Recommended Movie - Solo : A Star Wars Story

Judul Film            : Solo - A Star Wars Story
Sutradara              : Ron Howard
Pemeran               : Alden Ehrenreich, Woody Harrelson, Emilia Clarke Donald Glover
Tanggal tayang    : 25 Mei 2018

Pada tahun 2016 silam, Lucas Film dan Walt Disney Studio merilis film Rogue One yang merupakan antologi yang sekaligus "cerita sisipan" dari Star Wars Episode IV - New Hope. Film tersebut secara gemilang meraih keuntungan finansial sebesar US$ 1,056 milyar (dibuat dengan dana US$ 265 juta), dan menjadikannya sebagai salah satu film tersukses di masa itu.

Melanjutkan kesuksesan Rogue One, maka di tahun ini Lucas Films dan Walt Disney Studio kembali merilis antologi Star Wars kedua yang juga merupakan prekuel dari Star Wars, berjudul Solo : A Star Wars Story. Berbeda dengan antologi sebelumnya, maka film ini merupakan cerita yang terpisah sendiri dari seluruh cerita Star Wars, di mana film ini akan mengisahkan perjalanan hidup Han Solo Muda (diperani Alden Ehrenreich), dimulai dari latar belakangnya yang unik, hingga perjumpaannya dengan Chewbacca (mahluk mirip beruang yang menjadi sahabatnya) serta Lando Calrisian (sahabat lama Han Solo, sekaligus pemilik Millenium Falcon, pesawat tempur hebat yang kelak menjadi pesawat Han Solo yang digunakan dalam pertempuran melawan Darth Vader).

Dibuat dalam bentuk ala western, film ini mengisahkan tentang Han Solo Muda, yang menjalani hidupnya sebagai seorang penyelundup barang-barang kebutuhan masyarakat galaksi.  Dalam petualangannya, dia berkenalan dengan Wookiee, sesosok mahluk ruang angkasa berbentuk seperti beruang dan Planet Kashyyk.

Awalnya, Han Solo menganggap Chewbacca / Chewie (Jonas Suotamo) hanyalah mahluk bodoh yang tidak bisa apa-apa selain berperang. Tetapi setelah melihat kemampuannya mengendarai pesawat antariksa, Han Solo kemudian mempercayakan Chewbacca untuk menjadi pilot pesawat tempurnya.

Han Solo kemudian berkenalan dengan Tobias Beckett (Woody Harrelson), seorang kriminal sekaligus mentor Han Solo yang mengajarinya teknik bertempur dan bertahan hidup. Solo juga kemudian berkenalan dengan Lanod Calrissian (Donald Glover), penyelundup senior dari dunia bawah tanah di galaksi. Lewat perjumpaan ini, untuk pertama kalinya Han Solo mendapat kesempatan menggunakan pesawat Millenium Falcon milik Lando, yang kelak menjadi milik Han Solo dan digunakan untuk melawan pasukan Darth Vader.

Hingga hari ini, tidak banyak informasi tentang film ini yang dipublikasikan George Lucas ke media. Seperti biasa, hal ini dilakukan sebagai taktik marketing film ini, sehingga membuat banyak orang penasaran dengan ceritanya.



DO YOU KNOW? 
George Lucas menjual skenario Solo : A Star Wars Story ini kepada Walt Disney pada tahun 2012. Naskah pertamanya ditulis oleh Lawrence Kasdan, sahabat George Lucas yang sebelumnya juga menulis skenario untuk Star Wars Episode V : The Empire Strike Back dan Star Wars VI : Return of the Jedi. Sayangnya, karena Kasdan mendapat tugas lain dari George Lucas untuk menuntaskan skenario Star Wars : The Force Awakens, maka dia tidak menuntaskan skenario Solo : A Star Wars Story. Jonathan Kasdan - anak Lawrence Kasdan - kemudian yang merapikan dan menuntaskan skenario tersebut.

Selain proyek antologi film Solo : A Star Wars Story, Walt Disney telah mempersiapkan proyek Antologi Star Wars berikutnya yang akan mengisahkan masa muda Boba Fett. Buat para fans Star Wars, tentu tahu kalau Boba Fett adalah Pemburu Bayaran yang merupakan bawahan Jabba the Gutt dan Darth Vader. Karakter ini pertama kali muncul di Star Wars V : The Empire Strikes Back, dan sejak itu telah menjadi salah satu karakter penting di Star Wars Saga. Belum ada rencana pasti kapan film tentang Boba Fett akan diproduksi dan dirilis. Tapi pihak Walt Disney telah menjelaskan kalau cerita Boba Fett nanti tidak akan ada hubungannya dengan seri Star Wars manapun dan akan menjadi film yang berdiri sendiri.
Ron Howard

Ron Howard adalah Sutradara yang sebelumnya pernah menolak saat diminta menyutradarai film Star Wars Episode 1 - The Phantom Menace (1999). Setelah 19 tahun kemudian, namanya muncul kembali sebagai kandidat utama dalam pembuatan film antologi Star Wars ini. Ron Howard sendiri merupakan sahabat karib sekaligus murid George Lucas saat masih kuliah di Fakultas Perfilman.

NewerStories OlderStories Home

1 comment: