10 Fakta Keren di Balik Kesuksesan Serial Televisi NCIS



NCIS adalah salah satu serial televisi Amerika Serikat paling sukses saat ini. Ketika ditayangkan pertama kali pada tanggal 23 September 2003 di jaringan televisi CBS, NCIS (Naval Criminal Investigative Service) merupakan spin-off dari serial televisi populer JAG (23 September 1995 - 22 Mei 1996; 3 Januari 1997 - 29 April 2005) dan NCIS tidak diperhitungkan bakal melampaui kesuksesan serial JAG. Namun siapa sangka, pasca berakhirnya JAG, NCIS justru meraih kesuksesan luar biasa dan menjadi salah satu serial favorit penonton Amerika Serikat dan dunia hingga hari ini.

Serial hasil kreasil Donald P. Bellisario dan Don McGill ini telah menjadi serial populer yang kini telah menjadi franchise dengan 3 spin-off yang berdiri sendiri. Ketiganya adalah : NCIS (2002 - hari ini), NCIS - Los Angeles (2009 - hari ini), dan NCIS - New Orleans (2014 - hari ini). 

Dari kesemua serial tersebut, NCIS Original masih merupakan yang terpopuler dengan penonton terbanyak hingga hari ini. Dan baru-baru ini, CBS mengumumkan kalau NCIS sudah mendapatkan konfirmasi diproduksi untuk Season ke-16 yang akan tayang tahun 2019 mendatang.

Dalam meraih kesuksesan ini, tidak sedikit hambatan yang sudah dilalui oleh para kru NCIS dalam mewujudkan setiap episode serial ini. Banyak hal yang pernah dihadapi mereka, dan nyaris membuat produksi NCIS sempat nyaris berhenti. Namun berkat kerja sama yang solid di antara mereka, NCIS akhirnya bisa terus berjalan hingga hari ini. Berikut ini saya hadirkan 10 Fakta Keren di balik kesuksesan serial televisi NCIS.


1.  FAKTA TENTANG PAULEY PERRETTE 
Penggemar NCIS tentu sangat familiar dengan karakter Abby Sciuto, salah seorang anggota NCIS yang juga Ilmuan Forensik. Gayanya yang "gothic" banget sekaligus konyol (sesekali terlalu blak-blakan) dengan cepat mendapat perhatian dari para penonton pria yang langsung mengidolakan dirinya.

Pemeran di balik karakter unik ini adalah Pauley Perrette. Dia telah memerani karakter ini sejak tahun 2002, saat NCIS pertama kali dirilis. Karakter Abby sebelumnya pernah diperkenalkan di serial JAG sebagai perkenalan sebelum karakter ini menjadi bagian dari NCIS.

Meski memainkan karakter yang tampak tidak serius, tetapi dalam dunia nyata, Pauley adalah sosok yang sangat luar biasa. Lahir di New Orleans tanggal 27 Maret 1969, Pauley sudah menunjukkan kecerdasannya yang luar biasa. Bahkan saat kuliah, dia mengambil jurusan "Criminal Justice" di Valdosta State University, Valdosta, Georgia. Pasca lulus kuliah, Pauley bahkan melamar di FBI sebagai Staf Forensik. Untungnya, sebelum menerima pekerjaan di FBI, dia mendapat tawaran untuk memerani karakter Abby yang secara kebetulan sesuai dengan kepribadiannya. Maka Pauley pun menerima ajakan bermain serial televisi tersebut, dan dia pun dikenal dunia sebagai Abby Sciuto hingga hari ini.

Sayang, tanggal 15 Mei 2018 mendatang akan menjadi hari terakhir Pauley bergabung dengan serial televisi yang telah membesarkan namanya. Episode 15 Season 15 NCIS yang akan tayang di tanggal tersebut akan mengisahkan Abby yang tewas ditembak orang tidak dikenal.

Pasca berhenti dari NCIS, Pauley berencana untuk terus berkarier di dunia film, sekaligus menjalankan bisnis toko kuenya (Donna Bell's Bake Shop) yang terletak di Manhattan, New York City.



2.  PERSETERUAN DONALD P.BELLISARIO DAN MARK HARMON
Tidak banyak orang yang tahu kalau kreator NCIS Donald P. Bellisario pernah berseteru dengan Pemeran Utama NCIS Mark Harmon. Akhir dari perseteruan ini pun cukup mengejutkan : Mark Harmon "mengusir" Donald P. Bellisario dari NCIS.

Kabar tidak sedap ini terjadi tahun 2007, ketika Mark Harmon berseteru dengan Donald P. Bellisario dikarenakan ketidakpuasan Mark Harmon dengan cara kerja managerial Donald yang sangat berantakan. Pertengkaran mereka berujung pada pilihan yang memberatkan Jaringan CBS selaku pemilik hak tayang serial NCIS : produksi NCIS berhenti atau Donald P. Bellisario keluar dari produksi NCIS.

Akhirnya CBS memutuskan untuk mengeluarkan Donald P. Bellisario.

Pasca keluarnya Donald P. Bellisario dari produksi NCIS, secara mengejutkan rating NCIS menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini berdampak para kualitas setiap episode NCIS yang sangat baik hingga hari ini.



3. AWALNYA PEMERAN UTAMA NCIS BUKAN MARK HARMON ....
Aktor Don Johnson sebenarnya adalah kandidat utama untuk memerani karakter Leroy Gibbs di serial NCIS. Sayang, Don Johnson menolak tawaran itu.

Peran Agen Leroy Gibbs kemudian ditawarkan ke Aktor Scott Bakula. Sayangnya, Bakula pun menolak karakter itu.

Barulah kemudian karakter itu ditawarkan kepada Mark Harmon, yang kemudian menerimanya. Dan seperti yang kita ketahui, kini Mark Harmon sukses memerani karakter Leroy Gibbs.



4. MICHELLE OBAMA PERNAH TAMPIL DI NCIS
Sepanjang 20 tahun masa produksinya, NCIS sering menampilkan selebritis dan pejabat Amerika Serikat sebagai cameo atau bintang tamu. Nah, salah satu yang paling menarik adalah saat Michelle Obama, istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, tampil di salah satu episode NCIS.

Episode itu ditayangkan tanggal 3 Mei 2016. Dalam serial tersebut, dikisahkan tim NCIS harus menyidiki kasus pembunuhan yang terjadi di Gedung Putih. Untuk itu mereka melakukan penyidikan di dalam, dengan bantuan dari Ibu Negara Michelle Obama. Episode berjudul "Homefront" tersebut dibuat sebagai penghargaan dan dukungan Pemerintah Amerika Serikat kepada para veteran perang dan keluarganya.

Pengambilan gambar di Gedung Putih merupakan pengalaman pertama bagi kru NCIS.



5. NCIS SERIAL SUKSES YANG TIDAK PERNAH MEMENANGKAN PENGHARGAAN APAPUN
Selama lebih dari 1 dekade penayangan di Amerika Serikat, serial televisi NCIS tidak pernah meraih penghargaan apapun di acara apapun. Ini merupakan fakta yang sangat menarik sekaligus miris, mengingat prestasi serial NCIS bukan main-main.

Berdasarkan catatan Nielsen Rating selama 10 tahun terakhir, NCIS merupakan satu-satunya serial televisi Amerika Serikat yang selalu berada di peringkat pertama Acara Televisi Paling Banyak Ditonton Penonton Amerika Serikat. Posisinya bersaing ketat dengan acara Sunday Night Football dan American Idol yang masih digemari hingga hari ini.

NCIS pernah beberapa kali dinominasikan, baik di ajang People's Choice Awards dan Emmy Awards. Tapi meski masuk banyak nominasi, tidak satu pun penghargaan yang pernah diraih NCIS.



6. SKENARIO UNTUK MARK HARMON
Bagian paling sulit dalam menulis skenario adalah saat menulis bagian untuk Mark Harmon. Mengapa? Karena karakter Leroy Gibbs yang diperaninya adalah karakter yang tidak banyak bicara. Mark Harmon menginginkan karakternya lebih banyak menggunakan aksi non-verbal daripada banyak omong.

Bagi Penulis yang sudah terbiasa menulis skenario untuk karakter Mark Harmon, hal ini tidak masalah. Tetapi seringkali CBS juga menyewa penulis baru yang belum terlalu hafal dengan keinginan Mark Harmon ini. Karena itu, untuk memastikan kalau skenario untuk Mark Harmon sudah sesuai dengan yang diharapkannya, setiap kali skenario selesai dibuat, para penulis berkumpul dan mendiskusikan skenario tersebut. Tindakan ini sering disebut dengan istilah "Gibbs Pass", di mana para penulis - baik Penulis Skenarionya serta para penulis skenario episode NCIS yang lain - berkumpul dan mendiskusikan setiap baris kalimat dan penjelasan tentang karakter Leroy Gibbs.

Apabila mereka menemukan dialog karakter Gibbs di episode tersebut terlalu banyak, maka mereka harus menguranginya, dan mengubahnya menjadi tindakan non-verbal. Cukup rumit dan menyita waktu. Tapi itulah yang dilakukan para penulis NCIS selama 15 tahun terakhir ini.



7. CAF-POW
Dalam setiap episode NCIS, selalu ada adegan Abby Sciuto meminum minuman suplemen energi-kopi yang ada di dalam gelas bertuliskan "Caf-Pow". Minuman itu cukup populer di Amerika, sehingga sudah dijual secara komersial di pasaran.

Meski "diyakini" sebagai minuman suplemen energi yang dicampur kopi, tapi faktanya minuman berwarna merah itu bukan campuran minuman suplemen - kopi apapun, karena pemeran Abby (Pauley Perette) tidak suka minum kopi maupun minuman suplemen. Minuman itu tidak lain adalah jus cranberry tanpa gula.



8. MARK HARMON MEMBUAT NCIS : NEW ORLEANS
Pasca kesuksesan NCIS, Mark Harmon bekerja sama dengan produser Gary Glasberg merilis spin-off berjudul NCIS : New Orleans. Di serial tersebut, Mark Harmon duduk sebagai Executive Producer.

Untuk membuat serial tersebut sukses, Mark Harmon tidak saja ikut berperan dalam proses pembuatannya, tetapi juga termasuk pemilihan pemain (kasting), penentuan lokasi pengambilan gambar, musik yang digunakan dalam serial tersebut, hingga proses promosi.

Bisa dikatakan kesuksesan serial NCIS : New Orleans tidak lepas dari kerja keras Mark Harmon.



9. KKN DI SERIAL NCIS
Mengapa Mark Harmon dan Donald P. Bellisario berseteru? Selain karena masalah managerial Donald P. Bellisario yang dianggap berantakan, aksi KKN juga menjadi salah satu alasan ketidak-sukaan Mark Harmon pada kepemimpinan Donald P. Bellisario.

Di season awal NCIS, Donald memasukkan para anggota keluarganya sebagai pemain dalam serial televisi tersebut. Sebut saja Agen Khusus Timothy McGee yang diperani Sean Murray. Dia tidak lain adalah Anak Angkat Donald Bellisario. Sarah - adik dari Timothy McGee - adalah anak perempuan Donald.

Masih banyak lagi anggota keluarga Donald Bellisario terlibat di serial tersebut : Vivienne Bellisario (istri Bellisario) pernah berperan sebagai kekasih Leroy Gibbs, serta Michael Bellisario (anak Bellisario) pernah berperan sebagai Chip Sterling, salah seorang anggota Laboratorium NCIS.

Jadi jelas kan, mengapa akhirnya CBS memutuskan untuk melepaskan Donald P. Bellisario dan memilih mempertahankan Mark Harmon di serial televisi NCIS?



10. NCIS SESUNGGUHNYA .....
Meski pun NCIS adalah serial televisi fiksi dan diplot sebagai salah satu departemen pemerintah yang terletak di Washington DC, tetapi faktanya NCIS sebenarnya benar-benar ada.

Naval Criminal Investigative Service (NCIS) adalah Agensi Hukum yang dikhususkan untuk melakukan penyidikan dan perlindungan hukum kepada para marinir Amerika Serikat. NCIS sendiri berlokasi di Santa Clarita, California.

Dalam beberapa episode NCIS, gedung utama kantor NCIS yang sebenarnya selalu tampil sebagai gambar latar. Sayangnya, hal ini tidak disadari para penonton hingga hari ini.


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment