Recommended Korean TV Series - DESERVING OF THE NAME (명불허전)


Judul TV Series : Deserving of the Name
Ditayangkan      : tvN
Pemeran             : Kim Nam Gil, Kim Ah Joong, Moon Ga Young, Yoo Min Kyu
Tanggal tayang  : 12 Agustus - 1 Oktober 2017
Total episode     : 16

Ini adalah salah satu serial Korea Selatan yang cukup menarik, kocak, sekaligus bikin penasaran. Saat ini masih tayang di tvN, serial ini mengisahkan tentang seorang Ahli Akupuntur bernama Heo Im (Kim Nam Gil)  yang hidup di masa Joseon. Di masa itu, dia adalah seorang ahli akupuntur yang sangat hebat. Setiap hari puluhan orang mengantri untuk diobati olehnya. Dengan teknik akupuntur yang dimilikinya, Heo Im selalu bisa menyembuhkan penyakit berat apapun.

Meski tampak sebagai Ahli Akupuntur yang selalu ingin membantu orang, tetapi nyatanya Heo Im adalah orang yang egois dan tidak terlalu perduli dengan pasiennya. Justru dia lebih suka mengobati para pejabat, karena dia bisa mendapatkan banyak uang dari pejabat yang menjadi pasiennya tersebut.

Sementara itu, di dunia masa kini, hiduplah seorang dokter wanita ahli bedah jantung bernama Choi Yeon Kyung (Kim Ah Joong). Meski keluarganya adalah Ahli Akupuntur, tetapi dia sendiri tidak suka pengobatan tradisional tersebut, lantaran ibunya meninggal saat diobati Kakeknya menggunakan teknik akupuntur.

Satu ketika, Heo Im terbunuh dan jatuh ke sungai. Namun entah bagaimana, dia tiba-tiba hidup kembali di dunia masa kini. Saat dibawa ke rumah sakit, Heo Im bertemu dengan Yeon Kyung. Awalnya Yeon Kyung mengira Heo Im sebagai orang yang mengalami gangguan jiwa karena perilaku dan pakaiannya yang aneh. Tetapi setelah melihat Heo Im mengobati salah seorang pasiennya dengan menggunakan teknik akupuntur, Yeon Kyung mulai ragu kalau Heo Im adalah orang gila.

Serial ini cukup menarik untuk disimak, karena mengulas dunia medis modern dengan tradisional. Meski beberapa hal akupuntur yang ditampilkan di serial ini terlihat berlebihan (misalnya penggunaan jarum akupuntur sebesar gaban), namun teknik yang digunakan adalah teknik tradisional yang sangat akurat.



DO YOU KNOW? 
Meski karakter Heo Im / Heo Bong Tak adalah karakter rekaan. Tetapi sebenarnya karakter ini terinspirasi dari Dokter Kerajaan bernama Heo Jun (허준) yang hidup di tahun 1539 - 1615. Lahir sebagai keturunan dari Klan Yancheon Heo, Heo Jun sudah mengabdi pada Keluarga Kerajaan Raja Seonjo (26 November 1552 - 16 Maret 1608) pada saat dia berusia 29 tahun.

Selama menjadi Dokter Kerajaan, Heo Jun menulis beberapa buku pengobatan. Dari sekian banyak buku yang ditulisnya, salah satunya yang paling terkenal adalah Dongui Bogam (Cermin Pengobatan dari Timur), yang merupakan catatan tetnang obat dan pengobatan tradisional Korea. Buku Dongui Bogam dengan cepat dikenal di seluruh kawasan Asia (Tiongkok, Jepang, serta Vietnam) dan menjadi buku Pengobatan Tradisional Klasik yang masih digunakan praktisi akunpuntur Asia hingga hari ini.

Selain bekerja untuk Keluarga Kerajaan, Heo Jun juga diberi kebebasan untuk melayani masyarakat umum. Karena itu, di waktu senggangnya, Heo Jun mengambil waktu untuk memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar.

Kisah hidup Heo Jun sudah sering diadaptasi ke dalam serial televisi dan film layar lebar Korea Selatan. Serial paling anyar yang menampilkan karakter ini adalah serial televisi Mirror of the Witch yang tayang di JTBC TV tahun 2016 silam. Dalam serial tersebut, aktor Yoon Shi Yoon dipercaya untuk memerani karakter Heo Jun.

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment