Recommended TV Series - TITANS (2018)



Judul Serial            : Titans
Jenis tayangan        : Web-TV
Pemeran                 : Brenton Thwaites, Anna Diop, Teagan Croft, Ryan Potter
Tanggal tayang      : November 2018
Total episode         : 13

Di layar lebar, adaptasi DC Comics mungkin kurang menggigit. Tetapi kalau bicara tentang serial televisi atau mini-seri, DC Comics tidak bisa dipandang sebelah mata. Nyatanya hampir semua serial televisi produk DC Comics selalu sukses dan meraup rating yang cukup memuaskan. Sebut saja Arrow, The Flash, Supergirl, dan yang terbaru : Titans.

Dari judulnya, para penggemar komik sudah langsung paham kalau serial ini mengetengahkan tentang kelompok superhero legendaris Teen Titans yang dipimpin oleh Dick Grayson, yang tidak lain adalah Robin (pendamping Batman). Ide menghidupkan petualangan kelompok ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2014 oleh Jaringan Televisi Kabel TNT. Sayangnya, ide ini tidak pernah terwujud, sampai akhrinya Warner Bros Television mengambil alih dan memulai produksi serial ini bulan November 2016. Alhasil, Season Pertama serial Titans sebanyak 13 episode pun tuntas diproduksi bulan Juni 2018 kemarin.

Serial ini mengisahkan tentang awal terbentuknya kelompok Teen Titans. Kisahnya diawali dengan Dick Grayson / Robin (Thwaites), anak dari keluarga Sirkus yang menjadi yatim piatu setelah kedua orang tuanya tewas dalam sebuah aksi pertunjukan. Dick kemudian diasuh dan dididik oleh Bruce Wayne / Batman untuk menjadi superhero.

Sebagai superhero bernama Robin, Dick merasakan perannya kurang berarti. Banyak orang memandang sebelah mata dirinya, dan mengagung-agungkan Batman. Hal ini menyebabkan Dick kecewa dan memutuskan untuk meninggalkan Batman. Dalam petualangannya, Dick Grayson bertemu dengan Koriand'r / Starfire (Ana Diop), seorang putri dari ruang angkasa yang mencari perlindungan ke bumi. Dick juga bertemu dengan Rachel Roth/ Raven (Teagan Croft) - seorang penyihir keturunan Iblis - serta Garfield Logan / Beast Boy - seorang remaja bertubuh hijau yang dapat berubah menjadi binatang.

Mereka berempat kemudian bergabung menjadi satu kelompok superhero bernama Teen Titans.

Serial ini menjadi awal dari serial kelompok super hero remaja lain yang menjadi lanjutan dari serial ini, yaitu Doom Patrol, di mana serial tersebut akan tayang tahun 2019 mendatang.

Titans sendiri akan tayang bulan November dan bisa ditonton secara streaming di televisi internet.



ABOUT TEEN TITANS
Teen Titans merupakan salah satu kelompok superhero yang cukup legendaris dari DC Comics, setelah Justice League. Berbeda dengan kelompok superhero pada umumnya yang merupakan kelompok dari superhero yang sudah terkenal, Teen Titans justru terdiri dari anggota superhero yang notabene belum pernah dikenal publik sebelumnya (kecuali Dick Grayson yang merupakan pendamping dari Batman).

Kelompok ini pertama kali diperkenalkan di tahun 1964 lewat komik The Brave and the Bold #54 yang dibuat Bob Haney dan Bruno Premiani. Dalam komik tersebut, Teen Titans dibentuk oleh Wally West / Kid Flash, Dick Grayson / Robin, dan Garth / Aqualad. Meski sudah terbentuk, namun nama "Teen Titans" sendiri baru dipakai sebagai nama kelompok tersebut beberapa bulan kemudian - di komik The Brave and the Bold #60 - setelah Donna Troy / Wonder Girl bergabung ke dalam kelompok tersebut.

Dalam perkembangannya, karakter Teen Titans rupanya kurang mendapatkan respon yang positif dari pembaca. Berkali-kali DC Comics "mematikan" dan "menghidupkan" kembali kelompok ini karena kurangnya minat pembaca pada komik ini.

Teen Titans baru meraih kesuksesannya saat dirilis ulang tahun 1980. Adalah Penulis Marv Wolfman dan Penggambar George Perez yang bertanggung jawab atas kesuksesan Teen Titans tersebut. Mereka membuat komik The New Teen Titans, di mana karakter yang ditampilkan lebih dewasa. Ada pun anggota The New Teen Titans adalah Robin, Cyborg, Starfire, Raven, dan Beast Boy (sebelumnya bernama Changeling). Anggota kelompok inilah yang menjadi favorit banyak orang dan merupakan kelompok paling "langgeng" dan berusia sangat panjang, hingga tahun 1996.

Hal paling memorabel di masa itu adalah saat The New Teen Titans (DC Comics) dipertemukan dengan Uncanny X-Men (Marvel Comics) dalam satu komik berjudul The Uncanny X-Men and The New Teen Titans (1982). Komik ini merupakan komik pertama yang mempertemukan karakter DC Comics dan Marvel Comics dalam 1 cerita. Komik ini menjadi salah satu komik terlaris di masa itu. Pihak DC dan Marvels sempat berencana membuat sekuel komik tersebut. Namun proyek itu tidak pernah terealisasi.

Pertemuan DC dan Marvel baru terjadi lagi pada tahun 2003 saat Penulis Kurt Busiek (Marvel) dan George Perez (DC) bekerja sama membuat komik berjudul JLA / Avengers (dirilis bulan September 2003 - Maret 2004 dengan total 2 episode).

Tahun 2000 - 2007, DC Comics merilis cerita Teen Titans dengan alur yang sangat radikal. Mereka memperkenalkan karakter Teen Titans baru : Tim Drake / Robin, Cassie Sandsmark / Wonder Girl, Bart Allen / Kid Flash, dan Kon-El / Superboy. Nantinya, anggota Teen Titans bertambah dengan bergabungnya Miss Martian, Rose Wilson / Ravager, Kara Zor-El / Supergirl, dan Jaime Reyes / Blue Beetle. Di periode ini, kisah Teen Titans terbilang cukup kelam. Selain perseteruan di dalam tubuh Teen Titans sendiri (Wonder Girl mundur dari Teen Titans. Robin meninggalkan Teen Titans dan berpetualang sendiri keliling dunia. Changeling dan Raven kembali masuk ke Teen Titans, berusaha mempertahankan keutuhan kelompok tersebut), Teen Titans di masa ini juga terbilang sangat dinamis, terutama dalam perubahan anggota di dalamnya. Wajar jika banyak pembaca yang tidak terlalu ingat siapa saja karakter Teen Titans di masa ini.

Tahun 2011 - 2016, DC Comics merilis ulang Teen Titans berjudul Teen Titans : The New 52. Masa ini merupakan masa yang kurang baik untuk komik Teen Titans karena dipenuhi kontroversial. Yang paling pertama seputar pernyataan kreator Teen Titans. Awalnya, mereka menyebutkan komik tersebut dibuat sebagai kelanjutan dari seri Teen Titans sebelumnya. Namun hal ini dibantah oleh Dan DiDio - seorang kreator Teen Titans - yang mengungkapkan kalau komik ini sama sekali baru dan tidak ada kaitannya dengan seri Teen Titans sebelumnya. Komik ini menampilkan para karakter Teen Titans yang sama sekali baru, dengan Red Robin / Tim Drake sebagai pemimpin kelompok tersebut.

Kontroversi kedua terjadi saat Penulis Cerita Scott Lodbell membuat cerita tentang Kid Flash / Bart Allen yang disebut sebagai teroris Fundamentalis Kristen dari masa depan yang bersembunyi di abad 20.

Kontroversi masih terus berlanjut ketika karakter Raven dan Trigon dimatikan oleh Lodbell. Para fans bersuara keras memprotes "kematian" kedua karakter itu, sehingga Lodbell menghidupkan kembali Raven dan Trigon.

Banyak Penulis dan Penggambar Teen Titans yang sangat tidak puas dengan alur cerita Teen Titans yang beredar di masa ini, sehingga mereka membuat banyak spin-off yang merupakan lanjutan dari kisah Teen Titans sebelumnya. Banyaknya cerita sisipan Teen Titans yang beredar di masa ini, sangat membingungkan para pembaca.

Bulan Juni 2017 silam, DC Comics membuat proyek DC Rebirth yang menampilkan cerita baru dari karakter kreasi DC Comics pasca kejadian di komik Teen Titans : The New 52. Komik ini menampilkan 2 kelompok Teen Titans yang berbeda. Kelompok pertama dipimpin oleh Damian Wayne / Robin dengan anggota Wally West II / Kid Flash, Jackson Hyde / Aqualad, Beast Noy, Starfire, dan Raven.

Sedangkan kelompok kedua dipmpin oleh Nightwing dengan anggota Wally West / The Flash, Lilith, Arsenal, Donna Troy, Bumblebee, dan Tempest.

Saat ini komik Rebirth masih terus dirilis dan menjadi salah satu komik terlaris DC Comics.

Selain merilis Teen Titans dalam bentuk komik, DC Comics juga merilisnya dalam bentuk serial dan film animasi. Serial animasi Teen Titans pertama kali dirilis tanggal 19 Juli 2003 di Cartoon Network. Serial animasi dengan alur cerita cukup serius ini berhasil menarik penonton anak-anak hingga remaja, sehingga dibuat hingga 5 season (akhir tayang : 16 Januari 2006).

Serial animasi berikutnya adalah Teen Titans Go yang dirilis sejak 23 April 2013 hingga hari ini. Bertolak belakang dari animasi Teen Titans, Teen Titans Go justru menampilkan cerita komedi dan berbentuk parodi. Meski tampil nyeleneh, serial ini juga meraih kesuksesan yang luar biasa. Melihat kesuksesan ini, Carton Network - selaku distributor animasi ini - akhirnya membuat versi layar lebarnya berjudul Teen Titans Go ! To The Movies yang tayang 27 Juli 2018.

Selain serial animasi, Teen Titans juga dibuat versi animasi panjangnya. Animasi panjang pertama berjudul Teen Titnas : Trouble in Tokyo yang dirilis tahun 2006. Alur ceritanya melanjutkan kisah dari episode terakhir serial animasi Teen Titans.

Animasi berikutnya adalah Justice League vs Teen Titans (2016) yang dirilis dalam bentuk video. Animasi ini menjadi animasi Teen Titans pertama yang sangat sukses, sehingga dibuat sekuelnya (Teen Titans : The Judas Contract) yang dirilis tahun 2017 silam.






NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment