Mandarin Action - Extraordinary Mission (非凡任务)


Judul Serian      : Extraordinary Mission
Sutradara           : Alan Mak & Anthony Pun
Pemeran            : Huan Xuang, Duan Yi Hong, Lang Yue Ting, Zu Feng
Tanggal tayang : 31 Maret 2017

Kalau bicara soal film produksi Tiongkok - apalagi film eksyen - saya terbilang cukup selektif. Soalnya sebagian film mereka bertemakan propaganda dan alurnya terlalu "kuno". Nah, yang cukup menarik minat saya adalah film Extraordinary Mission yang baru tayang 2 bulan kemarin di Tiongkok.

Film aksi-thriller ini tidak saja menjadi salah satu film box-office lokal, tetapi juga merambah hingga ke luar negeri. Banyak hal yang menarik dari film ini. Selain sinematografinya yang cukup modern dan canggih, alur ceritanya pun tergolong tidak biasa, bahkan penuh kejutan. Meski berdurasi cukup panjang (lebih dari 2 jam), film ini tidak membuat penonton mengantuk, tetapi terus dibuat penasaran untuk terus mengikuti film ini hingga tuntas.

Film ini sendiri bercerita tentang seorang polisi bernama Lin Kai (Huang Xuang) yang menyamar sebagai pengedar narkoba. Selama tiga tahun, dia ikut dalam sebuah organisasi peredaran narkoba pimpinan Yang Bin (Xiao Cong). Meski cukup terorganisir dan besar, namun organisasi tersebut terbilang hanya "pemain kecil". Selama ini, mereka mendapat perlindungan dari Inspektur Jendral Wang Bo (Zhao Bing Rui). Tentu saja untuk setiap penjualan narkoba, Inspektur Wang Bo mendapatkan bagian.

Dalam sebuah transaksi narkoba dengan sebuah kelompok dari Thailand bernama Eagle, Lin Kai berhasil mengirimkan informasi kepada rekannya, sehingga transaksi itu gagal dan narkoba serta uang transaksi disita polisi. Akibat tindakan itu, Yang Bin kemudian dihabisi oleh Kelompok Eagle. Wang Bo sendiri dipaksa Eagle untuk bekerja sama dengan mereka dan mengembalikan semua uang serta narkoba yang disita polisi.

Sementara itu, Lin Kai berhasil mendapat kepercayaan kelompok Eagle dan dipekerjakan di kelompok tersebut. Di sana, Lin Kai berhasil membuat omset Eagle naik 2 kali lipat, membuat dia makin disayang oleh Pemimpin Kelompok. Bahkan Lin Kai mendapat kesempatan untuk berkenalan dengan Para Ketua Eagle, serta mendapat kepercayaan untuk mengurusi penjualan Amphetamine di wilayah Tiongkok.

Mendapatkan kepercayaan, dan penghasilan yang besar, jelas sangat menggiurkan. Akankah Lin Kai tergoda? Atau dia tetap berpegang pada prinsipnya sebagai seorang polisi yang menegakkan keadilan dan kebenaran?

Film ini terbilang sangat seru, karena menampilkan banyak adegan tembak-tembakan dan kejar-kejaran mobil. Film ini pun meraih pemasukan cukup tinggi saat dirilis di Tiongkok (CNY 105 juta), yang membuatnya menjadi salah satu Film Box-Office Terbaik tahun ini dari Tiongkok.

Beberapa adegan sempat mengingatkan saya pada film Infernal Affairs, terutama cara komunikasi Lin Kai dengan rekan-rekan kepolisian. Selain itu, banyak juga adegan tembak-tembakan yang memiliki kemiripan dengan gaya aksi John Woo di film-film produknya era 1980-1990an. Meski demikian, film ini terbilang cukup menarik untuk disimak, mengingat film ini banyak aksi yang cukup keren.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment