Recommended - The Mummy (2017)


Judul Film       : The Mummy 
Sutradara         : Alex Kurtzman
Pemeran           : Tom Cruise, Sofia Boutella, Annabelle Wallis, Jake Johnson, Courtney B. Vance
Tanggal tayang : 9 Juni 2017

Minggu ini ada tontonan yang seru banget. Judulnya The Mummy. Diperani Tom Cruise dan disutradarai Alex Kurtzman, film ini menjanjikan tontonan yang super seru dan menegangkan, serta tebaran adegan CGI yang sangat memanjakan mata.

Film ini sendiri merupakan film reboot (dibuat-ulang) dari franchise trilogi film The Mummy (1999 - 2008) yang diperani Brendan Fraser. Meski merupakan reboot, alur cerita dan semua nama karakter dalam film ini berbeda dengan versi sebelumnya.

Dikisahkan di masa Mesir Kuno, Putri Ahmanet (Sofia Boutella) adalah calon tunggal pengganti Ayahnya - Raja Menehptre (Selva Rasalingam) - duduk di Tahta Kerajaan. Tetapi posisinya kemudian tergantikan ketika istri baru Sang Raja melahirkan anak laki-laki. Karena sangat ingin memegang tampuk kepemimpinan, Putri Ahmanet kemudian menjual jiwanya kepada Dewa Set. Sang Dewa setuju dan membuat Putri Ahmanet memiliki kekuatan dan tidak terkalahkan. Dia pun kemudian membantai keluarganya, dan mengangkat dirinya sebagai Raja Baru. Ketika sedang melakukan pengorbanan manusia untuk Dewa Set, dirinya ditangkap oleh masyakarat dan dikubur hidu-hidup bersama Kepik Pemakan Daging.

Kisah pun berpindah ke masa kini, di mana Prajurit Nick Morton (Tom Cruise) tanpa sengaja menemukan kuburan Ahmanet di Iran. Mereka kemudian membawa tempat jenasah Ratu Ahmanet untuk dipelajari para ilmuan negaranya. Dalam perjalanan pulang, pesawat yang ditumpangi Nick ditembak hingga jatuh. Anehnya, hanya Nick satu-satunya orang yang selamat.

Nick dirawat oleh Dr Henry Jekyll (Russell Crowe) - Pemimpin Kelompok Prodigium, sebuah organisasi yang mendedikasikan diri mereka untuk menyidiki kejadian supranatural - yang menjelaskan kepada Nick kalau dia bisa selamat karena Ratu Ahmanet telah memilih dirinya sebagai kunci untuk menghidupkan Ratu dan membuatnya dapat menguasai dunia.

Ratu Ahmanet kemudian bangkit dan membuat kekacauan. Dr Jekyll yang mencoba menghalangi Ratu Ahmanet, justru mengalami luka serius, yang membuatnya berubah menjadi Edward Hyde, kepribadian antagonis yang dimilikinya. Hal ini memaksa Nick harus bertarung dengan Hyde sebelum dia dibunuh oleh pribadi Dr Jekyll tersebut.

Ketika Ratu Ahmanet pergi ke London, dia berniat membunuh kekasih Nick. Namun Nick mengorbankan dirinya dengan bunuh diri menggunakan belati miliki Ahmanet. Set kemudian merasuki tubuh Nick dan bersama Ratu Ahmanet, mereka berencana menguasai dunia. Meski demikian, Nick berhasil menguasai tubuhnya kembali dan mengalahkan Ratu Ahmanet serta Dewa Set.

Secara garis besar, film ini sangat bagus dari sisi sinematografi. Banyak adegan seru dan teknik CGI yang keren, yang membuat film ini memang sangat menarik untuk ditonton. Sayangnya, jika dibandingkan dengan trilogi The Mummy sebelumnya, film The Mummy versi 2017 ini terkesan sangat serius dan berat. Selain itu, sebagian pengamat menilai film ini tidak seseru franchise The Mummy sebelumnya.

Meski demikian, sebagai film hiburan akhir pekan, film ini memang layak untuk ditunggu.



ABOUT "THE MUMMY"
Franchise trilogi "The Mummy" adalah film aksi-petualangan yang super seru dan kocak yang pernah sangat sukses di tahun 1999 - 2008. Film ini sendiri sebenarnya merupakan adaptasi dari film The Mummy yang dirilis tahun 1932. Meski demikian, cerita yang dibuat sangat berbeda dan lebih mengedepakan petualangan ala Indiana Jones.

Seri pertama dari The Mummy dirilis tahun 1999, dengan pemeran utama Brendan Frazer, Rchel Weisz, John Hannah, dan Kevin J. O'Connor, serta disutradarai Stephen Sommers. Di film ini Stephen Sommers juga yang membuat Skenario Filmnya. Dalam seri tersebut, dikisahkan tentang Rick O'Connell (Frazer), seorang petualang, yang secara tidak sengaja menemukan makam Hamunaptra (Kota Orang Mati) dan membangkitkan Pendeta Mesir Imhotep. Bersama Pustakawan Evy Carnahan (Weisz) dan kakaknya, Joanthan (O'Connor), mereka bertiga pun berusaha untuk mengalahkan Sang Mumi tersebut.

Film The Mummy terbukti sebagai film yang sangat menguntungkan. Dibuat dengan dana US$ 80 juta, film ini berhasil meraup keuntungan hingga US$ 415.9 juta. Hal ini mendorong Summers untuk membuat sekuel filmnya.

Dalam sekuelnya berjudul The Mummy Returns (2001), dikisahkan Rick dan Evy sudah menikah dan punya anak bernama Alex. Sang anak secara tidak sengaja mengenakan gelang Ahm Shere, sehingga membangkitkan Ratu Nefertiri, kekasih dari Imhotep. Sang Ratu pun kemudian membangkitkan Imhotep agar mereka berdua bisa hidup abadi dan menguasai dunia. Kembali lagi Rick, Evy dan Joanthan harus bertarung melawan para mumi, sekaligus menyelamatkan Alex yang diculik Imhotep untuk dijadikan korban. Film The Mummy Returns dibintangi oleh para pemeran yang sama seperti di seri pertamanya.

Film ini meraih sukses jauh lebih besar daripada seri sebelumnya. Dibuat dengan dana US$ 98 juta, film ini berhasil membukukan keuntungan finansial sebesar US$ 433 juta. Selain itu, film ini berhasil mengangkat nama Dwayne Johnson - pegulat WWE - yang baru meniti karir di dunia film layar lebar. Berkat film ini, namanya menjadi terkenal dan dia mendapat kesempatan untuk berperan sebagai pemeran utama di prekuel The Mummy berjudul The Scorpion King (2002).

Tahun 2008, melanjutkan kesuksesan kedua seri sebelumnya, maka dibuatlah film The Mummy ketiga berjudul The Mummy : Tomb of the Dragon Emperor. Kursi Sutradara diserahkan kepada Rob Cohen, sedangkan Stephen Sommers memilih menjadi Produser. Kali hanya Brendan Fraser saja yang kembali bermain di sekuel ini. Pemeran lain dalam film ini adalah orang baru : Maria Bello, Jet Li, Luke Ford, dan Michelle Yeoh.

Berbeda dengan dua seri pertama, maka seri ketiga ini bersetting di Tiongkok, di mana Kaisar Naga / Kaisar Han (Jet Li) meminta Penyihirnya untuk mengubah dirinya menjadi sosok yang abadi. Maka bersama pasukannya, Kaisar Han pun mendapatkan kekuatan untuk hidup abadi.

Di tahun 1946, Sang Kaisar bangkit dan berniat menguasai dunia. Upayanya dihalangi Rick O'Connell. Dengan bantuan istrinya, Evelyn (Maria Bello), dan pasukan Tiongkok pimpinan Zi Yuan (Michelle Yeoh), mereka bersatu melawan pasukan Teracotta pimpinan Kaisar Naga.

Sama seperti 2 seri sebelumnya, film ini pun meraih kesuksesan yang luar biasa. Dibuat dengan dana US$ 145 juta, film ini meraup keuntungan hingga US$ 401.1 juta.

Melihat kesuksesan ini, Stephen Sommers berencana untuk membuat sekuel film ini kembali. Sayangnya, niat ini tidak pernah terlaksana hingga hari ini.






NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment