Movie Review - INSIDE : A CHINESE GHOST STORY (2017)


Judul Film        : Inside - A Chinese Ghost Story (aka Thriller)
Sutradara          : Lili Bai
Pemeran           : Liu Yu Lai, Mark Phillip Goodman
Tanggal tayang : 7 April 2017

Meski judul dan poster film ini terbilang seram, tapi jangan terkecoh! Film ini bukan film horor, tetapi film drama-thriller-misteri. Memang ada hantu dan adegan mengagetkan sepanjang 92 menit film, namun saya dapat memastikan kalau film ini sama sekali bukan film horor.

Film ini mengisahkan tentang seorang Penulis bernama Cui Khai yang mendapatkan "tantangan" dari salah seorang temannya yang bekerja di perusahaan penerbitan untuk membuat sebuah novel bergenre Horor. Tentu itu sebuah tantangan yang tidak mudah buatnya, mengingat Cui Khai terbiasa menulis novel bergenre drama, dan kini harus menulis cerita horor. Meski demikian, Cui Khai menerima tantangan itu dan mulai menulis novelnya.


Pembuatan novel ini sangat tidak mudah. Selain karena ide cerita yang sulit, Cui Khai pun sangat terganggu dengan tetangganya yang melakukan renovasi rumah. Cui Khai pun menegur tetangganya. Sang tetangga bukan saja tidak menggubris teguran Cui Khai, tapi dia bahkan masuk ke apartemen Cui Khai dan dengan keponya melihat-lihat apa yang dibuat oleh Cui Khai.

Rupanya tetangga Cui Khai dulunya adalah seorang penulis. Karena itu, untuk membantu Cui Khai, sang tetangga menulis alinea pertama novel bertema horor tersebut. Pikiran kreatif Cui Khai pun langsung terbuka, dan dia pun mulai menulis.

Tidak lama, novelnya kelar dan diterbitkan. Di luar dugaan, novel itu menjadi novel yang sangat laris sekali. Meski laris, ternyata novel itu menjadi petaka bagi Cui Khai. Apapun yang ditulisnya di novel, tiba-tiba menjadi kenyataan dan menghantui hidup Cui Khai. Cui Khai kemudian mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya. Penyidikannya ternyata membawa Cui Khai pada fakta kalau tetangga yang membantunya tersebut ternyata memiliki keterkaitan dengan dirinya. Siapakah tetangganya tersebut?

Meski idenya terbilang cukup menarik, film Inside - A Chinese Ghost Story sebenarnya kurang asik dalam penyajiannya. Selama 35 menit pertama, film ini berjalan sangat lamban. Proses kreatif Cui Khai untuk menulis novel horornya diulas terlalu bertele-tele, sehingga terasa sangat membosankan.

Saya bisa paham maksud Sutradara yang ingin menjelaskan dengan detil hal itu, karena berhubungan dengan keseluruhan cerita. Tetapi alangkah baiknya jika detil itu tidak terlalu dibuat bertele-tele, namun bisa lebih ringkas. Karena toh Penonton sudah mendapatkan gambaran dan maksud yang ingin disampaikan, jadi tidak pernah diulas sedemikian panjang.

 

DO YOU KNOW? 
Film ini dirilis dalam beberapa judul : Thriller, Jing Song, Jing Song Xiao Suo, Inside, dan Inside - A Chinese Ghost Story.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment