Movie Recommended - BIG BROTHER 大师兄; (2018)


Judul Film             : Big Brother (大师兄 - Da Su Heng)
Sutradara               : Kam Ka Wai
Pemeran                : Donnie Yen, Joe Chen, Kang Yu
Tanggal tayang     : 31 Agustus 2018

Minggu ini, film terbaru Donnie Yen berjudul Big Brother akan tayang. Euforia menyambut film ini sudah terasa beberapa bulan yang lalu. Bahkan kabarnya penjualan tiket untuk penayangan perdana di Hong Kong hari ini (31 Agustus 2018) sudah habis terjual sejak minggu lalu.

Ya.... Donnie Yen adalah super-star masa kini. Hampir semua film yang diperaninya pasti ditunggu oleh banyak orang, dan hampir semuanya sukses besar. Jadi wajar jika film terbarunya sangat dinantikan banyak orang, meski tema yang diusung bukanlah tema baru.

Film Big Brother mengisahkan tentang Henry Chen (Donnie Yen), seorang mantan anggota kesatuan militer Tiongkok, memutuskan untuk pensiun dari kesatuannya setelah menyaksikan kekejaman perang yang membuatnya trauma. Dia memutuskan untuk bekerja sebagai seorang guru. Meski tanpa latar-belakang dan pengalaman mengajar, Henry akhirnya diterima bekerja sebagai guru di sebuah sekolah swasta Hong Kong.

Masalahnya murid di sekolah tersebut terkenal sangat nakal. Tidak ada satu pun guru yang sanggup menghadapi para siswa di sana. Mengetahui kondisi sekolah tersebut, Henry melakukan pendekatan yang sangat berbeda pada para murid. Lambat laun, para siswa menaruh hormat padanya.

Sementara itu, ada konglomerat yang berencana untuk membeli tanah di sekolah tersebut. Lantarn Kepala Sekolah tidak setuju menjual tanah sekolah, sang konglomerat mengintimidasi para siswa dan guru di sekolah. Mereka bahkan tidak segan menculik dan menganiaya para murid.

Mengetahui anak didiknya diperlakukan demikian, Henry pun turun tangan membela anak didiknya. Bahkan dia terpaksa mengeluarkan seluruh kemampuan bela-dirinya yang sangat berbahaya untuk menumpas para pengikut konglomerat tersebut.

Tema guru "keren" yang membela siswanya bukanlah tema baru bagi perfilman Hong Kong. Bahkan tema ini sempat sangat populer di era 1990-an ketika Stephen Chow merilis trilogi Fight Back To School (1991 - 1993) yang sangat sukses di masa itu. Meski demikian, tema ini menjadi berbeda di film Big Brother karena Donnie Yen membawakannya dengan cara yang berbeda. Gaya beladiri MMA (Mixed Martial Arts) yang menjadi ciri-khas Donnie disajikan dengan sangat menarik di film ini.

Sinematografi film ini pun terbilang sangat menarik dan realistis berkat koreografi yang dikemas Donnie Yen dengan sangat baik.

Alur cerita film ini pun terbilang cukup ringan karena disusupi dengan adegan-adegan lucu khas remaja, sehingga film ini sangat pas ditonton oleh penonton muda. Donnie pun mampu membaur dengan para artis muda di film ini, sehingga tidak tampak adanya gap usia antara aktor senior dan yunior.

Secara umum, Big Brother adalah salah satu film yang sangat menarik untuk ditunggu. Saya pun ga sabar menunggu film ini tayang di Indonesia....


Comments