Space Squad (スペース・スクワッド ) - Bagian 2 (Tamat)

Setelah sebelumnya saya mengulas tentang dwilogi Space Squad (detil lengkap pembahasannya bisa Anda baca di sini ), maka di bagian ini saya akan mengulas tentang sosok Space Sheriff Gavan dan Tokusou Sentai Dekaranger.

Sosok Tokusatsu dan Super Sentai ini bisa dikatakan sebagai sosok legendaris di dunia perfilman Jepang. Gavan adalah pahlawan tokusatsu yang terkenal di era 1980-an, sedangkan Dekaranger adalah kelompok super-sentai yang populer di awal tahun 2000an. Bertemunya kedua pahlawan legendaris ini dalam satu film, tentu saja sangat menarik sekali.

Nah,... Bagi Anda yang kurang familiar dengan kedua superhero ini, berikut ini saya tampilkan profil mereka.


SPACE SHERIFF GAVAN (宇宙刑事ギャバン - Uchuu Keiji Gaban)
Space Sheriff Gavan (atau biasa disingkat menjadi Gavan / Gaban / Gabin) ini adalah tokoh super hero yang sangat populer di awal tahun 1980an. Karakter hasil kreasi Toei Company ini pertama kali muncul di stasiun televisi TV Asahi tanggal 5 Maret 1982 - 25 Februari 1983 dalam serial televisi Space Sheriff Gavan, dengan total 44 episode.
Gaban Original

Space Sheriff Gavan mengisahkan tentang Gavan / Gaban (diperani Kenji Ohba), seorang Polisi Keamanan Ruang Angkasa dari Kesatuan Galactic Union Police yang tinggal di Planet Burung / Bado Sei. Satu ketika, dia mendapat tugas untuk melindungi bumi setelah Organisasi Kejahatan Galaktik Maguu - yang dipimpin Don Horror - melakukan kekacauan di sana.
Kenji Ohba sebagai Gaban (1982)
Kenji Ohba sebagai Gaban (2017)

Ibu Gaban bernama Tomiko Ichijouji adalah penduduk Bado Sei, sedangkan ayahnya - Voicer - adalah manusia bumi, yang juga Polisi Keamanan Ruang Angkasa. Sayangnya sang ayah menghilang saat bertugas di bumi.

Bersama Mimi (Wakiko Kano) - Asisten yang juga anak dari Atasan Gaban - mereka pun berangkat ke bumi dan melacak keberadaan Maguu. Selama di bumi, Gavan menggunakan identitas Ichijouji Retsu dan bekerja sebagai pengurus kuda di Peternakan Avalon Youth Club.

Serial televisi Space Sheriff Gavan menjadi sangat terkenal, tidak saja di Jepang, tetapi juga di banyak negara di kawasan Asia Tenggara (Filipina, Malaysia, Indonesia), Eropa, dan Amerika. Kesuksesan Gavan ini kemudian memunculkan genre baru film tokusatsu yang dikenal dengan nama Metal Hero Series, yang meraih kesuksesan yang sama seperti serial Kamen Rider dan Super Sentai.

Pasca Space Sheriff Gavan, bermunculan superhero lain yang sejenis yang kesemuanya sukses dan menjadi legenda. Beberapa di antaranya adalah : Space Sheriff Sharivan, Space Sheriff Shaider, Kyojuu Tokusou Juspion, Choujinki Metalder, Tokusou Robo Janperson, B-Fighter Kabuto, Tetsuwan Tantei Robotack, dan lain-lain.

Meski sempat sangat sukses di masa itu, namun kepopuleran Metal Hero Series memudar setelah tahun 1995. Tidak ada lagi karakter Metal Hero Series yang dibuat. Meski demikian, karakter-karakter superhero tersebut tetap disukai oleh para fansnya.
Tiga Metal Hero Pertama (ki-ka): Sharivan, Shaider, Gaban

Menyambut 30 tahun Metal Hero Series, Toei kemudian merilis film Koizoku Sentai Gokaiger vs Space Sheriff Gavan : The Movie di bulan Januari 2012. Film ini menjadi film pertama pertemuan (crossover) antara Super Sentai dan Metal Hero Series, sekaligus kemunculan perdana Gaban setelah 30 tahun absen dari dunia hiburan. Rupanya kemunculan Gaban - yang waktu itu diperani Kenji Ohba - mendapat sambutan yang sangat meriah dari para fans Gaban, terutama para penggemarnya yang kini telah berusia dewasa dan telah punya anak-anak.

Meski masih tampak sangat sehat dan prima, namun harus diakui kalau Kenji Ohba (yang kala itu sudah berusia 58 tahun) sudah tidak mungkin lagi melakukan banyak aksi berbahaya seperti saat dia memerani karakter Gavan di masa lalu. Karena itu, guna mengantisipasi respon positif para penonton sekaligus menjangkau penggemar baru yang masih berusia muda, maka bulan Oktober 2012, Toei merilis film Space Sheriff Gavan : The Movie.
Geki Jumonji (diperani Yuma Ishigaki)

Di film itu, dikisahkan Gavan / Retsu (Kenji Ohba) yang sudah tua melatih seorang anggota polisi ruang angkasa muda dari Galactic Union Police bernama Geki Jumonji (Yuma Ishigaki). Berkat kemampuannya yang sangat baik, Geki kemudian terpilih menjadi Space Sheriff dengan nama Gavan Type-G, menggantikan Gavan Pertama yang sudah pensiun.

Yuma Ishigaki tampak sangat pas memerani karakter Geki Jumonji / Gavan Type G, sehingga dia terus dipercaya untuk memerani karakter tersebut.
Gaban Type G

Pasca kesukses film layar lebar Space Sheriff Gavan : The Movie, Yuma Ishigaki tampil kembali di film layar lebar Suer Hero Taisen Z (atau judul lengkapnya : Kamen Rider x Super Sentai x Space Sheriff : Super Hero Taisen Z). Film tersebut dirilis tahun 2013, dan menampilkan crossover 3 franchise Tokusatsu yang sangat terkenal di Jepang : Kamen Rider, Super Sentai, dan Metal Hero. Selain Gavan, di film itu juga tampil juniornya, yaitu Sharivan dan Shaider.

Dan tahun 2017, Space Sheriff Gavan tampil kembali dalam V-Cinema berjudul Space Squad. Film tersebut sebenarnya merupakan prolog dari petualangan Gavan selanjutnya, di mana dia akan sering muncul di serial televisi Tokusatsu yang lain, baik sebagai cameo, maupun pemeran utama.





TOKUSOU SENTAI DEKARANGER (特捜戦隊デカレンジャー Tokusō Sentai Dekarenjā)
Dekaranger - atau juga yang lebih dikenal dengan sebutan S.P.D. (Special Police Dekaranger) - adalah franchise serial televisi Super Sentai ke-28 produksi Toei. Serial ini ditayangkan dari tanggal 15 Februari 2004 - 6 Februari 2005 dengan total 50 episode. Berbeda dengan kebanyakan tema cerita super sentai yang melawan para monster yang berencanan menguasai bumi, maka serial Dekaranger justru menceritakan tentang kesatuan Dekaranger yang berhadapan dengan para kriminal yang mengacaukan kedamaian galaksi, termasuk bumi.

Musuh utama yang dihadapi oleh para anggota Dekaranger adalah Agent Abrella (Ryusei Nakao), mahluk ruang angkasa yang juga penjual senjata gelap. Selain menghadapi Abrella, Dekaranger juga berhadapan dengan para kriminal ruang angkasa yang mendapat banyak bantuan persenjataan dari Abrella.

Tokoh utama dalam serial ini adalah Banban Akaza (diperani Ryuji Sainei), seorang polisi muda galaktika yang mendapat pelatihan di ruang angkasa, kemudian ditugaskan ke bumi. Di bumi, dia bergabung dengan SPD (Special Police Dekaranger) yang dipimpin seorang Pemimpin berwajah Serigala bernama Doggie Kruger yang biasa dipanggil "Boss" / Deka Master (dperani Tetsu Inada). Di kelompok SPD tersebut, Banban ditunjuk untuk memimpin Fire Squad. Saat berubah, Banban mengenakan seragam Merah, sehingga dia dipanggil Deka Red.

Para anggota SPD Fire Squad yang dipimpin Banban adalah Hoji Thomas / Deka Blue (Tsuyoshi Hayashi), Senichi Enari / Deka Green (Yousuke Itou), Marika Reimon / Deka Yellow (Ayumi Kinoshita), dan Koume Kodou / Deka Pink (Mika Kikuchi).

Hal unik dalam kelompok Dekaranger adalah : Semua anggota tim pernah dipanggil menurut nama asli mereka, tetapi justru berdasarkan nama julukan.

Banban Akaza dijuluki "Ban".

Hoji Thomas dijuluki "Hoji".

Senichi Enari dijuluki "Sen-Chan".

Marika Reimon dijuluki "Jasmine".

Dan Koume Kodou dijuluki "Umeko".

Dalam perkembangan ceritanya, ketika SPD Fire Squad dihadapkan pada musuh terberat mereka - Three Hells Siblings (ヘルズ3兄弟 Herusu San Kyōdai) dari Planet Reversia - mereka dibantu oleh seorang Dekaranger dari SPD Tokkyou bernama Tekkan Aira / Tetsu (Tomokazu Yoshida), dengan nama julukan "Tetsu" (muncul di episode 26). Saat mengenakan kostum perangnya, Tetsu memperkenalkan dirinya sebagai Deka Break atau Deka VI (Deka 6).
Deka Break / Tetsu

Selain dibantu Tetsu, dalam beberapa kali kesempatan, Dekaranger juga dibantu oleh Boss / Doggy Kruger yang juga bisa berubah menjadi Dekaranger bernama Deka Master. Doggy Kruger adalah Kepala Polisi Galaksi dari Planet Anubis dan terkenal sebagai Pemimpin Polisi Antariksa yang paling disegani sekaligus ditakuti banyak penjahat ruang angkasa. Tidak ada satupun kriminal yang bisa menang jika berhadapan dengannya. Karena itulah dia kemudian mendapatkan gelar "Hell's Guard Dog" (地獄の番犬 Jigoku no Banken ) karena kehebatannya terebut.

Doggy Kruger / Deka Master
Doggy Kruger adalah sahabat dari super sentai Gekisou Sentai Carranger dan Space Sheriff Gavan, karena mereka sama-sama bertarung melawan kriminal dari ruang angkasa.

Selain dibuat dalam bentuk serial televisi, Dekaranger juga dibuat dalam versi layar lebarnya. Tanggal 11 September 2004, diriliskan film Tokusou Sentai Dekaranger The Movie : Full Blast Action. Film berdurasi 39 menit ini menampilkan banyak elemen dari film Mission : Impossible 2, serta beberapa adegan pertarungan gaya film-film Hong Kong garapan Sutradara John Woo.

Kesuksesan serial Dekaranger di Jepang menarik perhatian Jaringan Televisi ABC Family untuk mengadaptasi serial tersebut menjadi serial televisi anak-anak Hollywood berjudul Power Ranger S.P.D. Serial ini dirilis tanggal 5 Februari - 14 November 2005 dengan total 38 episode. Serial ini melanjutkan petualangan Power Rangers Dino Thunder (adaptasi dari serial super sentai Bakuryu Sentai Abaranger) yang berakhir masa penayangannnya di Jaringan Televisi ABC Family tanggal 20 November 2004.

Meski alur dan musuh yang dihadapinya berbeda dengan versi aslinya, Power Rangers S.P.D. meraih kesuksesan yang luar biasa saat ditayangkan di Amerika Serikat.

Berbeda dengan serial super sentai pada umumnya, Dekaranger menjadi satu-satunya serial Super Sentai yang menampilkan semua karakter perempuannya menikah.
Tokusou Sentai Dekaranger : 10 Years Later

Dalam film Tokusou Sentai Dekaranger : 10 Years After (特捜戦隊デカレンジャー 10 YEARS AFTER Tokusō Sentai Dekarenjā Ten Iyāzu Afutā ) - yang dirilis Toei sebagai peringatan 10 tahun kesuksesan Dekaranger (dirilis tanggal 7 Oktober 2015) - Jasmine dikisahkan menikah dengan salah seorang rekannya dari Akademi Polisi Antariksa bernama Hikaru Hiwatari.

Sedangkan dalam film Space Squad, giliran Umeko yang menikah dengan rekan satu kelompoknya, yaitu Sen-Chan. Pernikahan mereka sempat diganggu oleh Geki Jumonji / Gavan yang tiba-tiba datang menghentikan acara pernikahan dan meminta bantuan Jasmine untuk mencari Shelly yang diculik oleh kelompok Genmaku yang dipimpin Mad Gallant.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment