Recommended Movie - RE : BORN (2016)


Judul Film            : Re - Born
Sutradara              : Yuji Shimomura
Pemeran                : Tak Sakaguchi, Yura Kondo, Takumi Saito, Mariko Shinoda
Tanggal tayang     : 25 Juli 2016

Jika Anda suka dengan dwilogi The Raids yang penuh adegan pertarungan berdarah dan sadis, maka sepertinya Anda akan suka dengan film ini. Re: Born merupakan film layar lebar produksi Jepang yang super seru sekaligus sadis. Berdurasi 100 menit, nyaris seluruh film dipenuhi adegan perkelahian yang keren dan sangat apik.

Film ini mengisahkan tentang seorang tentara bayaran berjuluk "Ghost" (Tak Sakaguchi) yang bekerja di bawah kepemimpinan seorang Jendral bernama Phantom. Satu ketika Ghost mendapat tugas untuk menghabisi sebuah keluarga. Pada saat dia harus membunuh seorang anak kecil bernama Sachi, Ghost tidak bersedia melakukannya, dan memilih melarikan diri. Sebagai konsekuensi tindakannya, Phantom menganggap Ghost telah menghianatinya dan dia harus mati.

Ghost pun memilih menyendiri di sebuah desa kecil. Di desa itu, Ghost membuka sebuah mini market kecil. Di sana dia tinggal dengan tenang bersama Sachi. Namun, ketenangan mereka terganggu ketika pasukan Phantom berhasil menemukan keberadaannya. Mereka berusaha menangkap Ghost, tetapi semuanya gagal. Akhirnya Phantom turun tangan dan menculik Sachi.

Tindakan Phantom bagaikan bara api yang disiram bensin. Tanpa pikir panjang, Ghost pun mendatangi Phantom untuk menolong Sachi. Meski dihadang pasukan bersenjata lengkap, Ghost mampu membantai semua anggota Phantom, dan akhirnya membunuh mantan pemimpinnya tersebut.

Meski ceritanya terkesan sederhana, namun sebenarnya tidak terlalu mudah untuk memahami film ini. Terlebih karena 90% film dipenuhi dengan adegan perkelahian, sehingga penonton mungkin tidak lagi memperhatikan alur ceritanya.

Hal yang paling menarik dari film ini adalah aksi perkelahiannya yang terbilang sangat luar biasa. Tak Sakaguchi yang juga sekaligus koreografer perkelahian, berhasil menampilkan adegan perkelahian yang menarik dan keren. Salah satu yang sedikit mengganggu adalah adegan memotong leher. Beberapa kali film ini menampilkan adegan bawahan Phantom yang memotong leher orang. Meski mungkin maksudnya ingin menunjukkan kekejaman Phantom, namun seringkali adegan ini terkesan berlebihan karena sering diulang-ulang.

Meski demikian, secara umum, film ini adalah sebuah film eksyen yang sangat menarik. Pertarungannya keren. Sinematografi film ini pun sangat ciamik dan mengesankan. Dialog dalam film ini tergolong minim. Meski demikian, Anda tidak perlu bingung karena masih tetap bisa memahami alur cerita film, meski dengan dialog yang terbatas.



DO YOU KNOW?
Tak Sakaguchi mengawali karirnya sebagai petarung gaya bebas sejenis MMA (Mixed Martial Arts). Secara tidak sengaja dia berkenalan dengan Sutradara Ryuhei Kitamura yang kemudian mengajaknya bermain film. Debut Tak Sakaguchi bermain film adalah film Versus (2000) di mana di film itu dia berperan menjadi seorang tahanan penjara di masa depan yang melawan zombie. Film itu sukses luar biasa dan membuat nama Tak Sakaguchi dikenal banyak orang. Sejak itu, dia sering diajak bermain di film-film eksyen Jepang.

Tak Sakaguchi
Film Re : Born adalah film terakhir yang diperani Tak Sakaguchi. Pasca pembuatan film ini, Tak berencana untuk tetap bekerja di industri film, namun hanya sebagai pelaku di balik layar saja.

Tak Sakaguchi menguasai banyak ilmu bela diri. Beberapa di antaranya adalah Baijiquan, Shorinji Kempo, Tinju, dan Kick Boxing.

Untuk koregrafi perkelahian di film Re: Born, Tak Sakaguchi menciptakan sendiri teknik bela dirinya. Teknik tersebut dinamainya Zero Range Full Combat, di mana perkelahian dilakukan dalam jarak dekat dengan gerakan cepat dan seminimal mungkin. Teknik ini sebenarnya merupakan pengembangan dari teknik bela diri yang digunakannya saat menjadi Pelatih pasukan Angkatan Laut Jepang.



NewerStories OlderStories Home

4 comments: