TV Series Recommended - CASTLE ROCK (2018 - onward)


Judul TV Seri          : Castle Rock
Ditayangkan            : Hulu (Web-Series)
Pemeran                  : Andre Holand, Melanie Lynskey, Bil Skarsgard, Sissy Spacek
Tanggal tayang       : 25 Juli 2018 - sekarang
Total episode          : 10

Belakangan novel-novel adaptasi Stephen King kembali dilirik untuk diadaptasi kembali ke layar televisi. Setelah beberapa serial televisi hasil adaptasi karya King (The Mist, dan Mr Mercedes) sukses luar biasa tahun lalu, maka tahun ini ada serial terbaru adaptasi dari karya Stephen King : Castle Rock.

Berbeda dengan serial televisi sebelumnya, alur cerita serial ini sama sekali tidak diadaptasi dari novel Stephen King manapun. Justru serial ini merupakan "ringkasan" dari semua novel karya Stephen King. Dalam pembuatan serial ini, Stephen King bekerja sama dengan Sutradara kawakan J.J. Abrams, dan mereka berdua menjadi Produser di serial ini. Ini adalah kali kedua Stephen King dan J.J. Abrams bekerja sama, setelah sebelumnya - di tahun 2016 - mereka bekerja sama membuat mini seri 11.22.63 tentang perjalanan waktu mencegah aksi pembunuhan Presiden Amerika John F. Kennedy.


Serial Castle Rock mengisahkan tentang sebuah kejadian misterius yang terjadi di sebuah kota kecil bernama Castle Rock, yang terletak di Maine, Amerika Serikat. Dikisahkan dalam Penjara Shawshank, Sipir Penjara Dale Lacy (Terry O'Quinn), tiba-tiba bunuh diri tepat 1 hari sebelum dirinya pensiun. Pasca kematian Dale Lacy, posisinya digantikan oleh Sipir Theresa Porter (Ann Cusack). Karena saat itu penjara sangat penuh maka Porter berencana membuka blok sel yang sudah lama tertutup. Saat sel itu dibuka kembali, Porter sangat terperanjat karena menemukan ada seorang tahanan remaja yang ternyata sudah 27 tahun disekap dalam penjara tersebut.

Sang tahanan remaja dipanggil orang penjara dengan nama The Kid (Bill Skarsgard). Pasca penemuan dirinya, The Kid meminta Porter untuk mencarikan seorang pria bernama Henry Matthew (Andre Holland). Henry dulunya adalah penduduk Castle Rock. Dia meninggalkan kota tersebut setelah dituduh sebagai pembunuh ayah kandungnya sendiri. Kini Henry telah menjadi Pengacara dan bekerja di kota.

Saat Henry pulang ke Castle Rock, dia bertemu dengan Alan Pangborn (Scott Glenn), mantan sheriff kota Castle Rock yang telah pensiun. Sang Sheriff menunjukkan kepada Henry sebuah surat yang ditulis oleh Dale Lacy sebelum dia bunuh diri. Surat itu mengungkapkan identitas The Kid yang tidak lain adalah penjelmaan dari Iblis setelah menentang Tuhan.

Ketika Henry menyidiki latar belakang The Kid lebih dalam, dia menemukan banyak misteri yang sulit diterima akal sehat. Dan misteri terbesar yang ditemukannya : The Kid tidak lain adalah diri Henry sendiri.

Bagi penggemar karya Stephen King, tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan begitu banyak bagian serial ini yang merunut pada karya-karya Stephen King sebelumnya. Nama Castle Rock sendiri, misalnya, merupakan nama kota fiksi yang paling sering digunakan Stephen King dalam berbagai tulisannya. Nama kota Castle Rock sendiri mulai digunakan Stephen King di novelnya The Dead Zone (1979), dan kemudian kembali digunakan dalam beberapa novel King selanjutnya, seperti Cujo, The Dark Half, Needful Things, It, Sleepwalker, The Stand, Bag of Bones, dan The Mist.

Kemudian Penjara Shawshank yang tidak lain merupakan nama dari penjara yang ada dalam novel Rita Hayworth and Shawshank Redemption (1982), yang sebelumnya pernah diadaptasi dalam film layar lebar berjudul The Shawshank Redemption (1994).

Aktris Sissy Spacek juga turut dilibatkan dalam serial ini karena aktingnya yang sangat gemilang di film layar lebar Carrie (1976) yang disutradarai Brian de Palma. Film adaptasi novel Stephen King berjudul sama itu mengisahkan tentang seorang gadis remaja bernama Carrie White yang memiliki kemampuan psikokinesis. Dan sosok gadis dengan kemampuan ini muncul di serial Castle Rock, yaitu karakter Molly Strand (diperani Melanie Lynskey), pemilik perusahaan M. Strand & Associates Real Estate dan pernah menjadi tetangga Henry Matthew waktu mereka masih muda.

Banyak lagi elemen novel Stephen King dalam serial ini yang menantang para penggemar King untuk mampu mengidentifikasi hal-hal apa lagi yang ada di novel King dan tertuang dalam serial tersebut.

Seperti biasa, serial televisi adaptasi novel Stephen King selalu menampilkan banyak kejutan yang tidak terduga di akhir setiap episodenya. Karena itu, pastikan Anda nonton setiap episode hingga akhir. Kalau tidak, pasti akan bingung dengan alur di episode berikutnya.


DO YOU KNOW? 
Jika Anda merasa familiar dengan nama dan wajah Bill Skarsgard (pemeran The Kid di serial ini), itu tidak lain karena dia adalah pemeran karakter badut Pennywise The Dancing Clown di film layar lebar It (2017).

Bill Skarsgard (as Pennywise the Dancing Clown)

Bill Skarsgard akan memerani lagi karakter Pennywise di sekuel film It yang rencananya akan tayang tahun 2019 mendatang.

Sedangkan aktor Terry O'Quinn - pemeran Sipir Dale Lacy yang bunuh diri - pernah bekerja sama dengan J.J. Abrams di serial televisi Lost (2004 - 2010). Dalam serial itu, dia berperan sebagai John Locke, seorang penumpang pesawat yang selamat dari kecelakaan pesawat dan terdampar di sebuah pulau.
Terry O'Quinn

Pada tanggal 4 Agustus 2018 silam, Hulu mengumumkan kalau serial Castle Rock telah disetujui untuk dibuat kelanjutannya (Season Kedua) yang rencananya akan tayang tahun 2019 mendatang.

Comments