8 Fakta Menarik tentang Despicable Me 3

Minggu ini Despicable Me 3 tayang di seluruh bioskop Indonesia. Penayangan film ini terbilang "terlambat" 1 minggu dari jadwal sebelumnya (30 Juni 2017). Mungkin karena pertimbangan takut bersaing dengan Transformers : The Last Knight yang baru tayang minggu lalu.

Nah, mumpung Despicable Me 3 baru tayang, yuk kita intik fakta-fakta menarik seputar Despicable Me 3 yang tidak banyak diketahui orang. Apa saja ya fakta-faktanya?


1. TANTANGAN UNTUK STEVE CARELL
Despicable Me 3 merupakan tantangan yang terbilang cukup berat untuk Steve Carell. Pasalnya dalam film tersebut, selain harus mengisi suara Gru, dia pun harus mengisi suara Dru, saudara kembar Gru. Meski Carell mendapatkan kebebasan penuh untuk mengintrepretasikan karakter Dru, tetap saja dia mengalami masalah saat mengisi suara kedua karakter tersebut.

Masalahnya kedua karakter yang dibawakan memiliki kesamaan kepribadian, sehingga menyulitkan Carell untuk membayangkan dan menghayati 2 karakter yang memiliki sifat dan pribadi yang sama. Alhasil, di awal pengisian suara, Carell mengalami kesulitan membawakan suara Gru dan Dru, sehingga proses pengisian suara sempat terhenti agar memberikan kesempatan Carell menghayati perannya lagi.

Belakangan, muncul ide Sutradara Pierre Coffin untuk membantu Carell lebih mudah membayangkan karakter Dru dan Gru. Dia menempelkan gambar Gru dan Dru di depan teks dialog Carell. Dengan demikian, Carell bisa mengingat karakter Gru dan Dru. Akhirnya, proses pengisian suara pun berjalan lancar.



2. PENGISI SUARA BALTHAZAR BRATT
Trey Parker adalah pengisi suara Balthazar Bratt. Mungkin namanya terdengar cukup asing di telinga kita. Tetapi buat para animator Hollywood, nama Trey Parker adalah Legenda Hidupyang sangat dihormati di antara para animator.

Trey Parker adalah salah seorang kreator animasi kontroversi South Park (1997 - sekarang). Bersama partnernya, Matt Stone, mereka berdua menulis sekaligus menyutradarai animasi tersebut. Parker pun adalah orang yang bertanggung jawab sebagai Sutradara drama musikal The Book of Mormon, yang membuatnya diganjar penghargaan Tony Award dan Grammy Award.

Selama berkarir, Trey Parker selalu menjadi Sutradara sekaligus pengisi suara animasi yang dibuatnya. Baru di film Despicable Me 3, Parker mengisi suara namun tidak menyutradarai sendiri film tersebut. Dan seperti yang kita ketahui, Sutradara film Despicable Me 3 adalah Pierre Coffin dan Kyle Balda.



3. RAMBUT DRU
Jika Gru digambarkan sebagai sosok yang botak, maka Dru sebaliknya : Dia memiliki rambut yang tebal. Yang menjadi tantangan bagi Tim Kreatif Illumination Studio adalah menampilkan rambut tebal Dru agar membuatnya terlihat anggun namun menyebalkan.

Co-Director Eric Guillon mengakui bahwa bagian tersulit dari membuat rambut Dru adalah bagaimana menggambar rambut Dru dengan indah, padahal - sama seperti Gru - Dru tidak memiliki kening dan bagian kepala atasnya tipis.

Akhirnya setelah berdiskusi dengan tim, mereka memutuskan untuk membuat rambut Dru tebal dan belah-tengah dan ujung yang panjang, sehingga memperlihatkan wajah Gru tampak seperti remaja.



4. MINION MEL
Dalam Despicable Me 3, Anda akan berjumpa dengan seorang Minion unik bernama Mel. Percaya atau tidak, karakter Mel ternyata terinspirasi dari Chris Meledandri, yang tidak lain adalah Pendiri dari Illumination Studio, studio yang memproduksi film Despicable Me.
Minion Mel

Chris Meledandri

Ide membuat karakter Mel ini bermula saat Co-Director Eric Guillon mendesain kartu ulang tahun untuk Meledandri beberapa tahun lalu.  Dia menggambar Meledandri dengan pakaian yang sama seperti Minion, dengan potongan rambut yang sama seperti Meledandri.

Gambar Meledandri di kartu ulang tahun itulah yang kemudian digunakan Guillon untuk menampilkan karakter Minion bernama Mel.



5. INSPIRASI DESPICABLE ME 3
Salah satu bagian Despicable Me 3 menampilkan para Minion berada di dalam penjara. Adegan ini terinspirasi dari film Charlie Chaplin berjudul Modern Times yang dirilis tahun 1936.

Di film Modern Time, Charlie Chaplin dikisahkan secra tidak sengaja dijebloskan ke dalam penjara. Di dalam penjara Charlie Chaplin melakukan serangkaian kekacauan seperti menyelundupkan kokain (yang dikiranya garam), tanpa sengaja membuat pingsan seorang narapidana, serta melakukan tindakan melarikan diri dari penjara.

Banyak adegan dalam film Modern Time diparodikan di film Despicable Me 3 di mana para Minion melakukan serangkaian kekacauan di penjara yang berbuntut kehebohan yang kocak dan menggelikan.



6.  THEME SONG DESPICABLE ME 3
Pharrell Williams mendapat kepercayaan kembali untuk membuat theme song Despicable Me 3. Ini adalah kali ketiga Williams mendapatkan kepercayaan tersebut, setelah sebelumnya dia juga dipercaya untuk membuat theme song film Despicable Me dan Despicable Me 2.

Theme song film Despicable Me 3 yang dinyanyikan Pharrell Williams adalah "Yellow Light". Lagu tersebut sudah tersedia dan dapat diundur secara digital dan streaming.



7.  LAGU MINIONS
Salah satu ciri film Despicable Me - yang paling dinantikan oleh para penonton - adalah lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Minions. Biasanya lagu tersebut merupakan parodi cover-song dari lagu yang pernah populer sebelumnya. Bedanya, lagu tersebut dinyanyikan dengan bahasa Minions - yang merupakan gabungan dari berbagai bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia - sehingga terdengar lucu dan kocak.

Di film Despicable Me Pertama, ada lagu Copabanana yang merupakan parodi lagu Copacabana yang dinyanyikan oleh Barry Manilow.

Di film Despicable Me 2, ada lagu Underwear yang merupakan parodi lagu I Swear dari  All-4-One.

Nah, di film Despicable Me 3, ada lagu "Papa Mama Loca Pipa" yang merupakan parodi dari lagu "I Am The Very Model of A Modern Major General" (atau yang lebih dikenal dengan judul singkat "Major-General's Song" atau "Modern Major-General's Song).

Uniknya, lagu Major-General's Song yang diciptakan Komposer Lagu Teater W.S Gilbert dan Arthur Sullivan (dikenal dengan duo Gilbert & Sullivan) ini adalah lagu opera The Pirates of Penzance yang dipopulerkan tahun 1879. Lagu ini terkenal karena temponya yang sangat cepat dan dinyanyikan dengan lirik yang sangat panjang tanpa putus dan nyaris tanpa henti. Lagu dengan gaya bernyanyi cepat dan panjang tanpa putus ini dikenal dengan istilah Patter Song.

Nah, jika Anda penasaran seperti apa lagu "Papa Mama Loca Pipa" yang dinyanyikan Minions, berikut ini adalah lagunya :


Sedangkan versi asli dan lengkap dari lagu "Major-General's Song" dapat Anda dengar di sini :


Nah, di antara kedua lagu tersebut, mana yang bisa Anda hafal dan nyanyikan?




8.  PENGHASILAN DESPICABLE ME 3
Sejak ditayangkan tanggal 30 Juni - 4 Juli 2017, penghasilan Despicable Me 3 di wilayah Amerika Utara telah menembus angka US$ 240 juta (dibuat dengan biaya US$ 80 juta). Ini belum termasuk penghasilan dari Amerika Selatan, Eropa, dan kawasan Asia yang baru tayang minggu ini.

Sebagai perbandingan, Despicable Me (2010) meraih penghasilan US$ 543 juta (dibuat dengan dana US$ 69 juta). Sedangkan Despicable Me 2 (2013), penghasilannya meningkat menjadi US$ 971 juta (dibuat dengan dana US$ 76 juta). Hasil paling fantastis didapat di film Minions (2015) dengan pendapatan US$ 1.159 milyar (dibuat dengan dana US$ 74 juta).

Akankah Despicable Me 3 melampaui perolehan Despicable Me 2? Atau bahkan memecahkan rekor yang diraih Minions? Kita tunggu saja nanti....

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment