Mengapa 10 Sekuel Film Box Office ini Tidak Pernah dibuat? Ini Alasannya ....

Ketika sebuah film merajai tangga box-office dunia dan menghasilkan keuntungan finansial luar biasa, adalah hal jamak jika kemudian dibuat sekuelnya. Namun tidak semua sekuel tersebut berhasil direalisasikan. Bahkan ada yang hanya sampai pada "wacana forever" saja. Selanjutnya, tidak ada kelanjutan ceritanya.

Berikut ini adalah 10 film box office yang awalnya akan dibuat sekuelnya. Namun dengan berbagai pertimbangan, sekuel film tersebut tidak pernah diproduksi. Meski banyak fans yang meminta film tersebut diproduksi, tetapi permintaan mereka tidak pernah terlaksana. Mengapa?

1. E.T. 2 : Noctural Fears
Film E.T. (Extra Terrestrial) adalah salah satu film box-office legendaris karya Sutradara Steven Spielberg. Film yang dirilis tahun 1982 ini tidak saja mengangkat nama Steven Spielberg sebagai Sutradara Terbaik Dunia, tetapi juga mengangkat popularitas para artis pendukung film tersebut yang kala itu masih anak-anak (Henry Thomas, Dee Wallace, dan Drew Barrymore). Selain itu, film ini pun menjadi salah satu film dengan penghasilan terbesar di masa itu (dibuat dengan biaya US$ 10.5 juta, film ini mampu meraup keuntungan hingga US$ 792.9 juta). Hal lain yang lebih membanggakan lagi : Film ini mendapat pengakuan dari para penonton dan kritikus film sebagai salah satu Film Terbaik Yang Pernah Dibuat. Film ini pun juga tercatat di National Film Registry sebagai Film Estetika Terbaik. Bahkan hingga hari ini, film E.T. masih memiliki banyak penggemar, dan disukai oleh penonton muda masa kini.

Dengan berbagai prestasi yang diraih film ini, sangat wajar jika kemudian ada rencana untuk membuat sekuel film ini. Steven Spielberg pernah terpikir untuk membuat sekuel film ini. Beberapa bulan setelah E.T. dirilis dan sukses, pada bulan Juli 1982, Spielberg dan Melissa Mathison - penulis skenario E.T. - pernah berdiskusi dan membicarakan tentang kemungkinan untuk membuat sekuel ET. berjudul E.T. 2 : Noctural Fears.

Konsep ceritanya pun telah dibicarakan, di mana film tersebut akan melanjutkan kisaha dari film pertama. Di lanjutan cerita film tersebut nantinya, dikisahkan Elliott (karakter utama film tersebut) dan kawan-kawannya diculik oleh mahluk ruang angkasa misterius. Saat diculik, Elliott berusaha mengontak E.T. - sahabatnya dari ruang angkasa - untuk menolong dan menyelamatkannya.

Setelah melakukan diskusi yang sangat panjang, akhirnya Spielberg memutuskan untuk tidak membuat sekuel tersebut. Menurutnya, E.T. sudah menjadi legenda dan tidak ada alasan baginya untuk merusak imej tersebut dengan menghadirkan sekuel E.T.

Karena itulah hingga hari ini, meski merupakan film box-office, E.T. tidak pernah - dan tidak akan - dibuat sekuelnya.



2. THE BODYGUARD 2
Pada tahun 1992, film The Bodyguard karya sutradara Mick Jackson dan diperani Kevin Costner dan Whitney Houston menjadi film box-office dengan meraup keuntungan finansial sebesar US$ 411 juta (dibuat dengan biaya US$ 25 juta). Film ini tidak saja sukses secara finansial, namun juga menjadi film klasik yang dibuat versi drama panggungnya. Selain itu, lagu-lagu yang ada di dalam film tersebut (I Will Always Love You, I Will Run To You, Queen of the Night, I'm Every Woman, dan I Have Nothing, dinyanyikan oleh Whitney Houston) menjadi lagu yang sangat populer. Bahkan album Original Soundtrack film ini terjual hingga lebih dari 45 juta di seluruh dunia.

Melihat kesuksesan yang luar biasa tersebut, Kevin Costner - selaku salah satu Produser film The Bodyguard - berencana untuk membuat sekuel film tersebut. Skrip ceritanya pun sudah disiapkan. Adapun garis besar ceritanya : sekuel tersebut akan melanjutkan tugas Frank Farmer (diperani Kevin Costner) sebagai Penjaga Para Selebritis. Dan selebritis yang akan dilindunginya adalah Putri Diana dari Kerajaan Inggris. Kevin Costner sendiri sudah menghubungi Putri Diana untuk menjadi pemeran utama sekuel filmnya tersebut. 

Sayang, proses pembuatan skenarionya berjalan cukup lama. Dan ketika skenario sudah selesai dibuat, Putri Diana meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas (31 Agustus 1997). Pasca kematian Putri Diana, tidak ada lagi kelanjutan pembicaraan sekuel The Bodyguard.



3. GLADIATOR 2
Gladiator adalah salah satu film epik-kolosal karya sutradara Ridley Scott yang sangat populer. Diperani Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Oliver Reed, dan Richard Harris, film yang dirilis tahun 2000 ini mengisahkan tentang Jendral Romawi Maximus Decimus Meridius (Crowe) yang dihianati Commodus (Phoenix), anak dari Kaisar Marcus Aurelius. Setelah hidup terasing dan menjadi budak, Maximus kembali ke Roma menjadi Gladiator agar bisa mendekati Commodus untuk membalaskan dendam masa lalunya.

Film yang dibuat dengan biaya US$ 103 juta, meraup keuntungan hingga US$ 457 juta. Selain itu, film ini juga meraih penghargaan Oscar untuk kategori Best Picture dan Best Original Score. Film Gladiator menjadi film yang mengangkat kembali tren film-film bertema epik-sejarah. Pasca kesuksesan film tersebut, banyak film-film bertema sejenis yang kemudian dirilis (Troy, King Arthur, Alexander, 300, dan Robin Hood) dan meraih kesuksesan yang sama.

Hasil yang diperoleh Gladiator, mendorong Produser Douglas Wick membuat kelanjutan dari film tersebut. Pada tahun 2001, dia mempertimbangkan untuk membuat prekuel. Namun setahun kemudian, Wick mengubah rencananya dan berniat membuat sekuel Gladiator yang mengisahkan kondisi Roma 15 tahun pasca kematian Maximus. Crowe sendiri tertarik jika kisah Gladiator melanjutkan perjuangan Maximus di dunia orang mati.

Tahun 2006, Ridley Scott mengungkapkan kalau terjadi perbedaan paham antara dirinya, Crowe, dan DreamWork dalam proses pembuatan skenario Gladiator 2. DreamWork sendiri menginginkan kisah sekuel film tersebut mengisahkan tentang Lucius, anak Maximus dan Lucilla (anak Sulung Kaisar Marcus Aurelius). Ide ini ditentang oleh Crowe, yang selanjutnya menolak melanjutkan proyek Gladiator 2.

Hingga hari ini, rencana pembuatan Gladiator 2 masih sebatas wacana. Ridley Scott masih mencari formula yang tepat untuk sekuel Gladiator. Sedangkan Crowe sepertinya sudah kehilangan minat melanjutkan proyek tersebut, termasuk memerani karakter Maximus kembali. Dan di sisi lain, penonton pun sudah tidak punya antusias lagi menonton film epik-kolosal.



4.  SPEED 3
Speed adalah film eksyen super seru yang mengangkat nama 3 artis Hollywood ini menjadi artis papan atas Hollywood : Keanu Reeves, Sandra Bullock, dan Jan de Bont. Keanu Reeves dan Sandra Bullock waktu itu adalah artis yang kurang diperhatikan oleh Hollywood. Namun berkat film ini, nama mereka melejit dan menjadi super-star dunia. Sedangkan Jan de Bont awalnya hanya dikenal sebagai Asisten Sutradara. Film Speed adalah film pertama yang disutradarainya. Berkat film ini pun nama Jan de Bont melejit menjadi Sutradara Papan Atas.

Film Sped dibuat dengan biaya US$ 30 juta dan secara mengejutkan mampu meraup keuntungan hingga US$ 350 juta.

Speed berkisah tentang polisi LAPD Jack Traven (Reeves) berusaha menyelamatkan para penumpang sebuah bis yang sedang melaju kencang. Bis tersebut dipasangi bom oleh seorang terorirs bernama Howard Payne (Hooper) dan menuntut negara membayar uang tebusan US$ 3 juta. Apabila melaju kurang dari 50 mil perjam atau ada polisi yang mencoba mendekati, maka bis itu akan meledak.

Pasca kesuksesan film Speed, sekuel berjudul Speed 2 : Cruise Control dibuat dan dirilis tahun 1997. Sayang, film yang disutradarai Jan de Bont dan diperani Sandra Bullock tersebut gagal mengulangi sukses film sebelumnya. Banyak pihak menduga kegagalan film ini disebabkan oleh ketidaksertaan Keanu Reeves di film tersebut, dan perannya digantikan oleh Jason Patric.

Meski gagal menjadi film box office - bahkan meraih 8 penghargaan Razzie Award (termasuk penghargaan "Worst Remake or Sequel") - hal ini tidak membuat produser film ini patah arang. Mereka ternyata masih berharap untuk bisa membuat sekuel Speed kembali dengan menghadirkan semua pendukung seri pertama film Speed.

Pada tahun 2008, Dannis Hopper pernah menyebutkan kalau dirinya telah dihubungi 20th Century Fox - selaku produser sekaligus distributor film Speed - untuk bergabung dan bermain di sekuel Speed. Hal yang sama juga disampaikan Keanu Reeves dan Sandra Bullock. Namun hingga Dennis Hopper meninggal dunia tanggal 29 Mei 2010, rencana pembuatan Speed 3 tidak pernah ada lagi kelanjutannya.



5. WANTED 2
Film adaptasi dari komik berjudul sama karya karya Mark Miller dan J.G. Jones ini merupakan salah satu box-office di tahun 2009. Disutradarai Timur Bekmambetov, dengan Angelina Jolie, James McAvoy, dan Morgan Freeman sebagai pemeran utamanya, film ini mengisahkan tentang Wesley Gibson (McAvoy), seorang Manager Keuangan yang baru menyadari kalau dirinya adalah anak dari seorang Pembunuh Bayaran Profesional. Dia kemudian diajari untuk menjadi Pembunuh dan Penembak Jitu yang mampu menembak dari jarak yang super jauh dan dari sudut yang tidak masuk akal.

Dibuat dengan biaya US$ 74 juta, film ini mampu meraup keuntungan hingga US$ 341 juta.

Sebenarnya ide pembuatan sekuel film ini sudah dibahas jauh sebelum film Wanted dirilis. Ketika proses pembuatan film masih berlangsung, Sutradara Timur Bekmambetov sudah memikirkan untuk membuat sekuelnya. Namun Komikus Mark Miller keberatan dengan rencana itu, sehingga Bekmambetov memutuskan untuk tidak melibatkan Mark Miller dalam proses pembuatan sekuel tersebut.

Proses pembuatan sekuel tersebut ternyata cukup bertele-tele, sampai-sampai terjadi pergantian Penulis Skenario terus-menerus karena adanya perbedaan pendapat antara Produser, Sutradara Bekmambetov, dan para Penulis. Bahkan hingga tahun 2014, skenario belum juga kelar dibuat, sehingga banyak orang yang tidak yakin kalau pembuatan sekuel tersebut benar-benar akan terjadi.



6.  THE GOONIES 2
Tahun 1985 silam, Sutradara Richard Donner merilis sebuah film petualangan yang hampir semua pemeran utamanya anak-anak : Sean Astin, Josh Brolin, Jeff Cohen, Corey Feldman, Ke Huy Quan, dan Kerri Green. Seperti yang Anda ketahui, sebagian pemeran tersebut kini telah menjadi Aktor Papan Atas Hollywood.

Film yang dibuat dengan biaya US$ 19 juta tersebut berhasil meraup keuntungan sebesar US$ 61 juta. Meski bukan sebuah film box-office, tetapi film ini memiliki basis penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Berkat film ini, Kota Astoria, Oregon, Amerika Serikat - yang menjadi lokasi pengambilan gambar film tersebut - menjadi sangat populer serta menjadi pusat pariwisata Oregon hingga hari ini. Selain itu, pada tahun 2017, film The Goonies dinyatakan National Film Registry sebagai "Bagian Preservasi Sejarah Amerika Serikat".

Pasca kesuksesan film itu, banyak gosip yang menyebutkan kalau film tersebut akan segera dibuat sekuelnya. Gosip ini cukup unik, karena Richard Donner berkali-kali mendengungkan rencana ini, tetapi berkali-kali pula dibantah oleh Warner Bros, selaku pemilik hak dan lisensi produk The Goonies.

Pada tahun 2008, Sean Astin kembali memunculkan isu rencana perilisan sekuel The Goonies, dan menyebutkan kalau saat ini skripnya sudah selesai serta dalam proses kasting. Namun kabar itu dibantah Corey Feldman.

Namun di tahun 2010, dalam acara televisi The Making of a Cult Classic : The Unauthorized Story of The Goonies, Richard Donner kembali memunculkan kabar kalau sekuel The Goonies sudah dipastikan akan segera diproduksi, dan semua pemeran film The Goonies sudah setuju untuk bermain lagi di film yang membesarkan nama mereka tersebut. Bahkan pada tahun 2014, Donner kembali menyebutkan sekuel The Goonies sudah dalam proses produksi.

Sayang ..... hingga hari ini belum ada konfirmasi lebih lanjut, apakah sekuel The Goonies sudah rampung dibuat. Banyak orang meyakini, sekuel tersebut tidak akan pernah dibuat karena semua pendukung film The Goonies sudah berumur dan sudah tidak cocok lagi memerani karakter mereka di sekuel tersebut.



7. INCEPTION 2
Setelah merilis trilogi Dark Knight, Sutradara Christopher Nolan kenbali menggebrak dunia dengan film Inception yang dirilis tahun 2010. Film yang diperani Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Tom Hardy, Tom Berenger, dan Michael Caine tersebut mengisahkan aksi pencurian informasi yang dilakukan di bawah alam sadar manusia.

Film yang penuh adegan indah yang memanjakan mata tersebut dibuat dengan biaya US$ 160 juta dan menjadi salah satu box-office dunia dengan meraup keuntungan sebesar US$ 828 juta.

Sangat wajar jika kemudian banyak orang berharap jika film tersebut dibuat sekuelnya. Meski menjadi salah satu film pencetak uang, namun Nolan tidak berniat untuk membuat sekuel filmnya tersebut. Saat ini dia sedang disibukkan proses pembuatan ulang film Opera Ruang Angkasa 2001: A Space Odyssey (1968) serta proyek bersama Quay Brothers. Dengan kesibukan yang sangat padat, mungkin sekuel Inception belum terpikirkan olehnya. Tapi siapa tahu.... Lima atau tujuh tahun lagi Nolan bisa saja berencana membuat sekuelnya. Siapa tahu ....



8. TWINS 2 : TRIPLETS 
Twins merupakan film komedi arahan sutradara Ivan Reitman yang dirilis tahun 1988. Film ini merupakan film komedi pertama yang diperani Arnold Schwarzenegger dan merupakan kali pertama pula dia berpasangan dengan aktor Danny DeVito. Keduanya berperan sebagai saudara kembar yang terpisah saat dilahirkan, kemudian bertemu lagi saat sudah dewasa. Kerja sama Arnold dan Danny menghasilkan kemestri yang sangat baik, sehingga menghasilkan film komedi kocak yang sangat keren. Tidak heran jika film yang dibuat dengan biaya US$ 11 juta ini mampu meraup keuntungan hingga US$ 216 juta dalam tempo satu minggu sejak ditayangkan.

Wajar jika banyak orang yang berharap film ini dibuat sekuelnya. Hal yang sama juga diharapkan Universal Studio - yang menjadi distributor film tersebut - yang mengharapkan film ini ada sekuelnya. Maka pada tahun 2012, ketika Ivan Reitman mengajukan sekuel Twins berjudul Twins 2 : Triplets, Universal Studio segera menyetujuinya.

Masalahnya, sekuel tersebut mengisahkan kalau Arnold Scharzenegger dan Danny DeVito akan mendapatkan kalau mereka punya saudara perempuan, yang rencananya akan diperani oleh Roseanne Barr. Ide ini kurang mendapatkan tanggapan yang positif dari banyak pihak, sehingga ceritanya diubah, di mana saudara Arnold dan Danny adalah pria berkulit hitam yang rencananya akan diperani Eddie Murphy. Lagi-lagi ide ini mendapat tanggapan yang kurang positif.

Urusan alur cerita masih belum selesai, dan tampaknya masih berlanjut hingga hari ini. Jadi belum bisa dipastikan kapan Twins 2 : Triplets akan diproduksi (atau benarkah akan diproduksi).



9. MRS DOUBTFIRE 2
Di tahun 1993, film karya sutradara Chris Columbus ini menjadi film sukses yang luar biasa. Diperani Robin Williams, Sally Field, Pierce Brosnan, dan Havery Fierstein, film ini mengisahkan tentang Daniel Hillard (Robin Williams) - seorang artis dan pengisi suara - yang mencoba dekat dengan istri dan anak-anaknya, yang saat itu sudah berpisah dengannya serta sedang menjalani proses perceraian. Untuk bisa dekat, Daniel menyamar sebagai pengasuh rumah tangga bernama Euphegenia Doubtfire, atau dipanggil Mrs Doubtfire.

Drama komedi ini tidak saja sukses secara finansial (dibuat dengan dana US$ 24 juta, dan meraup keuntungan sebesar US$ 441 juta), tetapi berhasil juga menggondol Piala Oscar untuk kategori Best Makeup dan Piala Golden Globe untuk kategori Best Motion Picture dan Best Actor (Robin Williams). Film ini pun masuk dalam daftar "100 Funniest Movies of All Time" dan "AFI's 100 Years, 100 Laughs".

Tahun 2003, 20th Century Fox - sebagai perusahaan distribusi film MrsDoubtfire - berencana untuk membuat sekuel film tersebut. Robin Williams pun telah dihubungi dan setuju untuk kembali memerani karakter tersebut. Namun hingga tahun 2006, naskah film tersebut belum juga tuntas dibuat. Hal ini mengundang amarah Robin Williams dan memutusk
an untuk mundur dari proyek tersebut. Karena Robin Williams sudah tidak berminat lagi dengan proyek Mrs Doubtfire 2 - dan tidak ada orang lain yang cocok memerani karakter tersebut, selain dirinya - maka praktis sekuel ini pun tidak jadi dibuat.



10. CON AIRPORT
Pada tahun 1997, film Con Air besutan sutradara Simon West - dengan pemeran Nicolas Cage, John Cusack, John Malkovich, Ving Rhimes, dan Steve Buscemi - menjadi film box office yang meraup keuntungan hingga US$ 224 juta (dibuat dengan dana US$ 75 juta). Praktis hasil ini membuat film Con Air menjadi salah satu film terlaris di masa itu.

Mencoba melanjutkan kesuksesan tersebut, sutradara Simon West pernah mengajukan skrip sekuel dari Con Air yang diberinya judul "Con Airport". Dalam skrip berjumlah 15 halaman itu, dikisahkan bahwa Vince Larkin (John Cusack) sedang berada di bandara yang didesain untuk menampung para tahanan yang akan ditransportasikan menggunakan pesawat. Namun ada kejadian tidak terduga, sehngga para tahanan menyandera bandara tersebut.

Meski naskah sudah dibuat dan Simo West berencana untuk mempertemukan semua aktor pemeran Con Air, tetapi tidak ada kelanjutan untuk penuntasan naskah tersebut hingga hari ini. Bahkan belum ada aktor film Con Air yang dihubungi untuk membahas sekuel film tersebut.





NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment