China Hot TV Series - SECRET OF THE THREE KINGDOMS (三國機密之潛龍在淵; 2018)



Judul                : Secret of the Three Kingdoms (三國機密之潛龍在淵
Produksi           : Tangren Media
Sutradara          : Patrick Yau dan Cheng Wei Men
Pemeran            : Ma Tian Yu, Elvis Han, Regina Wan, Dong Jie, Sunny Wang
Tanggal tayang : 27 Maret 2018 - sekarang
Total episode    : 54

Samkok atau Three Kingdoms adalah salah satu karya sastra Tiongkok yang paling sering diadaptasi menjadi film atau serial televisi. Meski sudah sangat sering diadaptasi, namun masih banyak orang yang menyukai film maupun serial televisinya.

Baru-baru ini Tiongkok kembali mengadaptasi kisah Samkok ke dalam serial televisi berjudul Secret of the Three Kingdoms. Namun berbeda dengan adaptasi kisah Samkok pada umumnya, serial bertotal 54 episode ini merupakan adaptasi dari novel San Guo Ji Mi  (三国机密 ; Rahasia Tersembunyi dalam Tiga Kerajaan) karya Novelis Ma Bo Yong.
Ceritanya sendiri garis besarnya sama seperti kisah Samkok, namun diambil dari sudut pandang berbeda. Ceritanya mengetengahkan kisah hidup Kaisar Liu Xie, salah seorang Kaisar yang juga terlibat dalam perseteruan Tiga Kerajaan.

Dikisahkan di masa Dinasti Han Timur, selir Kaisar Ling melahirkan sepasang anak kembar : Liu Xie dan Liu Ping (nantinya kedua karakter ini diperani oleh Ma Tian Yu). Sayang, sang selir diracun oleh Permaisuri He (Lin Jing). Pasca kematian selir, Liu Xue dirawat oleh Neneknya, Ibu Suri Dong (Na Ren Hua), sedangkan Liu Ping diasuh oleh keluarga rakyat jelata.

Delapan belas tahun kemudian, Liu Xue diangkat menjadi Kaisar menggantikan ayahnya yang mangkat. Dia pun mendapat gelar Kaisar Xian dari Han. Sayang, pengangkatan Liu Xue hanya akal-akalan saja. Karena pada akhirnya, dia tidak lebih hanya menjadi boneka yang dikendalikan oleh Cao Cao (Tse Kwan Ho) yang kala itu adalah Tuan Tanah dan Abdi Negara, namun memiliki kekuasaan yang sangat besar serta menjadi pengendali pemerintahan yang sebenarnya.

Kaisar kemudian mendapat informasi kalau dia memiliki adik kembar yang diasuh oleh rakyat jelata. Maka dia pun meminta Liu Ping untuk membantunya di kerajaan. Rupanya selama menjadi rakyat jelata, Liu Ping bersahabat dengan Sima Yi (Elvis Han), yang kelak akan menjadi Jendral yang menguasai Wilayah Wei.

Untuk menegakkan kewibawaan kerajaan, Liu Ping - dibantu Sima Yi dan para pengawai setia Suku Han - melakukan perlawanan menentang Cao Cao. Namun perlawanan Liu Ping gagal dan memaksanya untuk mundur. Sebaliknya, Sima Yi tidak gentar dan terus berjuang melawan Cao Cao. Tanpa disadarinya, muncul ambisi Sima Yi untuk menjadi penguasa. Sehingga saat melawan Cao Cao, dia pun melakukan manuver politik untuk menguasai Kekaisaran dan menjadikan Kaisar sebagai alatnya untuk berkuasa.

Satu hal yang menarik adalah serial ini lebih memfokuskan cerita pada karakter Kaisar Liu Xie, yang notabene merupakan karakter yang sangat sedikit diulas di kisah Samkok. Hal ini menjadi "penyegaran" dari cerita Samkok pada umumnya yang biasa mengupas karakter populer seperti Liu Bei, Zhang Fei, Guan Yu, dan Zhu Ge Liang. Selain itu, serial ini pun juga mengangkat karakter Samkok lain yang jarang diulas dalam adaptasi film dan serial televisi Samkok sebelumnya, seperti Tang Ying, Guo Jia, Cao Pi dan Cao Jie (anak dari Cao Cao).

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment