Recommended - Membabi Buta (2017)

Judul Film        : Membabi Buta
Sutradara          : Joel Fadli
Pemeran           : Prisia Nasution, Ivanka Suwandi, Lenny Charlotte
Tanggal tayang : 4 Mei 2017 

Tahun 2009 silam, Indonesia unjuk gigi di dunia internasional dengan merilis film bertema slasher pertamanya yang berjudul Rumah Dara (di luar negeri, film ini diedarkan dengan judul Macabre). Film yang disutradarai Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel ini mengisahkan tentang 3 orang remaja yang dijebak dan dijadikan santapan oleh wanita kanibal bernama Dara (diperani dengan sangat cantik dan "kejam" oleh Shareefa Daanish).  Film ini sukses besar, tidak saja di Indonesia, tetapi juga kawasan Asia Tenggara, hingga Rusia (di Rusia, film ini dirilis dengan judul Dara).

Berkat film Rumah Dara inilah, nama Indonesia menjadi tersohor. Bahkan Shareefa Daanish meraih penghargaan Best Actress di Ajang Puchon International Fantastic Film Festival (PIFan) 2009.

Nah, tahun ini, Rumah Produksi SAS Films merilis film bergenre slasher berjudul Membabi Buta. Meski ceritanya sama sekali berbeda dengan Rumah Dara, namun dapat dipastikan film tersebut sama sadisnya dengan film pendahulunya.

Film ini mengisahkan Mariatin (Nasution), seorang wanita desa yang diterima bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga di sebuah keluarga. Bersama anaknya, Asti (Aurelia Ramdani), Mariatin pun mendatangi rumah tempatnya bekerja. Rumah itu ternyata ditinggali oleh dua nenek bersaudara : Sundari (Ivanka Suwandi) dan Sulasesmi (Lenny Charlotte). Kedua nenek itu terbilang punya sifat yang sangat bertolak belakang dan misterius.

Selama bekerja di rumah itu, Mariatin sudah merasakan ada banyak hal janggal yang mengusik rasa penasarannya. Selain kondisi rumah yang tidak wajar, anaknya malah memusuhinya dan menjadi sangat dekat dengan kedua majikannya.Dan pada akhirnya, Mariatin pun berhasil membuktikan kalau intuisinya tidak salah. Kini dia harus berjuang mati-matian untuk menyelamatkan diri dan anaknya, serta keluar dari rumah terkutuk itu.

Sebagai film slasher berkualitas atas, Membabi Buta terbilang punya segalanya : Ceritanya yang bikin penasaran, akting yang oke, musik latar yang menegangkan, serta aksi brutal beradarah-darah. Meski demikian, jika dibandingkan pendahulunya (Rumah Dara), film ini masih kurang "sadis". Semua adegan sadis - termasuk mutilasi - ditampilkan cukup "aman", sehingga Anda pun bisa melihat dengan jelas kalau yang dipotong-potong hanyalah mainan. Sangat berbeda dengan Rumah Dara yang menunjukkan aksi penggal kepala yang sangat realistis dan mengerikan.

Jika mengharapkan film Membabi Buta dipenuhi adegan-adegan sadis dari awal hingga akhir, maka Anda patut kecewa. Dalam durasi 92 menit, hanya di 15 menit terakhir saja adegan sadis itu akan muncul. Sisanya lebih banyak menampilkan alur cerita yang sangat intens dan bikin penasaran.

Jadi kalo mau menonton film Indonesia yang cerdas dan sadis, Membabi Buta adalah pilihan yang tepat.



DO YOU KNOW? 
Cerita Membabi Buta adalah kisah nyata yang benar-benar pernah terjadi di Banyuwangi sekitar tahun 1990-an. Menurut Almarhum Kim Kematt - Penulis Skenario film Membabi Buta - skenario Membabi Buta dibuatnya berdasarkan kejadian yang terjadi di sebuah keluarga di Banyuwangi, di mana dua orang wanita kakak-beradik memiliki dendam kesumat pada pembantu yang dulu pernah menyiksa mereka saat masih kecil. Setelah mereka dewasa, pembantu itu mereka sekap dan siksa hingga tewas.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment