TV Series Recommendation - JACK RYAN (2018 - onward)


Judul TV Series            : Jack Ryan
Pemeran                        : John Krasinski, Abbie Cornish, Wendell Pierce
Ditayangkan                 : Amazon Prime Web
Tanggal tayang             : 31 Agustus 2018
Total episode                : 16

Bagi penggemar novel dan buku thriller-politik tentu kenal dengan karakter Jack Ryan. Dia adalah sosok karakter kreasi Novelis Tom Clancy. Karakter ini pertama kali muncul dalam novel perdananya The Hunt for Red October (rilis : 1 Oktober 1984). Novel tersebut menjadi novel terlaris di masa itu, dengan penjualan menembus 45,000 kopi. Bahkan novel itu menjadi salah satu bacaan favorit Ronald Reagan, Presiden Amerika waktu itu.

Pasca kesuksesan The Hunt for Red October, petualangan Jack Ryan kembali dirilis dalam novel-novel Tom Clancy berikutnya. Beberapa di antaranya yang populer - dan juga telah diadaptasi ke dalam film layar lebar - adalah : The Patriot Games (1987), Clear and Present Danger (1989), dan The Sums of All Fears (1991). Secara total, ada 21 novel karya Tom Clancy yang mengisahkan tentang petualangan Jack Ryan.

Kini, setelah dibuat dalam 5 film layar lebar, tahun 2018 ini, petualangan Jack Ryan akan dirilis dalam bentuk serial televisi. Dan aktor yang berkesempatan memerani karakter ini adalah John Krasinski. Season pertama dibuat sebanyak 16 episode dan rencananya akan mulai tayang secara streaming di Amazon Prime Web-TV.

Dalam versi serial televisi ini, Jack Ryan dikisahkan adalah seorang Analis yang bekerja di CIA (Central Intelligence Agency). Sebagai seorang Analis, maka pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan di dalam kantor dan menganalisa data. Namun setelah dia menemukan adanya transaksi perbankan misterius yang terjadi di tempat kerjanya, Jack memutuskan untuk turun ke lapangan dan mencari tahu siapa yang melakukan transaksi tersebut, dan untuk apa.

Penyidikan yang dilakukannya membawa Jack berpetualang di Eropa dan Timur Tengah. Di sana, dia menemukan adanya konspirasi antara teroris dan orang dalam CIA, yang membahayakan keamanan negara Amerika Serikat.

Pada tanggal 16 Juni 2018 silam, episode pertama serial ini ditayangkan di acara Monte-Carlo Television Festival di Grimaldi Forum, Monte Carlo, Monaco. Para penonton - termasuk kritikus film - memuji episode tersebut. Menurut mereka episode Jack Ryan tersebut menampilkan banyak adegan perkelahian dan aksi yang sangat menarik.

Amazon menaruh kepercayaan dan yakin serial ini pasti akan sukses. Karena itu, bulan April 2018 silam, mereka sudah memutuskan untuk membuat Season Kedua dari serial ini.



ABOUT JACK RYAN
Seperti yang telah disebutkan di atas, Jack Ryan merupakan karakter kreasi Novelis Tom Clancy. Petualangan Jack Ryan sudah dibuat sebanyak 21 novel.Karakter ini diciptakan oleh Tim Clancy dan pertama kali diperkenalkan kepada publik lewat novel The Hunt for Red October (1984). Novel itu menjadi "best-seller" dan sejak itu semua novel bertokoh Jack Ryan selalu menjadi novel terlaris. Bahkan pasca meninggalnya Tom Clancy tahun 2013, petualangan karakter ini masih dilanjutkan oleh 4 orang novelis lain (yang sebelumnya sudah mendapatkan restu Tom Clancy) : Mark Greaney, Grant Blackwood, Mike Maden, dan Marc Cameron.

Dalam novel-novel yang dibuat Clancy, Jack Ryan dikisahkan adalah anak dari pasangan polisi dan perawat asal Baltimore. Jack Ryan kemudian masuk militer dan menjadi anggota kesatuan Angkatan Laut Amerika Serikat. Setelah itu, dia menjadi Guru Sejarah di United States Naval Academy di Indianapolis.

Tidak lama berselang, Jack Ryan bergabung dengan Central Inteligence Agency (CIA) dan menjadi Staf Analisa. Meski tugas utamanya berkecimpung di pengolahan data, namun Ryan sering terlibat di lapangan dalam menuntaskan kasus-kasus pelik. Aksinya tersebut membuat Ryan kemudian dipromosikan menjadi Deputy Director CIA. Tidak lama, jabatanya naik menjadi National Security Advisor, dan kamudian menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat.

Satu ketika terjadi insiden di mana para teroris melakukan serangan ke Gedung Putih. Berkat aksi heroiknya, Jack Ryan kemudian diangkat menjadi Presiden Amerika Serikat. Selama menjabat sebagai Presiden ini, tugas Jack semakin berat karena dia berhadapan dengan masalah krisis internasional yang melibatkan banyak negara, terutama di kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Petualangan Jack Ryan sendiri telah diadaptasi ke dalam 5 film layar lebar dan 1 serial televisi. Film layar lebar pertama adalah The Hunt of Red October (1990), di mana dalam film yang disutradarai John McTiernan ini, karakter Jack Ryan diperani oleh Alec Baldwin. Sayang, meski film ini sangat laris, namun Alec Baldwin dinilai gagal memerani karakter Jack Ryan.

Film selanjutnya Patriot Games (1992) dan Clear and Present Danger (1994), karakter Jack Ryan diperani oleh Harisson Ford. Saat ini dia menjadi satu-satunya aktor yang memerani karakter Jack Ryan 2 kali berturut-turut.

Dalam seri selanjutnya, The Sum of All Fears (2002), produser film menginginkan karakter Jack Ryan diperani oleh aktor yang lebih muda. Karena itu terpilihlah Ben Affleck yang memerani Jack Ryan muda yang dikisahkan masih menjadi Staf Analisis CIA, dengan setting cerita kejadian tahun 1973. The Sum of All Fears merupakan "reboot" pertama dari serial Jack Ryan, karena mengabaikan semua aspek yang sudah ditampilkan di seri-seri sebelumnya.

Film Jack Ryan paling anyar dibuat tahun 2014 berjudul Jack Ryan : Shadow Recruit. Film ini merupakan "reboot" kedua karena (kembali) mengabaikan aspek-aspek yang sudah diketengahkan di film The Sum of All Fears. Di film ini, Chris Pane mendapat kesempatan untuk memerani Jack Ryan. Di film ini, setting cerita dibuat tahun 2013 di mana Jack Ryan baru mulai bekerja di CIA dan mendapat tugas mencari tahu aliran transaksi perbankan misterius yang disinyalir merupakan aliran dana para teroris untuk menjalankan aksi kejahatan mereka.

Sementara itu, di tahun ini, serial televisi Jack Ryan dirilis dengan diperani John Krasinski. Sayangya, meski merupakan karakter Tom Clancy, namun alur cerita yang akan diangkat ke layar televisi tidak sepenuhnya diadaptasi dari semua novel Tom Clancy. Hanya beberapa bagian saja yang digunakan Meski demikian, banyak kritikus yang memuji serian ini pasca menonton screening serial tersebut. Karena itu, Amazon - selaku produser dan distributor serial ini - sudah menyetujui pembuatan Season Kedua serial Tom Clancy's Jack Ryan.

Comments