10 Serial TV China Paling Ditunggu 2017

Meski serian Korea masih merajai tontonan masyarakat Indonesia, tetapi sebenarnya diam-diam serian China saat ini juga sedang jadi favorit. Di negara seperti Hong Kong, Tiongkok, Taiwan, bahkan Korea Selatan sendiri, serian China bersaing sangat ketat dengan serian Korea.

Jika serian Korea masih mengedepankan kisah-kisah romantis, komedi, serta sejarah, maka China banyak mengangkat cerita bergenre wuxia yang diadaptasi dari game atau novel. Genre wuxia adalah genre yang sudah menjadi tontonan favorit masyarakat Tiongkok sejak puluhan tahun silam. Jadi tidak heran jika serian jenis ini disukai banyak orang. Ditambah lagi dengan tambahan kecanggihan teknologi CGI dan grafis yang sangat indah, serian ini menjadi sangat memanjakan mata dan menarik untuk diikuti.

Sepanjang tahun 2017 ini, ada 10 serial televisi China yang paling ditunggu. Selain karena pemerannya yang keren, alur cerita serta penggunaan efek khususnya sangat menarik sehingga bikin penasaran. Dan berikut ini adalah daftarnya :

1. PRINCESS AGENTS (特工皇妃楚乔传 ; tanggal tayang : 5 Juni 2017)
Serial yang juga dikenal dengan judul The Legend of Chu Qiao ini merupakan salah satu serian produksi Ciwen Entertainment dan Crotan Media, Tiongkok, serta menjadi tayangan andalan dari Hunan TV. Serial ini merupakan adaptasi dari novel karya Xiao Xiang Dong Er berjudul 11 Chu Te Gong Huang Fei  (11处特工皇妃) .

Diperani Zanilia Zhao, Lin Geng Xin, dan Shawn Dou, serial bertotal 68 episode ini bersetting masa Pemerintahan Kaisar Wei Barat (西魏 - Xi Wei; 535 - 557 Masehi) yang kala itu sedang dilanda kekacauan akibat bobroknya pemerintahan.  Banyak penduduk sipil yang diculik dan dipaksa menjadi budak. Sebagian budak yang dianggap lemah, dibuang ke hutan untuk dijadikan target buruan oleh para tuan tanah kaya.

Salah seorang budak perempuan bernama Chu Qiao (Zanilia Zhao) menjadi salah satu orang yang dijadikan target buruan. Beruntung dia diselamatkan oleh Pangeran dari Wei Selatan bernama Yan Xun (Shawn Dou). Chu Qiao kemudian dititipkan ke Keluarga Yuwen yang kaya-raya dan berkuasa. Di sana, Chu Qiao berkenalan dengan seorang ahli bela diri bernama Yuwen Yue dan mendapat pelatihan bela diri.

Ketika keluarga Yan Xun dihabisi Pasukan Wei Barat, Yan Xun berubah menjadi sosok yang penuh dendam. Dia membenci banyak orang, termasuk Chu Qiao yang dicurigainya menjadi penyebab kematian keluarganya.

Chu Qiao kemudian memutuskan untuk menjauhi Yan Xun dan bersama Yuwen Yue mengumpulkan pengikut untuk memerangi tindakan perbudakan yang dilakukan oleh Tuan Tanah dan para pejabat.

Serial kolosal ini disutradarai oleh Wu Jin Yuan yang sebelumnya menyutradarai serial-serial drama kolosal Taiwan dan Tiongkok yang sangat sukses seperti Chinese Paladin dan Scarlet Heart. Sedangkan untuk pembuatan lagu soundtrack-nya dipercayakan kepada Roc Chen, yang tidak lain adalah komposer untuk film layar lebar animasi Kungfu Panda 3.



2.SONG OF PHOENIX (思美人 ; tanggal tayang : Mei 2017)
Serial dengan total 81 episode ini sudah tayang sejak awal Mei 2017 dan masih tayang hingga hari ini. Song of Phoenix diperani oleh Ma Ke, Zhang Viann, Qiao Zhen Yu, Lan Xi dan Jackson Yi dan bergenre drama-sejarah.

Serial ini merupakan adaptasi kisah nyata kehidupan Qu Yuan, Menteri sekaligus Penyair Tiongkok yang sangat terkenal di masa lalu. Dia hidup antara tahun 340 - 278 Sebelum Masehi, di masa peperangan Periode Musim Semi dan Gugur Tiongkok Kuno.

Dikisahkan Qu Yuan adalah seorang pria yang lahir dari keluarga terpandang. Satu ketika, dia jatuh cinta pada Mo Chou Nu, seorang budak yang bekerja di rumahnya. Karena adanya perbedaan status maka mereka tidak dapat menjalin hubungna tersebut.

Meski demikian, cinta Qu Yuan pada Mo Chou Nu sudah sangat bulat dan dia rela melakukan apapun demi kekasihnya. Karena itu Qu Yuan kemudian mengajak Mo Chou Nu untuk kabur dari rumah. Karena terbiasa tinggal di dalam rumahnya yang nyaman, Qu Yuan tidak siap menghadapi gejolak dan kondisi masyarakat yang sedang terjadi saat itu. Tetapi perlahan-lahan, Qu Yuan belajar dan mulai menyadari kalau takdirnya adalah menjadi orang yang dapat menyelamatkan negaranya dari kehancuran.



3.LEGEND OF HEAVENLY TEAR : PHOENIX WARRIORS (美人謀:妖后無雙
; tanggal tayang : pertengahan - akhir 2017)
Informasi mengenai serial ini terbilang sangat minim. Pihak Rumah Produksi sepertinya sengaja menutup-nutupi detil serial ini agar membuat penonton penasaran. Hal ini terbukti berhasil, karena para penonton menjadi sangat penasaran dan bingung dengan serial ini.

Serial ini disutradarai Zheng Wei Wen dan He Zhen Hua, dengan diperani Wang Li Kun, Joe Cheng, Ding Zi Jun, Zhang Xiao Long, dan Bai Bing. Bersetting di masa Dinasti Qi, di bagian Selatan Tiongkok hiduplah seorang gadis cantik bernama Mou Qian Qian dari Keluarga Shi.

Satu ketika, Pangeran Wu Qing Hong dari kerajaan Xiang datang untuk melamar Mou Qian Qian. Namun Keluarga Qian Qian menolak lamaran Pangeran Wu. Marah karena lamarannya ditolak, maka sang pangeran pun menghabisi keluarga Qian Qian. Beruntung Qian Qian berhasil selamat dari pembantaian itu.

Dia pun kemudian ditolong oleh Pangeran Xiao Geng Xing dari Kerajaan Liang, dan kemudian menetap di keluarga tersebut. Mengetahui Qian Qian masih hidup dan berada di bawah perlindungan Keluarga Liang, Pangeran Wu pun mencari cara untuk bisa menyusup masuk ke dalam Kerajaan Liang. Di lain pihak, Qian Qian mempersiapkan diri untuk melakukan pembalasan pada Pangeran Wu yang telah membantai keluarganya.

Yang menarik dari serial ini adalah kostum yang dikenakan para pemainnya sangat futuristik dengan warna-warni yang cukup mencolok mata. Sebagian kritikus menyebutkan pakaian tersebut terlalu berkiblat pada fashion Eropa. Saya pribadi malah melihat kostum pemain itu malah sangat mirip kostum perang Saint Seiya. Apakah Anda memikirkan hal yang sama seperti saya?



4.  ETERNAL LOVE (三生三世十里桃花 ; tanggal tayang : 30 Januari - 1 Maret 2017 )
Serial yang dikenal juga dengan judul panjangnya Three Lives Three Worlds, Ten Miles of Peach Blossoms ini sebenarnya sudah selesai tayang Maret 2017 silam. Tapi tidak ada salahnya kalau saya membahas serial ini lagi, mengingat ratingnya yang sangat baik dan respon penonton yang luar biasa.

Serial dengan total 58 episode ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tang Qi dan ditayangkan di Zhejiang TV dan Dragon TV. Disutradarai Yu Cui Hua dan Ren Hai Tao, serta diperani Yang Mi dan Mark Chao, serial ini mengisahkan tentang pertempuran hebat antara manusia dan hantu di masa lalu. Setelah melalui pertarungan yang memakan ribuan jiwa, akhirnya manusia berhasil mengalahkan dan memenjarakan Raja Hantu Qing Cang di sebuah tempat tersembunyi.

Sekitar 70,000 tahun kemudian, salah seorang hantu wanita bernama Bai Qian (Yang Mi) harus menjalani hidup sebagai manusia normal, sebelum dia diizinkan untuk masuk Surga. Di dunia itu, Bai Qian berganti identitas menjadi Su Su. Dia kemudian bertemu dengan seorang pria bernama Ye Hua (Mark Chao) dan keduanya pun jatuh cinta.

Sementara itu, seorang agadis lain bernama Su Jin cemburu melihat perhatian Ye Hua pada Su Su. Dia kemudian sengaja membuat serangkaian masalah yang membuat Su Su dan Ye Hua saling bersalah prasangka. Pada akhirnya Su Su pun memutuskan untuk bunuh diri dan semua memorinya tentang Ye Hua dihapus.

Tiga ratus tahun kemudian, Ye Hua dan Su Su bereinkarnasi. Secara kebetulan, mereka bertemu lagi dan Ye Hua ingat kalau Su Su adalah gadis yang pernah dicintainya di kehidupan sebelumnya. Karena tidak ingin kehilangan Su Su untuk kedua kalinya, maka Ye Hua mempertaruhkan segalanya demi mendapatkan cinta Su Su kembali.

Serial drama-cinta yang mengharukan ini meraih sukses yang luar biasa di Tiongkok dan menjadi tontonan paling banyak ditonton, baik melalui televisi maupun streaming. Tercatat 36 milyar orang menonton serial ini secara online, dan menjadi trending-topic di Sina Weibo dengan 29 juta komentar dan diskusi mengenai serial tersebut. Serial ini juga menduduki peringkat pertama di Weibo dan Baidu sebagai serial yang "Paling Populer dan Paling Banyak Dicari".



5. FIGHTER OF THE DESTINY (择天记 ; tanggal tayang : 17 April 2017)
Serian dengan total 56 episode ini baru saja selesai tayang beberapa hari kemarin di Hunan TV. Meski demikian, masih terbilang gres, dan wajib untuk ditonton nih.

Serial ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Novelis Mao Ni. Diperani Lu Han, Guli Nazha, Janice Wu, dan Joseph Zeng, serial yang disutradarai Zhong Shu Jia ini mengisahkan tentang dunia masa lalu. Satu ketika sebuah meteor menghantam bumi. Sebongkah meteor tersebut jatuh di Tanah Tiongkok. Di dalamnya terdalam sebuah tongkat yang diyakini sebagai tongkat dari Surga untuk umat manusia.

Ratusan tahun kemudian, ada seorang anak yatim-piatu bernama Chen Chang Seng yang diselamatkan dan dirawat oleh seorang Pendeta Tao. Dia sebenarnya adalah anak keempat dari Raja Chen. Namun lantaran dia sering sakit-sakitan, dan umurnya ditakdirkan tidak akan lebih dari 20 tahun, maka dia pun dibuang oleh keluarganya.

Untuk bisa sembuh, Chang Seng harus mencari tongkat dari batu meteor, karena tongkat itu diyakini dapat menyembuhkan penyakitnya. Dalam petualangannya itu, Chang Seng tidak saja kemudian menemukan tongkat dan sembuh dari penyakit, tetapi juga dia menjadi Pendekar Super Sakti yang akan menjadi Legenda di dunia persilatan.

Meski film ini dikritik habis-habisan oleh para kritikus karena akting para pemainnya yang buruk, tetapi di luar dugaan, serial ini justru sangat sukses saat ditayangkan. Dengan ditonton lebih dari 22.7 juta orang (mayoritas adalah penonton streaming), serial ini menjadi salah satu serial televisi Tiongkok dengan jumlah penonton terbanyak.

Kesuksesan serial ini tidak lain disebabkan oleh Aktor Pemeran Utama Lu Han yang merupakan aktor idola masyarakat Tiongkok masa kini. Karena memiliki basis penggemar setia yang sangat besar, Lu Han berhasil menarik penonton yang sangat banyak untuk menonton serial yang diperaninya.



6. ROYAL HIGHNESS (回到明朝当王爷之杨凌传; tanggal tayang : Pertengahan 2017)
Sebenarnya serial ini sudah mulai gencar dipromosikan sejak pertengahan tahun 2016 silam. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan kapan akan tayang.  Diprediksikan serial ini akan tayang dalam waktu dekat di LeTV.

Serial Royal Highness merupakan adaptasi dari web-novel berjudul sama karya Guan Dong. Jika membaca ceritanya, kisah Royal Highness bisa dikatakan merupakan adaptasi dari novel Duke of Mount Deer karya Jin Yong. Bedanya, Royal Highness jauh lebih serius dan dramatis.

Royal Highness mengisahkan tentang seorang pelajar bernama Yang Ling yang mendapat kesempatan bekerja di istana. Satu ketika, tanpa sengaja dia menolong kaisar, sehingga mendapat perhatian dari Kaisar dan diangkat sebagai Pejabat Istana dan orang kepercayaan Kaisar. Selama menjabat sebagai Pejabat Istana, Yang Ling terlibat dalam kasus dan intrik istana, sehingga dia harus sangat berhati-hati dalam menyikapi semua yang terjadi.

Serial ini diperani oleh Jiang Jin Fu, Yuan Bing Yan, Liu Rui Lin, dan Liu Yan.



7. RULE THE WORLD (独步天下 ; tanggal tayang : 15 November 2017)
独步天下

This is original content by What's on Weibo that requires investment. You are free to link to this article. Please identify this website or author when you base content on this source or quote from it. Do not reproduce our content without permission – you can contact us at info@whatsonweibo.com to buy additional rights. Copyright (C) http://www.whatsonweibo.com. Read more at: http://www.whatsonweibo.com/chinas-2017-next-tv-drama-hit-rule-world)
Serial yang disutradarai Shao Jing Hui ini sebenarnya sudah menjadi pembahasan media sosial Tiongkok sejak tahun 2016. Banyak netizen yang mengulas serial ini dan menyakini kalau serial ini akan menjadi serial terbaik tahun ini dengan penonton terbanyak. Jadi sangat wajar jika banyak orang yang sangat menanti-nantikan penayangan serial ini.

Serial ini diperani oleh aktor Hong Kong Raymond Lam, serta artis Tiongkok Ray Chang dan Tina Tang. Diadaptasi dari novel karya Li Xin berjudul sama yang dirilis tahun 2006 (hingga kini masih dicetak ulang dan menjadi novel terlaris sepanjang masa di Tiongkok), serial ini mengisahkan tentang kisah cinta Kaisar Huang Tai Ji (Raymond Lam) dengan seorang wanita bernama Dong Ge.

Dong Ge sebenarnya adalah arwah yang telah hidup 400 tahun. Ketika lahir, Dong Ge membawa kutukan sehingga membahayakan keluarga dan orang sekitarnya. Karena itu, di waktu muda, dia dibunuh untuk mematahkan kutukan yang ada padanya.

Kemunculan Dong Ge dan jalinan asmaranya dengan Kaisar sangat menguatirkan banyak orang, karena dia masih membawa kutukan dan dapat membahayakan jiwa Kaisar, orang sekitar, serta kestabilan negara. Haruskah Dong Ge dibinasakan untuk kedua kalinya?



8. THE LEGEND OF DUGU (独孤天下 ; tanggal tayang : Akhir 2017
Membaca judulnya mungkin akan mengingatkan Anda pada kisah Legend of Condor Heroes dan Return of Condor Heroes karya Jing Yung. Ya, dalam kedua cerita itu dikisahkan kalau ilmu pedang terhebat di dunia persilatan saat itu adalah Ilmu Du Gu Jiu Jien (9 Pedang Du Gu) yang dibuat oleh Pendekar Pedang Du Gu Qiu Bai. Meski memiliki nama yang mirip, dan bercerita tentang Pendekar Pedang, tetapi serial ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kisah yang ditulis Jing Yung tersebut.

Serial ini diperani Hu Bing Qing, Zhang Dan Feng, Ady An, Jeremy Jones, dan Ying Hao Ming, mengisahkan tentang mengambil setting zaman Kerajaan Tiongkok Kuno. Di sebelah Utara Kota Zhou, terdapat sebuah ramalan yang menyebutkan kalau akan ada sebuah keluarga pendekar bernama Keluarga Du Gu yang akan menguasai dunia persilatan.

Dan memang ada Keluarga Du Gu yang tinggal di kota tersebut. Masalahnya keluarga itu punya 4 orang anak gadis, dan sama sekali tidak punya anak laki-laki. Salah seorang anak gadis keluarga tersebut adalah Du Gu Qie Luo yang terlahir sebagai gadis penuh ambisi. Dia menghalalkan segala cara untuk menjadi yang terutama. Bahkan dia tidak segan untuk menyingkirkan saudara-saudara - termasuk kekasihnya - demi mendapatkan apa yang dia inginkan.

Kelak - dalam sejarah Tiongkok - Du Gu Qie Luo akan menjadi Permaisuri Wen Xian yang mendampingi Kaisar Wen dari Kerajaan Sui (541 - 604). Meski seorang Permaisuri dan terkesan diam, Du Gu Qie Luo kelak terkenal karena piawai dalam mengendalikan pemerintahan. Banyak keputusan Kaisar tidak lepas dari campur-tangannya.

Hingga saat ini serial The Legend of Dugu masih diproduksi dan belum jelas kapan tayang dan berapa total episode yang akan dibuat.



9. MARTIAL UNIVERSE (武动乾坤 ; tanggal tayang : akhir 2017)
Sebuah serial wuxia dengan efek khusus super canggih dan dibuat dengan biaya yang sangat mahal akan hadir akhir tahun 2017 ini. Serial berjudul Martial Universe ini akan dibuat dalam 60 episode, dan merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Tian Can Tu Dou.

Serial yang diperani Yang Yang, Zhang Tian Ai, Wu Chun, Wang Li Kun, dan Shi Xiao Long ini mengisahkan tentang kisah hidup Lin Dong, seorang anak dari sebuah kampung kecil. Dia selalu diremehkan dan tidak pernah dihargai. Sampai satu ketika, tanpa sengaja Lin Dong menemukan sebuah artefak yang ternyata merupakan senjata paling dasyat di dunia persilatan.

Ketika mengetahui Lin Dong memiliki artefak itu, banyak orang yang mencoba merebutnya. Namun setiap kali mereka ingin merebut artefak itu, selalu terjadi kekacauan dan kehancuran yang merenggut nyawa banyak orang.

Lin Dong kemudian mempelajari artefak itu, dan kemudian memahami kekuatan di dalamnya. Pada akhirnya Lin Dong menjadi Pendekar Super Sakti yang tidak saja bertugas menjaga kedamaian di dunia persilatan, tetapi juga kedamaian di dunia manusia.



10. MAGIC STAR (奇星记之鲜衣怒马少年时; tanggal tayang : 4 Desember 2017)
Dan daftar ini ditutup dengan serial kolosal bergenre wuxia-fantasi yang akan tayang di jaringan televisi streaming Youku berjudul Magic Star. Bisa dikatakan serial ini adalah serial wuxia khusus remaja, karena mayoritas pemainnya adalah remaja yang tampan dan cantik.

Magic Star mengisahkan tentang Pendekar Bai Ze (Chen Xiang) - seorang pendekar yang sangat setia pada Negara - yang ditunjuk Kaisar untuk menemukan 5 Bintang Ajaib yang dapat mengembalikan kestabilan dan kedamaian dunia. Dalam perjalanannya mencari bintang itu, dia bertemu 4 orang remaja yang memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa. Bersama mereka, Bai Ze pun bersama-sama melakukan perjalanan.

Sepanjang perjalanan, mereka bertemu banyak hal dan kejadian misterius, sehingga mau-tidak mau mereka harus siaga setiap saat guna menghadapi kejadian tersebut.
Deng Shao Wen (temannya Bobo Ho) akan main di serial Magic Star
Selain Chen Xiang, serial ini juga diperani oleh Wu Lei, Zhang Yu Xi, Zheg Ge Hu Zi, dan Deng Shao Wen. Nah, untuk nama terakhir mungkin tidak asing buat Anda yang pernah muda di era 1990an. Pada waktu itu, Deng Shao Wen masih anak-anak dan sering bermain di film layar lebar sebagai biarawan Shaolin cilik, berpasangan dengan Bobo Ho. Hehehe.... sudah ingat kan?


Ya... itulah 10 film wuxia-kolosal-fantasi yang akan tayang sepanjang tahun ini. Dan dapat dipastikan mayoritas serian ini akan menjadi tontonan best-rating.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment