TV Series Recommended - Sacred Games (2018)


Judul TV Seri    : Sacred Games
Ditayangkan      : Netflix - India
Sutradara           : Vikramaditya Motwane dan Anurag Kashyap
Pemeran            : Saif Ali Khan, Nawazuddin Siddiqui, Radhika Apte, Girish Kulkarni
Tanggal tayang  : 6 Juli 2018
Total episode     : 8

Belakangan ini, banyak film India yang berhasil menggebrak dan sudah mulai "go-international". Selain film-film layar lebarnya, kini giliran serial televisi mereka yang berhasil "go-international" dan ditayangkan oleh Netflix.

Serial Sacred Games merupakan serial televisi keren yang merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Vikram Chandra yang dirilis tahun 2006. Meski untuk peredaran internasional, serial Sacred Games tidak menggunakan bahasa Inggris melainkan tetap menggunakan bahasa India sebagai bahasa percakapan. Serial ini juga jauh berbeda dengan film-film India pada umumnya, di mana serial ini tidak ada adegan tari-tarian. Dan yang paling menarik adalah sinematografinya yang menggunakan teknik yang sama persis seperti yang digunakan oleh film Hollywood.

Serial bergenre thriller ini mengisahkan tentang Sartaj Singh (Saif Ali Khan), seorang polisi jujur dari Mumbai yang harus berhadapan dengan semua teman sekantor - termasuk Atasannya - yang merupakan polisi korup. Karena kejujurannya pula, dia harus rela bercerai dengan istrinya yang memilih menikah dengan seorang pria kaya-raya.

Dalam keadaan frustrasi, Sartaj tiba-tiba dihubungi oleh seorang pria misterius yang sangat mengenal dirinya dan ayahnya. Sang pria menceritakan latar-belakang hidupnya serta aksi sadis yang dilakukannya. Sartaj menyidiki identitas orang yang meneleponnya, dan mengetahui kalau orang itu tidak lain adalah Ganesh Gaitonde (Nawazuddin Siddiqui), pemimpin geng India yang cukup ditakuti di masa lalu. Kini, di usianya yang sudah lanjut, dia ingin melakukan sebuah aksi kejahatan terhebat yang akan membuat banyak orang mengenangnya.

Sartaj mencari tahu keberadaan Ganesh. Dan saat berhasil menemukannya, Ganesh mengatakan kepada Sartaj kalau Mumbai akan hancur dalam waktu 25 hari. Sartaj harus menemukan seseorang bernama Trivedi, karena hanya dialah yang mampu menghentikan kehancuran Mumbai. Sebelum Sartaj tahu siapa sosok Trivedi yang dimaksud, Ganesh tewas.

Dan Sartaj pun memulai petualangannya, bertarung melawan waktu, mencari keberadaan Trivedi untuk menyelamatkan Mumbai dari kehancuran. Lewat serangkaian aksi dan kejar-kejaran, Sartaj akhirnya berhasil menemukan siapa Trivedi itu sebenarnya. Malangnya, pada waktu dia berhasil mengungkap misteri tersebut, Sartaj justru terjebak di dalam ruang berisi ribuan alat peledak yang siap menghancurkan Mumbai.

Setiap episode serial ini berdurasi 1 jam lebih, yang mana jauh lebih panjang daripada serial televisi pada umumnya (40 - 43 menit). Meski demikian, serial ini tidak membosankan, bahkan bikin penasaran penonton. Setiap bagian serial ini dipenuhi dengan ketegangan dan aksi seru, sehingga penonton tidak akan menyadari kalau serial ini panjang.


DO YOU KNOW?
Sejak awal tahun 2000, Netflix telah mulai membuat dan merilis serial non-Hollywood. Setelah merilis serial Hong Kong dan Indonesia, mereka mulai melirik untuk merilis serial televisi India. Namun mereka tidak menemukan ada bahan yang cocok untuk diangkat, hingga tahun 2006 Erik Barmack - Wakil Presiden Netflix - membaca novel Sacred Games karya Vikram Chandra dan sanga tertarik untuk mengangkat kisah itu menjadi serial televisi Netflix.

Setelah melalui diskusi yang cukup panjang, Vikram Chandra akhirnya setuju novelnya diproduksi menjadi serial televisi dan ditayangkan Netflix. Namun dia menginginkan 1 syarat : Serial itu harus dibuat dengan percakapan bahasa India. Alasan Chandra adalah karena menurutnya bahasa Inggris tidak akan mampu mengangkat esensi cerita yang dibuatnya dan akan menimbulkan kesalahan interpretasi.

Setiap episode serial Sacred Games diberi judul yang diambil dari mitologi Hindu. Semisal episode pertama berjudul Aswatthama, merupakan nama salah satu karakter dari cerita Mahabharata. Dalam kisah Mahabharata, pasca Perang Kurusetra, Aswatthama dikutuk Krisna sehingga tidak bisa mati.
Sedangkan episode kedua berjudul Halahaha, adalah nama racun yang ada di cerita Samudra Manthan, yang mana racun tersebut tercipta ketika Deva (Dewa) dan Asura (Iblis) bekerja sama untuk melawan Amrita - mahluk yang tidak dapat mati - yang berniat menguasai dunia.

Bagi orang awam, mungkin hanya mendengar bahasa yang dipakai dalam serial tersebut hanya satu bahasa, yaitu bahasa India. Padahal sebenarnya serial ini menggunakan beberapa bahasa daerah India: Hindi, Marathi, Punjabi, dan Gujarati. Tujuan penggunaan bahasa tersebut agar para penonton bisa merasakan sensasi "India yang sebenarnya".
Kubra Sait

Sosok Kuckoo - yang merupakan karakter transgender - diperankan oleh Kubbra Sait, yang tidak lain adalah wanita asli. Sebelum menjadi artis, Kubbra Sait adalah Manager Akunting di Microsoft. Kemudian dia meniti karir sebagai seorang model yang memenangkan berbagai penghargaan internasional, sebelum akhirnya menjadi aktris. Beberapa film sukses yang diperaninya antara lain Ready (2011), Sultan (2016), dan Sacred Games (2018).




Comments