Recommended TV Series - STRIKE (2017 - onward)



Judul TV Seri     : Strike
Ditayangkan        : BBC
Pemeran              : Tom Burke, Holliday Grainger, Logan Kerr, Killian Scott
Tanggal tayang    : 27 Agustus 2017 
Total Episode      : 7

Tidak banyak yang tahu kalau J.K Rowling - Novelis Inggris pembuat karya sukses Harry Potter - juga membuat novel dewasa bertemakan detektif. Ya, di tahun 2003 silam, Rowling menulis sebuah novel detektif berjudul The Cuckoo's Calling dan merilisnya dengan menggunakan nama samaran Robert Galbraith.

Novel itu sukses luar biasa, sehingga Rowling kemudian merilis lagi beberapa seri lanjutan The Cuckoo's Calling, dan serial tersebut dikenal para pembaca dengan nama Cormoran Strike Series (mengacu pada nama tokoh utama serial tersebut, yaitu Comoran Strike).

Atas kesuksesan novel tersebut, BBC - Inggris kemudian merilis novel tersebut menjadi serial televisi berjudul Strike. Serial yang baru tayang beberapa hari silam di jaringan televisi BBC ini mengadaptasi novel The Cuckoo's Calling dan akan dibuat sebanyak 7 episode. J.K. Rawling turut terlibat dalam pembuatan skenario serial ini, serta bertindak sebagai Produser Eksekutif untuk serial ini.

Kisah Strike diawali dengan kasus kematian misterius seorang model terkenal Inggris, Luna Landry (Elarica Johnson). Polisi menduga Luna meninggal karena bunuh diri. Tetapi John Bristow (Leo Bill) - Saudara Sepupu Luna - tidak percaya Luna bunuh diri. Karena itu, dia kemudian mengontak Cormoran Strike (Tom Burke), sahabat kakak Luna yang juga seorang detektif.

Cormoran Strike adalah mantan Pasukan Militer Special Investigation Brach (SIB) yang juga anak dari seorang penyanyi rock terkenal dari Inggris. Saat bertugas di Afganishtan, Strike terkena bom, yang menyebabkan kaki kanannya harus diamputasi. Akibatnya dia tidak dapat lagi menjalankan tugasnya. Sekembalinya di Inggris, dia membuka kantor Detektif Swasta dan menerima pekerjaan dari orang-orang yang membutuhkan bantuannya.
Ki-Ka : Robin Ellacott (Holliday Grainger) dan Cormoran Strike (Tom Burke)

Dibantu Robin Ellacott (Holliday Grainger) - karyawan magang yang kemudian menjadi asisten kepercayaan - Strike menemukan fakta kalau kematian Luna bukanlah kematian yang wajar. Selain mendapat tekanan dari Pengacara Tony Landry (Martin Shaw) - Paman Luna sekaligus pengacara salah seorang saksi mata - yang meminta Strike mundur dari penyidikan, satu-persatu saksi mata tiba-tiba mengubah laporan mereka ke polisi. Bahkan sahabat Luna - Rochelle Onifade (Tezlym Senior-Sakutu) - yang diyakini tahu betul latar belakang penyebab kematian Luna, ditemukan tewas tenggelam di air panas di bathtub dalam apartemennya.

Meski terbilang agak rumit (dan butuh konsentrasi penuh untuk memahami jalan cerita), alur cerita serial Strike terbilang cukup cepat dan tidak memberi kesempatan Penonton untuk beranjak sedetik pun dari tempat duduk. Paparan ceritanya pun sangat lugas dan mengalir dengan asyik, sehingga alur rumit tersebut tidak terasa berat, bahkan masih bisa diikuti.


ABOUT "CORMORAN STRIKE"
Setelah menuntaskan penulisan Harry Potter, J.K. Rowling diam-diam melanjutkan penulisan novel bertema detektif. Proyek penulisan novel detektif itu diduga dimulai sejak tahun 2007, ketika istri Novelis Ian Rankin tidak sengaja memergoki Rowling sedang berada di sebuah kafe membaca buku-buku referensi bertema detektif. Kebetulan saat itu sedang berlangsung Edinburg Book Festival.

Sontak saat itu langsung beredar gosip yang menyebutkan novel J.K. Rowling berikutnya adalah novel bertema detektif. Banyak wartawan yang memburu Rowling dan menanyakan kebenaran kabar itu. Tetapi Rowling bungkam.
J.K. Rowling

Tahun 2013, Penerbit Little Horse menerbitkan novel berjudul The Cuckoo's Calling yang ditulis oleh Robert Galbraith. Little Horse menyebutkan novel tersebut merupakan novel debut Galbraith, yang merupakan "penulis baru". Dalam waktu singkat novel tersebut terjual sebanyak 1,500 kopi. 

India Knight, Penulis dan Kolumnis The Sunday Times mencurigai kalau Robert Galbraith adalah J.K. Rowling. Hal ini dikarenakan Galbraith dan Rowling berasal dari Agensi yang sama. Dia kemudian mengirimkan novel tersebut kepada Ahli Liguistik dan membandingkannya dengan novel Harry Potter yang pernah dibuat Rowling. Hasilnya : gaya tulisan dan bahasa Galbraith memiliki kemiripan yang sangat signifikan dengan tulisan Rowling.

Pada bulan Juli 2013, J.K. Rowling akhirnya secara resmi mengungkapkan kalau Robert Galbraith adalah dirinya. Tujuan penggunaan nama samaran tersebut sengaja dilakukannya untuk membedakan antara tulisannya untuk anak-anak (menggunakan nama aslinya) dengan tulisan untuk dewasa (menggunakan nama samaran).

Pasca berita itu, penjualan The Cuckoo's Calling langsung naik 4000% menjadi 140,000 kopi, dan terus meningkat hingga hari ini.

Robert Galbraith merupakan nama yang diambil J.K. Rowling dari nama Robert Kennedy - Politikus yang dianggap Rowling sebagai "pahlawannya" - serta nama Ella Galbraith, tokoh fiktif buatannya.

Hingga saat ini, petualangan Cormoran Strike telah dibuat sebanyak 4 seri. Seri pertama The Cuckoo's Calling dirilis tanggal 4 April 2013 dan menjadi salah satu novel terlaris di Inggris di masa itu. Novel ini juga meraih penghargaan Best Mystery / Thriller Book di Ajang Penghargaan Los Angeles Times Book Prize (2013), dan kini sedang diadaptasi BBC sebagai mini seri televisi.

Seri berikutnya, The Silkworm dirilis 19 Juni 2014. Sama seperti seri sebelumnya, novel ini pun meraih kesuksesan yang sama. Bahkan novel ini telah direncanakan akan juga menjadi bagian dari serial Strike yang sedang diproduksi BBC saat ini.

Seri ketiga petualangan Cormoran Strike adalah Career of Evil yang dirilis 22 Oktober 2015. Selain sukses secara finansial, novel ini pun masuk nominasi "Best Crime Novel of the Year" di ajang penghargaan Theakston Old Pecullier. Dan sama seperti novel sebelumnya, Career of Evil pun akan menjadi bagian dari serial televisi Strike.

Dan seri keempat Cormoran Strike akan berjudul Lethal White. Rowling sendiri belum mengungkapkan kapan novel tersebut akan dirilis.




NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment