USA TV Series - MACGYVER (2016 - onward)

Judul TV Seri   : MacGyver
Ditayangkan     : CBS
Pemeran           : Lucas Till, Joshua Boone, George Eads, Addison Timlin, Tristin Mays
Tanggal tayang : 23 September 2016

Jika Anda melewati masa remaja Anda di era 1980an hingga awal 1990an, tentu kenal dengan sosok MacGyver. Yep... pria bernama lengkap Angus "Mac" MacGyver tersebut adalah orang paling cerdas sejagad raya. Dengan menggunakan pengetahuan ilmiah yang dikuasainya (terutama Matematika, Fisika, dan Kimia), MacGyver selalu dapat menyelamatkan diri dan mengalahkan musuh-musuhnya. Berkat MacGyver, pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia di masa itu menjadi pelajaran yang sangat diminati. Bahkan senjata MacGyver berupa Pisau Swiss Army (pisau lipat multi fungsi) menjadi salah satu produk yang banyak dicari orang di masa itu.

MacGyver Original dirilis tanggal 29 September 1985 dan berakhir 21 Mei 1992 dengan total 139 episode (terbagi dalam 7 Season) dan 2 film televisi.

Kini 24 tahun pasca berakhir masa tayangnya, tahun ini MacGyver diproduksi kembali dan dirilis dalam versi baru. Serial ini tidak akan melanjutkan cerita dari seri MacGyver sebelumnya, namun akan mengetengahkan cerita yang benar-benar baru dengan format yang sangat berbeda dari versi aslinya.

Dikisahkan Angus "Mac" MacGyver (diperani Lucal Till) adalah seorang pria cerdas dan mampu memecahkan berbagai masalah dengan pendekatan ilmiah, baik dari Matematika, Fisika, dan Kimia. Diam-diam dia membuat sebuah organisasi rahasia di mana dia menggunakan kemampuannya tersebut untuk memecahkan berbagai kasus kejahatan.

Berbeda dengan seri aslinya, di mana MacGyver selalu beraksi sendiri, maka di serial ini MacGyver akan dibantu oleh rekannya, Mantan Agen CIA Jack Dalton (George Eads), yang ahli dalam penggunaan senjata api dan bela diri.

Agar serial ini terlihat lebih menarik, maka MacGyver diperlengkapi dengan "senjata unik". Jika di versi originalnya, MacGyver diperlengkapi dengan Pisau Swiss Army. Maka di serial versi 2016, MacGyver akan diperlengkapi dengan senjata : Klip Buku. Apa? Beneran? Ga percaya? Tunggu dan buktikan saja sendiri ...



ABOUT "MACGYVER"
MacGyver adalah salah satu karakter pahlawan televisi yang sangat terkenal di masanya. Serial ini adalah hasil kreasi Lee David Zlotoff, Henry Winkler, dan John Rich. Karakter MacGyver diperani oleh Richard Dean Anderson. Berkat memerani karakter itu, nama Anderson menjadi sangat terkenal di masa itu.

Di serial tersebut, MacGyver dikisahkan bekerja di Phoenix Foundation, sebuah perusahaan nirlaba milik Pemerintah yang diam-diam merupakan organisasi rahasia yang membantu pemerintah dalam menangani kasus-kasus kriminal. Berlatar belakang sebagai seorang ilmuan, MacGyver kemudian mendapat tugas sebagai agen-lapangan yang menyelesaikan banyak masalah.

Dalam menjalankan setiap misinya, MacGyver selalu mendapat panduan dan arahan dari Pete Thornton (diperani Dana Elcar), Pimpinan sekaligus sahabat MacGyver. Namun pada Season terakhir, dikisahkan Pete Thornton menderita penyakit Glocuma yang membuat matanya buta. Di masa itu, hubungan MacGyver dan Pete menjadi semakin dekat layaknya anak dan ayah.

MacGyver tidak punya kemampuan beladiri maupun persenjataan. Kemampuannya hanyalah memanfaatkan semua benda yang ada di sekitarnya untuk digunakan sebagai senjata maupun alat untuk melarikan diri jika sudah terdesak. Dalam menjalankan aksinya, MacGyver selalu ditemani oleh Pisau Lipat Swiss Army. Pisau tersebut memiliki banyak fungsi dan sangat berguna untuk setiap kondisi yang dihadapi MacGyver. Dalam beberapa kasus, MacGyver juga sering membawa Lakban di kantong belakangnya.

MacGyver menjadi serial televisi yang sangat populer di masanya. Begitu populernya, istilah "MacGyver" kini telah menjadi salah satu ungkapan yang dimasukkan dalam Kamus Leksikal Amerika-Inggris, di mana istilah itu berarti "solusi untuk sebuah masalah", atau "seseorang yang punya kemampuan memecahkan masalah dengan cara yang sederhana dengan sumber daya yang terbatas".

Selain itu, di tahun 1990-an, muncul sebuah perkumpulan yang terdiri dari orang-orang yang mempelajari teknik menciptakan barang atau hal sederhana yang dapat digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Barang atau hal tersebut dapat merupakan aplikasi dari pengetahuan kimia, fisika, teknologi, dan matematika. Perkumpulan itu dikenal dengan sebutan "MacGyverize" dan ilmu yang mereka gunakan disebut "MacGyverism".



DO YOU KNOW? 
Wajah pemeran MacGyver yang baru tentu tidak akan asing buat moviegoers sejati seperti Anda. Lucas Till, sang pemeran, sebelumnya bermain di film X-Men : First Class dan berperan sebagai Alex Summers / Havok, mutan yang menyerap semua energi dan mengubahnya menjadi semburan energi yang dasyat.

Sedangkan rekan kerja MacGyver, yaitu Jack Dalton, diperani oleh George Eads. Dia tidak lain adalah Nick Stokes, salah seorang anggota senior di serial televisi CSI - Las Vegas. George Eads memerani karakter Stokes di CSI - Las Vegas sejak Season 1 - 15 (2000-2015), dengan total 323 episode.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment