TV Series Recommended - CAUGHT IN THE HEARTBEAT (青春警事, 2018)


Judul TV Series     : Caught in the Heartbeat
Jaringan TV           :Tencent & Dragon TV - China
Pemeran                 : Jiao Jun Yan, Yang Ting Dong, Wei Da Xun, Wang Zi Xuan
Tanggal tayang      : 2 Juli 2018 - sekarang
Total episode         : 40

Bicara serial televisi Tiongkok, kita semua akan langsung membayangkan serial televisi bergenre wuxia. Ya, Tiongkok memang terkenal dengan serian wuxia-nya yang mengagumkan, baik dari segi cerita maupun penggarapannya. Pertarungan wuxia serian Tiongkok selalu seru dan menarik.

Sedikit orang yang tahu, kalau serial televisi Tiongkok sudah sangat berbeda. Mereka tidak lagi hanya membuat serian wuxia, tetapi sudah merambah ke genre-genre yang bervariasi, mulai dair drama, thriller, misteri, fantasi, hingga genre petualangan. Dan salah satu serian Tiongkok befgenre non-wuxia yang sedang tinggi rating-nya adalah serial Caught in the Heartbeat (青春警事 - Qing Chun Jing Shi). 

Serial bergenre thriller-komedi ini mengangkat cerita yang cukup unik, dan terbilang belum pernah diangkat sebelumnya oleh serial manapun.

Ceritanya berpusat pada seorang gadis muda bernama Jing Gu (Jiao Jun Yan) yang tergeletak di rumah sakit dalam keadaan koma selama 3 tahun. Satu ketika, Detektif Tang Yi Xiu (Wei Da Xun) melakukan pengejaran kepada seorang tersangka kejahatan. Sang Kriminal masuk ke dalam kamar pasien Jing Gu dan melakukan perlawanan. Secara tidak sengaja Detektif Tang terjatuh dan mencium Jing Gu.

Secara ajaib - bak kisah Putri Salju - Jing Gu terbangun pasca dikecup Detektif Tang.

Meski sudah sadar, namun Jing Gu mengalami amnesia sehingga dia tidak ingat semua kejadian di masa lalu. Dia kemudian mengetahui kalau orang tuanya telah tiada dan dia dirawat oleh Pamannya, yang merupakan Direktur Kepolisian Tiongkok. Karena ayahnya juga seorang polisi yang meninggal saat bertugas, Jing Gu akhirnya memutuskan untuk mendaftar sebagai polisi. Dia diterima dan bekerja sebagai staf administrasi barang bukti.

Tak lama berselang, terjadi pembunuhan misterius yang menewaskan seorang model terkenal dari Tiongkok. Sang model ditemukan tewas di sungai yang terletak di pelosok di dalam hutan. Padahal model ini seharusnya saat ini sedang menikmati liburan di Paris. Detektif Tang mendapat tugas untuk menyidiki kasus ini. Secara tidak sengaja dia berpapasan kembali dengan Jing Gu. Entah mengapa, saat Jing Gu menyentuh barang bukti yang dipegang Detektif Tang, dia mendapatkan penglihatan tentang kejadian pembunuhan.

Selain mendapat penglihatan, otak Jing Gu tiba-tiba dapat mengingat banyak hal yang sangat detil. Dia disebut memiliki "memori super" berkat kejadian koma yang dialaminya.

Berbekal kemampuan "ingatan super" yang dimilikinya, Jing Gu bekerja sama dengan Detektif Tang menyidiki kasus pembunuhan tersebut, sekaligus menyidiki masa lalu Jing Gu yang misterius.

Sekilas alur cerita serial ini mirip dengan serial televisi Korea Investigation Couple. Meski demikian, serial Caught in The Heartbeat memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Salah satunya adalah dari total episodenya yang terbilang jauh lebih panjang daripada Investigation Couple. Selain itu, Investigation Couple banyak melibatkan Ahli Forensik, sedangkan Caught in the Heartbeat lebih banyak menampilkan investigasi dan hubungan kocak Jing Gu - Detektif Tang.

Meski mengusung genre yang "serius", alur cerita serial ini terbilang sangat ringan dan mudah dicerna. Jadi penonton pun tidak dipusingkan dengan teori psikologi "berat" seperti yang biasa digunakan oleh serian produk Hollywood.


DO YOU KNOW? 
Meski di awal episode disebutkan lokasi kejadian serial ini di Kota Tian Yi, namun proses shooting serial ini dilakukan sepenuhnya di Kota Shenzhen.

Untuk bisa tampil realistis, para pemeran utama - terutama Jiao Jun Yan dan Wei Da Xun - mendapat gemblengan langsung dari Kepolisian Tiongkok. Selain latihan fisik yang cukup berat, mereka pun dilatih untuk menggunakan senjata api, senjata tajam, serta teknik melumpuhkan lawan.

Proses pengambilan gambar seluruh episode dilakukan selama 4 bulan, dimulai dari tanggal 25 April hingga 16 Agustus 2018.

Comments