TV Series Recommended - EL CHAPO (2017 - onward)


Judul Serial TV   : El Chapo
Jaringan Televisi : Univision Studios
Pemeran              : Marco de la O, Humberto Busto, Luis Fernando Pena, Juan Carlos Oliva
Tanggal tayang    : 23 April 2017 - onward

Jika bicara tentang Pemimpin Kartel Narkoba Paling Terkenal di Meksiko, tentu yang terpikirkan dalam benak Anda adalah Pablo Escobar. Ya, Gembong Kriminal paling sadis, licin, sekaligus cerdas ini adalah Pemimpin Kartel Narkoba yang paling ditakuti, tidak saja di negaranya sendiri tetapi juga di Amerika Serikat. Dengan kecerdasannya, Escobar mampu mengatur dan mengendalikan jaringan narkoba di seluruh Amerika dan Meksiko, serta menguasai 80% dari peredaran Narkoba di kedua negara tersebut. Berkat bisnisnya ini, Escobar mendapatkan gelar "The King of Cocaine".

Selain Pablo Escobar, sebenarnya ada 1 orang lagi gembong narkoba Meksiko yang juga terkenal sangat sadis dan cerdas. Namanya Joaquin Archivaldo Guzman Loera, atau yang lebih dikenal dengan julukan El Chapo (Shorty / Si Pendek), karena tubuhnya yang terbilang pendek (168 cm) jika dibandingkan masyarakat Meksiko dan Amerika Serikat pada umumnya.


Sepanjang tahun 2003  - 2009, Guzman melakukan banyak gebrakan dalam peredaran narkoba yang membuatnya dikenal kepolisian Amerika sebagai "Pengedar Narkoba Paling Berkuasa di Dunia" dan "Manusia Paling Berbahaya dan Paling Ditakuti di Dunia". Dia bahkan masuk dalam daftar "Orang Paling Berpengaruh di Dunia" versi Majalah Forbes berturut-turut sepanjang tahun 2009 - 2011.

Sepak-terjang Guzman di dunia peredaran narkoba sering dibandingkan dengan Pablo Escobar, dan banyak orang yang menyebut Guzman sebagai "The Godfather of the Drug World" (Pemimpin Dunia Narkoba).

Baru-baru ini, Univision - sebuah stasiun televisi berbahasa Spanyol dan Amerika yang acaranya dikhususkan bagi masyarakat Hispanic yang tinggal di Amerika - bekerja sama dengan Netflix memproduksi sebuah serial televisi berjudul El Chapo, yang mengisahkan kisah hidup Joaquin "El Pacho" Guzman. Ditayangkan sejak 16 Juni 2017, serial dengan total 9 episode ini langsung menarik perhatian banyak penonton. Tidak heran Univision kemudian memutuskan untuk membuat Season Kedua serial ini yang rencananya akan tayang September 2017 mendatang.

Season Pertama El Chapo mengisahkan tentang Joaquin Guzman Loera (diprani Marco de la O), seorang pemuda miskin yang tinggal di sebuah kampung kumuh di wilayah La Tuna, Badiraguato, Sinaloa, Meksiko. Guna membantu perekonomian keluarganya, Guzman bekerja sebagai kurir narkoba. Karena tubuhnya yang pendek dan suka kerja kerasnya, Guzman dengan cepat dikenal oleh koleganya dengan sebutan El Chapo (Si Pendek).

Nama El Chapo semakin terkenal setelah dia berhasil mendapatkan senjata untuk Pablo Escobar dalam waktu 48 jam, serta dapat mengirimkan narkoba melewati perbatasan Meksiko-Amerika melalui terowongan air yang melewati 2 negara tersebut. Aksi berani-matinya ini membuat El Chapo meraih posisi yang sangat bergengsi dalam Kelompok Kartel Meksiko.


Sayang, ketika kesuksesan sudah diraih, ayah El Chapo meninggal dunia. Wanita yang dicintainya pun meninggalkannya setelah tahu El Chapo bergabung dengan para kriminal. Sahabat-sahabatnya juga menjauhinya. Hal ini membuat El Chapo sangat kecewa dan memutuskan untuk meneruskan karirnya sebagai kriminal.

Untuk dapat menjadi penguasa Kartel Narkoba Meksiko, El Chapo harus menyingkirkan para Gembong yang sedang berkuasa saat ini. Karena itu, El Chapo menyiapkan pasukannya untuk melawan dan membunuhi para gembong kartel Narkoba. Selain menjual narkoba, El Chapo juga menjalin persahabatan dengan tentara militer Meksiko dan melakukan jual-beli senjata ilegal.

Dengan semakin besarnya pengaruh yang dimilikinya, El Chapo menjadi sangat tidak terkendali dan berbahaya. Karena itu, Kepolisian Amerika Serikat dan Meksiko bekerja sama untuk meringkus El Chapo. Namun untuk dapat meringkus El Chapo jelas tidak mudah, karena tidak ada bukti yang bisa mengaitkan El Chapo dengan berbagai kasus pembunuhan dan peredaran narkoba skala besar.

El Chapo baru berhasil ditangkap setelah dia membunuh Graciela / Griselda Lopez Perez (Juliette Pardau), seorang wartawati yang berhasil menemukan bukti-bukti keterkaitan El Chapo dengan banyak kasus kriminal di Meksiko.  Dengan bukti-bukti yang tidak terelakkan, ditambah lagi fakta bahwa El Chapo adalah otak di balik kematian Graciela, maka dia pun dijebloskan ke dalam penjara.

Rupanya penjara tidak serta-merta membuat sepak terjang El Chapo terhenti, karena diam-diam dia sedang mempersiapkan rencana baru untuk mengendalikan bisnisnya jauh lebih besar lagi di penjara.

Season 2 akan dimulai September 2017 mendatang di mana kisahnya akan melanjutkan sepak terjang El Chapo selama di penjara, bagaimana aksi pelariannya serta penangkapan dirinya yang dramatis.



ABOUT THE ORIGINAL "EL CHAPO"
Seperti yang saya tulis di awal, Joaquin Archivaldo Guzman Loera atau yang kerap dipanggil "El Chapo" adalah salah seorang Pemimpin Kartel Narkoba Meksiko yang paling berpengaruh hingga hari ini. Lahir di La Tuna, Badiraguato, Sinaloa, Meksiko, El Chapo tumbuh dewasa menjadi Pemimpin Kartel Narkoba Sinaloa. Kepiawaiannya mengelola bisnis narkoba dengan tangan besi dan kekejian yang luar biasa, membuat dia ditakuti oleh banyak orang, termasuk kepolisian Amerika Serikat dan Meksiko.

Wajah El Chapo yang sebenarnya (tanpa kumis)

Wajah El Chapo sebenarnya (dengan kumis)
Sejak menjalankan bisnisnya dari tahun 1980  - 2014, Guzman telah mengekspor narkoba ke Amerika Serikat dengan jumlah total 500 ton. Jumlah itu merupakan jumlah terbesar yang belum pernah diekspor sebelumnya ke Negara Paman Sam tersebut.

Tanggal 24 Mei 1993, dalam sebuah aksi tembak-menembak antara Kartel Sinaloa dan saingannya- Kartel Tijuana - di Hotel Mercury Grand Marquis, Cardinal Katolik dari Guadalajara Pastor Juan Jesus Posadas Ocampo tewas tertembak setelah dihujani 14 tembakan. Guzman menembak Pastor Juan karena salah mengira Pastor Juan sebagai anggota Kelompok Kartel Tijuana.

Kematian Pastor Juan membuat berang Presiden Meksiko Carlos Salinas de Gortari, yang kemudian mengumumkan perang melawan Kartel Sinaloa. Bahkan Presiden Carlos menawarkan hadiah US$ 5 juta bagi siapapun yang berhasil menangkap Guzman, hidup atau mati.

Guzman kemudian berhasil ditangkap di Guatemala, Amerika Tengah tanggal 9 Juni 1993 dan langsung diekstradisi ke Meksiko, serta mendapat hukuman 20 tahun penjara. Namun Guzman berhasil kabur tahun 2001 setelah menyuap petugas penjara. Kaburnya Guzman menjadi sensasi dan berita besar yang memenuhi surat kabar Amerika Serikat dan Meksiko. Pasalnya, penjara Guzman adalah Penjara Federal Center for Social Rehabilitation No. 2 (Puente Grande) di Jalisco, Meksiko, yang merupakan penjara Pengamanan Maksimum. Dengan kaburnya Guzman, maka para petugas di penjara tersebut langsung dicopot dari jabatannya.

Guzman kembali tertangkap tanggal 22 Februari 2014 di lantai empat sebuah kondominium di Mazatian, Sinaloa, Meksiko. Namun dia kembali berhasil kabur tanggal 11 Juli 2015 dengan melewati terowongan bawah tanah penjara.

Tanggal 8 Januari 2016, Guzman kembali ditangkap di perairan Meksiko. Dalam penangkapan terakhir, Guzman melakukan perlawanan dengan menembaki Polisi Perairan Meksiko. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dan Guzman berhasil diamankan.

Saat ini Guzman masih menjalani serangkaian persidangan di Amerika Serikat dan Meksiko guna mempertanggung-jawabkan tindakannya.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment