10 Fakta Paling Menyeramkan tentang "THE NUN"


Sejak 4 September 2018 kemarin, film horor The Nun telah tayang dan menghantui hampir semua bioskop di seluruh dunia. Film arahan sutradara Corin Hardy ini secara meyakinkan berhasil membuat para penonton merinding ketakutan. Hingga hari ini, The Nun - yang dibuat dengan biaya US$ 22 juta - telah berhasil meraup keuntungan hingga US$ 122 juta. Ini merupakan prestasi yang luar biasa, mengingat film tersebut baru tayang beberapa hari. Meski hasil ini masih jauh dari perolehan film The Conjuring (dibuat dengan biaya US$ 20 juta, dan meraup keuntungan hingga US$ 319 juta), namun dengan melihat animo penonton yang begitu besar terhadap film ini, besar kemungkinan The Nun akan dapat melampaui perolehan dari film The Conjuring.

Secara umum, film The Nun mengisahkan tentang investasi yang dilakukan oleh Pastor Burke (Damian Bichir) dan Suster Irene (Taissa Vermiga) untuk mengungkap kasus kematian 2 orang biarawati di Rumania. Kasus ini membawa mereka pada perjumpaan dengan roh jahat bernama Valak yang menghantui sebuah biara di Rumania.

Film yang dipenuhi adegan kejutan yang sangat menakutkan ini, tidak saja menghantui para penonton. Bahkan saat proses pembuatan filmnya pun, film ini sudah membuat trauma para pendukung film ini. Nah, kira-kira apa saja yang terjadi saat proses pembuatan film? Berikut ini adalah fakta-fakta menyeramkan dari proses pembuatan film "The Nun", yang saya lansir dari situs Roadshow (distributor film The Nun)  :

James Wan
1.  Menurut James Wan - sutradara film The Conjuring dan kini bertindak sebagai Produser untuk film The Nun - film ini merupakan film paling kelam dan seram dari seluruh rangkaian film The Conjuring (termasuk spin-off Annabelle). Jadi jika Anda sudah menjerit ketakutan saat menonton film The Conjuring dan Annabelle, dapat dipastikan Anda bisa pingsan dan menderita sakit jantung saat menonton film ini. Karena itu, film The Nun sangat tidak cocok bagi orang-orang berpenyakit jantung dan mudah kagetan.

2. Dalam salah satu adegan, terdapat 4 kuburan di dalam "Ruang Kuburan" (Tomb Room) dalam biara di Rumania. Masing-masing kuburan terdapat topeng wajah. Asal tahu saja, topeng wajah pada masing-masing kuburan itu sebenarnya merupakan topeng wajah orang-orang di balik layar film The Nun : Sutradara Corin Hardy, Penulis Skenario Gary Dauberman, Pengarah Sinematografi Maxime Alexandre, dan Produser Eksekutif Michael Clear. Ditambah lagi ada 1 topeng lain, dan topeng itu merupakan wajah dari Asisten Sutradara Harry Boyd.

3. Sebelum produksi film The Nun dilakukan, seluruh kru dan para artis pendukung film melakukan Misa Pemberkatan yang dipimpin oleh Pemimpin Gereja Ortodoks Rumania, Pastor Cosmin. Misa tersebut diadakan di Kastil Corvin (yang terletak di Hunedoara). Di kastil ini pulalah pengambilan gambar pertama film The Nun dilakukan.

4. Setiap pagi, para pengembala selalu membawa kambing dan domba untuk merumput, dan mereka selalu melewati lokasi pengambilan gambar film The Nun. Agar tidak mengganggu konsentrasi para pemain, maka pengambilan gambar selalu dilakukan setelah para pengembala dan ternaknya lewat. Meski waktunya tidak pernah pasti, namun para kru film sudah sepakat mereka baru akan mengambil gambar setelah "rombongan" kambing dan domba lewat. Akibat hal ini, jadwal pengambilan gambar tidak pernah dilakukan di pagi hari dan selalu siang hingga tengah malam.

5. Eleanor Sabaduquia - Ahli Perias Wajah - adalah orang yang membuat riasan wajah Valak di film The Conjuring 2. Di film The Nun, dia dilibatkan kembali untuk mendandani aktris Bonnie Aarons kembali menjadi Valak. Sebenarnya proses riasan wajah Valak terbilang sangat sederhana, karena hanya menggunakan polesan bedak putih yang tebal dengan tambahan alis mata palsu, serta maskara di sekeliling mata Valak. Jadi proses rias Valak terbilang sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Tapi dampaknya? Wow.... bikin semua orang ketakutan....

6. Dalam salah satu adegan, Pastor Burke diceritakan terjatuh ke dalam liang kubur dengan posisi terlentang. Adegan berbahaya ini dilakukan sendiri oleh Demian Bichir, pemeran Pastor Burke. Sebelumnya, Bichir tidak setuju melakukan adegan itu karena sangat berisiko. Sutradara Corin Hardy berdiskusi sangat panjang dan membujuk Bichir untuk melakukannya tanpa menggunakan peran pengganti, agar terlihat sangat realistis. Setelah berhari-hari membicarakan hal itu, Bichir pun setuju. Hasilnya? Anda bisa lihat sendiri : Sangat Realistis...!!!

7. Percaya atau tidak, Artis Taissa Farmiga - pemeran Suster Irene - bukankah orang yang suka film horor, meski sebelumnya sudah pernah bermain dalam serial televisi horor American Horror Story : Murder House (2011). Saat proses pembuatan film The Nun, mungkin karena terlalu menjiwai perannya, Taissa mengaku merasakan ketakutan yang luar biasa, sehingga dia sama sekali tidak pernah bisa tidur di lokasi shooting film the Nun.
Taissa Farmiga

8. Taissa Farmiga adalah adik dari Vera Farmiga (pemeran Lorraine Warren, Penyidik Paranormal, di film The Conjuring). Saat mendapatkan peran memerani Suster Irene, Taissa mencoba menonton film The Conjuring untuk memahami alur cerita film tersebut. Namun meski sudah empat kali menonton film tersebut, Taissa sama sekali tidak berani menonton film itu hingga tuntas.

9. Sutradara Corin Hardy melakukan cukup banyak hal "gila" saat proses pembuatan film The Nun. Saat proses pengambilan gambar di dalam Kastil Corvin, Hardy menuangkan darah buatan di sepanjang pintu masuk, serta menggambar sebuah gambar yang cukup menyeramkan di tengah kastil tersebut.  Setelah proses pembuatan film The Nun selesai, Hardy menyanyikan lagu "The Convent Blues" bersama beberapa orang kru asal Rumania, sebagai ungkapan "terima kasih" kepada Demian Bichir dan Taissa Fermiga. Lagu tersebut diciptakan sendiri oleh Hardy dan bercerita tentang proses produksi film The Nun.
Ki-Ka : Valak dan Bonnie Aarons

10. Dalam sebuah proses pengambilan gambar di malam hari, setelah menuntaskan pengambilan gambar dirinya sebagai Valak, Bonnie Aarons tiba-tiba diserang oleh seekor kelelawar yang masuk ke dalam tenda tempat dirinya beristirahat. Banyak orang menduga kelelawar itu adalah "pelindung" kastil dan mengira Aarons adalah arwah jahat yang mencoba mengganggu kastil. Untungnya, beberapa kru berhasil mengusir kelelawar itu, sebelum terjadi insiden yang membahayakan Aarons.


Comments