Recommended TV Series - METEOR GARDEN 2018 (流星花園)


Judul TV Series   : Meteor Garden
Ditayangkan        : Hu Nan Television & Netflix
Sutradara             : Li He Long
Pemeran              : Shen Yue, Dylan Wang, Kuan Hong, Liang Jing Kang, Wu Xi Ze
Tanggal tayang   : 9 Juli 2018 - sekarang
Total episode      : 48 

Meteor Garden adalah drama serial televisi Taiwan yang sangat fenomenal. Berkat serial ini, drama seri Taiwan pernah meraih kesuksesan di seluruh dunia. Bahkan para pemeran serial ini menjadi pujaan masyarakat seluruh dunia. Demam Meteor Garden pun terjadi di mana-mana, termasuk Indonesia. Bahkan seluruh masyarakat Indonesia - dari berbagai lapisan - jatuh cinta dengan karakter F4 dan Shan Cai yang fenomenal tersebut.

Tujuh belas tahun kemudian, Hu Nan Television merilis versi reboot dari serial televisi fenomenal tersebut. Mengusung alur cerita yang mirip dengan versi aslinya, serial ini diperani oleh para aktor dan aktris baru : Shen Yue (Dong Shan Cai), Dylan Wang (Dao Ming Si), Kuan Hong (Hua Ze Lei), Liang Jing Kang (Feng Mei Zuo), dan Wu Xi Ze (Xi Men Yan).

Secara garis besar, serial ini mengisahkan tentang Shan Cai - seorang gadis periang yang lahir dari keluarga menengah - mendapat beasiswa untuk kuliah di Univesitas Mengde yang merupakan universitas populer di Taiwan. Masalahnya universitas itu adalah universitas anak orang kaya, sehingga kehadiran Shan Cai dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Kehidupannya berubah setelah tanpa sengaja bentrok dengan Dao Ming Si, anak orang kaya yang punya andil besar dalam mendanai Universitas Mengde. Parahnya, Dao Ming Si merupakan bagian dari geng F4, sebuah geng elit yang terdiri dari 4 anak orang kaya : Dao Ming Si, Hua Ze Lei, Si Men, dan Mei Zhuo.

Ketika Dao Ming Si melabrak Shan Cai, Hua Ze Lei justru membela Shan Cai, sehingga Shan Cai terhindar dari amukan Dao Ming Si.

Karena bantuan Hua Ze Lei itulah, Shan Cai diam-diam jatuh hati. Di sisi lain, diam-diam Dao Ming Si pun jatuh hati pada Shan Cai karena melihat kepolosan hati gadis itu. Terlebih lagi, Shan Cai adalah satu-satunya gadis di kampus itu yang berani melawannya. Cinta segitiga inilah yang menjadi alur utama serial Meteor Garden.

Hingga artikel ini dibuat, serial ini telah tayang 14 episode, di mana serial ini tayang 2 episode setiap minggu.



ABOUT (ORIGINAL) "METEOR GARDEN" 
Seperti yang saya sebutkan di atas, Meteor Garden merupakan drama serial Taiwan yang sangat populer di tahun 2001 silam.  Ceritanya sendiri merupakan adaptasi dari komik Jepang karya Yoko Kamio berjudul Boys Over Flower (花より男子 - Hana Yori Dango). Adalah Produser Angie Chai yang waktu itu berkolaborasi dengan Sutradara Cai Yue Xun mewujudkan serial tersebut.

Meteor Garden diperani oleh Jerry Yan (Dao Ming Si), Vic Zhou (Hua Ze Lei), Vanness Wu (Mei Zhuo), dan Ken Chu (Si Men), serta Barbie Shu (San Chai).

Ki-ka : Vic Zhou, Ken Chu, Barbie Shu, Vanness Wu, dan Jerry Yan
Serial bertotal 27 episode ini secara mengejutkan menjadi serial populer, tidak saja di Taiwan, tetapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dalam waktu singkat, para pemeran serial tersebut langsung menjadi super-star yang dipuja-puja banyak orang. Bahkan 4 pemeran utama pria membentuk grup boy-band F4 (kelak berganti nama menjadi JVKV) yang sangat populer di masa itu dan berhasil merilis 3 album (Meteor Rain, Fantasy 4ever, dan Waiting for You).

Selain itu, theme song lagu pembuka Meteor Garden berjudul  情非得已 (Ching Fei De Yi) yang dinyanyikan Harlem Yu dan lagu penutup 你要的愛 (Ni Yao De Ai) yang dinyanyikan Penny Dai  juga sangat sukses di masa itu. Sakin suksesnya, kedua lagu itu sering dinyanyikan banyak orang dalam berbagai kesempatan, termasuk saat acara pernikahan dan ulang tahun.

Pasca kesuksesan serial tersebut, beberapa negara kemudian membuat adaptasi drama tersebut. Beberapa di antaranya adalah : Jepang (Hana Yori Dango, 2005), Korea (Boys Over Flower, 2009), dan Indonesia (Siapa Takut Jatuh Cinta, 2017). Khusus untuk versi Korea, serial tersebut sukses mengangkat nama Lee Min Ho menjadi super-star dunia.



DO YOU KNOW? 
Serial drama Meteor Garden 2018 dibuat dengan buaya 720 juta Taiwan Dollar (US$ 24 juta), di mana rata-rata setiap episode dibuat dengan buaya 15 juta Taiwan Dollar. Biaya ini jauh lebih besar 3 kali lipat dibandingkan biaya pembuatan versi originalnya.

Proses casting (pencarian pemeran) dilakukan melalui sosial media pada tanggal 21 Juni 2017 dengan tagar #FindingF4#.

Empat orang pemeran F4 diumumkan pada tanggal 7 November 2017. Sedangkan pemeran San Chai baru diumumkan dalam wawancara di Shanghai tanggal 9 November 2017.

Lagu pembuka Meteor Garden 2018 berjudul For You yang dinyanyikan oleh 4 orang pemeran F4 yang baru (Dylan Wang, Kuan Hong, Liang Jing Kang, dan Wu Xi Ze).


Sedangkan lagu asli Meteor Garden (Qing Fei De Yu) dinyanyi-ulang oleh penyanyi Zhang Guo Xiang.

Dan lagu penutup Ni Yao De Ai kembali dinyanyikan Penny Tai. Kedua lagu asli Meteor Garden tersebut dinyanyikan ulang dengan versi yang berbeda.

SCTV sudah membeli hak siar serial Meteor Garden untuk ditayangkan di Indonesia. Waktu penayangan belum diketahui. Namun untuk streaming, penonton sudah bisa lebih dulu menonton serial ini di Viu karena serial ini sudah lebih dulu tayang 16 Juli 2018 silam.



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment