Recommended Movie - TRAPPED (2017)


Judul Film         : Trapped 
Sutradara           : Vikramaditya Motwane
Pemeran            : Rajkummar Rao, Geetanjali Thapa 
Tanggal tayang : 17 Maret 2017

Jika Anda menyukai film cerdas tapi dengan alur cerita yang mudah dicerna sekaligus seru, sepertinya Anda akan menyukai film drama-thriller ini. Ceritanya sangat sederhana tapi cukup menohok karena menampilkan keadaan masyarakat masa kini.

Shaurya (Rajkummar Rao), adalah seorang karyawan yang bekerja sebagai staf "Call Center" di sebuah perusahaan. Karena masa depan yang tidak jelas, maka keluarga kekasihnya tidak menyetujui hubungan mereka. Karena itu mereka menjodohkan Noorie (Geetanjali Thapa) - kekasih Shaurya - pada seorang pria kaya-raya.

Noorie menolak penjodohan itu, dan memutuskan untuk kabur bersama Shaurya.

Shaurya - yang saat itu tinggal di kos - tentu tidak mungkin membawa pulang Noorie ke tempat tinggalnya, karena akan menjadi perguncingan orang banyak. Karena itu dia mencari tempat untuk tempat tinggal mereka selama dalam pelarian. Shaurya kemudian menemukan sebuah apartemen mewah yang bangunannya sudah kosong tanpa penghuni. Bangungan itu dikosongkan karena izin bangunannya bermasalah.

Dengan hanya dijaga 1 orang Petugas Keamanan, Shaurya berhasil menyelinap dan memasuki sebuah kamar apartemen. Celakanya, Shaurya justru terkunci di dalam apartemen itu. Dia tidak bisa membuka kunci pintu apartemen yang hanya bisa dibuka dengan kartu khusus. Dia pun tidak bisa keluar dari apartemen itu karena kamar itu terletak di lantai yang cukup tinggi.

Seminggu lamanya Shaurya terkurung di dalam apartemen tersebut, tanpa air, makanan, dan listrik. Untuk bertahan hidup, dia hanya bisa makan kecoak, semut, dan burung merpati yang kebetulan hinggap di rumah itu. Air minum didapatnya dari air hujan yang ditadahnya dalam sebuah baskom kecil.

Setelah lebih dari seminggu, Shaurya nekat turun dari apartemen itu dengan menggunakan kain penutup jendela. Dalam kondisi lemah, dia berhasil turun ke lantai dasar dan jatuh pingsan. Shaurya ditemukan oleh Satpam Apartemen yang segera membawanya ke rumah sakit.

Seminggu kemudian - setelah kesehatannya pulih - Shaurya mengunjungi Noorie yang ternyata  telah menikah dengan pria yang dijodohkan keluarganya. Noorie mengira Shaurya pergi meninggalkannya, sehingga dia memutuskan menerima pinangan pria yang dijodohkan padanya.

Yang lebih mengecewakan lagi, saat dia kembali bekerja, tidak seorang pun dari teman kerjanya yang perduli padanya. Bahkan tidak seorang pun yang menyadari kalau Shaurya tidak masuk kerja selama 2 minggu, karena mereka semua terlalu "sibuk" dengan urusan dan kehidupan pribadi mereka sendiri.



DO YOU KNOW? 
Kisah Trapped merupakan hasil karya pertama penulis skenario Amit Joshi. Ide ceritanya diambil dari kejadian yang diami Joshi saat memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya sebagai staf di sebuah perusahaan telekomunikasi untuk kemudian menjadi Penulis Skenario. Satu ketika, tanpa sengaja Joshi terkunci di dalam apartemennya dan tidak bisa keluar selama 1 jam.
Amit Joshi

Saat pencarian lokasi shooting, Asisten Sutradara Prabhadevi menemukan sebuah gedung apartemen berlantai 30 yang terbengkalai dan terletak di Mumbai. Gedung tersebut tidak diizinkan Pemerintah untuk digunakan karena perizinan pembangunannya bermasalah. Setelah bernegosiasi dengan pemilik gedung dan Pemerintah setempat, para kru akhirnya diizinkan untuk menggunakan gedung tersebut sebagai lokasi shooting film.

Shooting film dilakukan di lantai 30 dari gedung tersebut. Masalahnya, lift di gedung tersebut hanya berfungsi hingga lantai 25 saja. Selebihnya, pada kru harus menaiki tangga. Karena itu, setiap hari para kru menaiki tangga membawa semua keperluan untuk shooting. Bahkan sempat beberapa kali lift gedung bermasalah dan tidak bisa digunakan, sehingga para kru harus menaiki tangga dari lantai dasar menuju ke atas sambil menenteng alat-alat shooting. Sunggu melelahkan....!!!

Proses pengambilan gambar dilakukan selama 20 hari dengan mengikuti urutan skrip. Pengambilan gambar menggunakan format digital video. Sutradara Motwane tidak ingin filmnya dibuat dengan gambar lebar (wide screen aspect ratio) karena dia ingin menciptakan suasana yang padat sehingga menimbulkan perasaan claustrofobia (ketakutan berada di dalam ruangan tertutup).

Untuk mempersiapkan dirinya memerani karakter Shaurya, Rajkummar Rao melakukan diet super ketat agar tubuhnya terlihat sangat kurus dan kurang gizi. Untuk diet, dia hanya makan sebatang wortel dan segelas kopi setiap harinya. Meski Rao aslinya adalah vegetarian, tetapi dalam film Trapped, Rao harus makan daging (daging tikus dan merpati). Dan di film inilah Rao mengakui baru pertama kali makan daging.

Semua adegan selama Shaurya terjebak di dalam apartemen merupakan hasil improvisasi Rao. Adegan tersebut sama sekali tidak pernah dilatih sebelumnya, dan semuanya tidak tertuang dalam skrip sama sekali.
Alokananda Dasgupta
Dalam film ini terdapat 4 lagu yang digunakan sebagai latar belakang film. Keempat lagu itu merupakan ciptaan Alokananda Dasgupta, Komposer Wanita yang cukup terkenal dan sering membuat lagu untuk film-film populer India, seperti Udan (2010), Aisha (2010), dan No One Killed Jessica (2011), dan Chillar Party (2011). Lirik lagu dibuat oleh Rajeshwari Dasgupta. Album Soundtrack Trapped mendapat respon yang sangat positif dari para kritikus dan pendengar, terutama lagu "Dheemi" dan "Hai Tu".

Film Trapped mendapatkan respon yang positif dari para kritikus. Ketika dirilis pun, film ini langsung menjadi jawara box-office dan berhasil mengalahkan film Beauty and the Beast (2016) yang waktu itu ditayangkan bersamaan dengan film ini.

Selain sukses secara finansial, film ini pun meraih berbagai penghargaan bergengsi di Filmfare Awards, termasuk Critics Award for Best Actor (Rao), Best Sound Design (Anish John), dan Best Editing (Nitin Baid).
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment