Salah satu adegan paling fenomenal di seri ini adalah adegan hancurnya sebuah gedung akibat ketidaksengajaan Riggs mengaktifkan bom mobil yang ditinggalkan seorang kriminal. Aslinya, gedung tersebut adalah bekas Gedung Kota Orlando, Floria, yang terletak di perempatan jalan Orange Avenue dan South Street. Gedung tersebut rencananya akan dihancurkan. Namun Richard Donner kemudian meminta ijin untuk melakukan pengambilan gambar film Lethal Weapon. Ijin itu diberikan asal Donner menghancurkan gedung itu setelah pengambilan adegan dilakukan, di mana biaya penghancuran gedung menjadi tanggung jawab perusahaan produksi film Lethal Weapon. Alih-alih menghancurkan gedung setelah film selesai, Richard Donner justru menjadikan penghancuran gedung itu sebagai bagian filmnya.

Lethal Weapon terakhir dirilis tahun 1998, dan menjadi akhir dari keseluruhan cerita film Lethal Weapon. Dikisahkan Riggs dan Rog harus berhadapan dengan kelompok penyelundup manusia yang dipimpin oleh Wah Sing Ku (Jet Li), kriminal bengis yang ahli bela diri. Selain harus bertarung dengan Sing Ku, Riggs dan Rog juga harus berhadapan dengan Triad China Town yang juga mengincar nyawa mereka.

Film ini merupakan film Hollywood pertama Jet Li, di mana dalam film ini Jet Li nyaris tidak berbicara sama sekali dalam film ini (hanya beberapa patah kata bahasa Inggris dan 1-2 kalimat bahasa Mandarin).

Meski tetap meraup keuntungan yang sangat lumayan (US$ 285 juta), Mel Gibson dan Danny Glover menyatakan sudah tidak berminat lagi untuk bermain di sekuel Lethal Weapon. Dengan demikian secara resmi, film Lethal Weapon 4 menjadi film terakhir dan tidak akan ada sekuel film tersebut.

Meski demikian, Warner Bros sebagai pemilik lisensi film Lethal Weapon tetap berniat untuk memproduksi film Lethal Weapon. Karena itu, mereka telah mempersiapkan kru untuk membuat film Lethal Weapon 5, di mana Justin Lin ditunjuk sebagai sutradara. Saat ini baru Chris Hemsworth yang diincar untuk berperan di film itu (mungkin memerani Martin Riggs). Warner Bros memastikan tidak ada kru dari 4 seri Lethal Weapon sebelumnya yang akan terlibat di film Lethal Weapon 5.

Sementara itu, Jaringan Televisi FOX mendapatkan izin untuk memproduksi Lethal Weapon versi serial televisi. Serial ini pun mulai diproduksi 10 Mei 2016 dan tayang di FOX sejak 21 September 2016 kemarin.




NewerStories OlderStories Home

1 comment:

  1. Assalamualaikum wr.wb,saya Pak Rudi ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH REDEN MALOMO atas bantuan MBAH.
    kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH RADEN MALOMO pula yang telah memberikan
    angka ritual kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah berhasil..sekali lagi makasih yaa MBAH karna waktu itu saya
    cuma bermodalkan uang cuma 100rb dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual MBAH RADEN MALOMO saya sudah
    bisa melanjutkan kulia saya lagi dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg
    ingin seperti saya silahkan HUB MBAH di nomor hpnya: 0823-4873-0857 atau >>KLIK DISINI<<
    dan ramalan
    MBAH RADEN MALOMO memang memiliki ramalan GHOIB” yang dijamin 100% tembus

    ReplyDelete