Recommended Movie - ABSURB ACCIDENT (提着心吊着胆)


Judul Film              : Absurb Accident
Sutradara                : Li Yu He
Pemeran                 : Chen Xi Xu, Ye Gao, Suxi Ren, Cao Rui
Tanggal tayang       : 16 Juni 2017

Minggu lalu baru tayang, film ini langsung menduduki peringkat pertama tangga box-office Tiongkok. Absurb Accident adalah sebuah film komedi yang super kocak. Dibuat dengan ide yang sangat sederhana, dan alur yang sangat sederhana, film ini menampilkan sebuah cerita yang benar-benar segar dan asyik untuk diikuti. Meski sederhana, film ini bukan komedi slapstik atau komedi "mo lei dou" (tanpa otak). Sebaliknya film ini menampilkan cerita yang sangat cerdas dan bikin penonton geleng-geleng kepala.
Film Absurb Accident bersetting di sebuah desa kecil di wilayah Tiongkok, di mana di sana tinggallah seorang pria bernama Bai Wan (Chen Xi Xu) yang mengalami impotensi. Akibatnya dia tidak pernah bisa menjalankan kewajiban batiniahnya kepada istrinya, Lilian (Suxi Ren). Meski demikian, sang istri memaklumi kekurangan suaminya dan tidak pernah mempersoalkannya.

Bai Wan tidak menerima nasibnya begitu saja. Diam-diam dia menjalani pengobatan herbal agar staminanya meningkat. Namun hal itu gagal. Shinshe He (Ye Gao) - yang mengobati Bai Wan, sekaligus merupakan teman Lilian - kemudian memberikan obat herbal berbentuk minuman arak kepada Bai Wan. Obat itu disebutkan sebagai obat Herbal paling kuat yang dapat menyembuhkan masalah impotensi Bai Wan.


Saat pulang dari klinik Shinshe He, Bai Wan mendengar kabar dari temannya kalau istrinya berselingkuh. Bai Wan tidak percaya dan pulang ke rumah. Di rumah, dia memergoki istrinya sedang bersama seorang pria. Tanpa bertanya-tanya lagi, Bai Wan melabrak istrinya. Bai Wan langsung menuduh istrinya benar-benar berselingkuh.

Masalah menjadi rumit ketika Bai Wan meminta Shinshe He mencarikan orang untuk membunuh istrinya. Shinshe He setuju membantu Bai Wan dan mengaku kenal dengan seorang pembunuh berdarah dingin bernama Marco.Marco akan ditugaskan untuk membunuh Lilian.

Kerumitan diperparah ketika Bai Wan secara tidak sengaja berseteru dengan dua orang perampok, di mana salah seorang perampok menyimpan harta curian mereka di dalam kedai milik Bai Wan.

Di malam hari, sang perampok kembali ke kedai Bai Wan untuk mengambil barang curiannya. Tetapi di saat bersamaan, Shinshe He menyamar sebagai Marco, berniat membunuh Lilian. Sementara itu, Bai Wan baru mengetahui kalau pria yang pernah dipergokinya bersama sang istri, tidak lain adalah Tukang Urut Tulang yang sudah menjadi langganan lama istrinya. Merasa berdosa telah menuduh istrinya berselingkuh, Bai Wan segera pulang ke rumah untuk mencegah "Marco" membunuh istrinya.

Dan kekacauan pun terjadilah....

Film berdurasi 92 menit ini memang sangat kocak dan menghadirkan komedi yang sangat cerdas serta tidak kampungan. Uniknya, beberapa bagian yang seru, justru dibuat dengan gaya film bisu Charlie Chaplin. Hal ini menghasilkan adegan yang kocak, sehingga tidak membuat penonton tegang.

Overall, film ini cukup menghibur dan menarik untuk ditonton. Inti dari cerita film ini adalah : Tidak ada hal yang terjadi kebetulan. Semua saling kait-mengait, dan mempengaruhi kehidupan kita.



DO YOU KNOW? 
Dalam film ini, ada adegan di mana Bai Wan berkaraoke dengan Lilian. Lagu itu berjudul 心恋 (Xing Lien). Jika mendengar lagu ini, Anda langsung bisa menebak kalau lagu itu adalah lagu Indonesia Pusaka yang diciptakan oleh Ismail Marzuki.




Ya, lagu Xing Lien memang sempat menjadi kontroversi di era 1970-an karena disinyalir sebagai jiplakan dari lagu Indonesia Pusaka.

Lagu Indonesia Pusaka pertama kali diperdengarkan di Radio Republik Indonesia pada tahun 1950, sehingga dapat dipastikan kalau lagu tersebut adalah lagu sah karya Ismail Marzuki. Lagu Xing Lien sendiri baru mulai dikenal di Taiwan pada era 1970-an ketika lagu itu dinyanyikan oleh Penyanyi Taiwan Liu Wen Zhen. Setelah itu, lagu ini sering dinyanyi-ulang oleh penyanyi lain seperti Hung Fei Fei, Chai Xing Juan, dan Tsai Tsing.

Lagu ini baru dikenal oleh masyarakat Tiongkok dan populer di masyarakat Tiongkok di era 2000 setelah sering dinyanyikan di karaoke. Belakangan lagu ini sangat populer karena sering dinyanyikan oleh para penyanyi Tiongkok di ajang pencarian bakat menyanyi.

Meski sudah terbukti kalau lagu Xing Lien adalah lagu jiplakan dari Indonesia Pusaka, sayangnya hingga hari ini tidak ada tindakan dari pihak Indonesia untuk melakukan gugatan, maupun protes kepada Komposer Taiwan yang telah melakukan plagiat tersebut.

Sayang sekali ....






NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment