10 Fakta Mengejutkan yang Tidak Anda Ketahui Tentang VENOM


Tanggal 5 Oktober 2018 mendatang, Venom - salah satu musuh terhebat Spiderman - akan hadir di layar lebar. Film yang disutradarai Ruben Fleischer dan diperani Tom Hardy ini akan menjadi film anti-super hero kedua yang dirilis Marvel Comics (setelah Deadpool), dengan menampilkan sosok Antagonis sebagai karakter utama film.

Meski merupakan karakter antagonis, tetapi sosok Venom memiliki fans yang sangat banyak. Tidak heran jika kemudian kisah hidupnya dibuat tersendiri menjadi sebuah film.Dan nyatanya, meski karakter ini merupakan salah satu karakter yang disukai banyak orang, tenyata tidak banyak yang tahu latar belakang dan fakta di balik kehebatan karakter menyeramkan ini.

Nah, sambil menunggu kehadirannya di layar bioskop beberapa hari lagi, berikut ini adalah beberapa fakta dan informasi menarik -sekaligus mengejutkan - yang tidak Anda ketahui tentang Venom.

1. CEMILAN FAVORIT VENOM : TUPAI
Venom adalah perwujudan dari mahluk ruang angkasa bernama Symbiote. Awalnya Symbiote - mahluk ruang angkasa berbentuk seperti cairan pekat yang menguasai tubuh seseorang sebagai inang - menjangkiti Spiderman. Namun karena ditolak oleh Spiderman / Peter Parker, Symbiote memendam kecewa dan amarah. Dia pun kemudian menjangkiti Eddie Brock, seorang wartawan yang juga memendam dendam pada Spiderman. Maka setelah bergabung, mereka menjadi Venom.

Venom memiliki kekuatan seperti Spiderman karena pernah memasuki Manusia Laba-laba tersebut, sehingga dia berhasil menguasai kemampuan yang dimiliki sang superhero. Meski memiliki kemampuan superhero, namun secara naluri, Venom masih tetap mahluk buas dan sadis.

Selain merasuki Eddie Brock, dalam kisah komik, Venom pernah merasuki Mac Gargan / Scorpion. Seperti yang digambarkan dalam komik Sinister Spider-Man, Venom menjadi sosok yang sadis dan kanibal, sehingga sangat gemar makan mahluk hidup. Salah satu mahluk favoritnya yang menjadi "cemilan" baginya adalah Tupai. Bagi Venom, Tupai memiliki rasa yang mirip dengan kripik kentang, sehingga sangat enak untuk dinimati setiap waktu dalam jumlah yang banyak.


2. VENOM SUKA MAKAN OTAK MANUSIA
Selain terkenal sadis, Venom ternyata suka makan otak manusia. Dan memakan otak manusia ini sudah menjadi keharusan yang harus Venom lakukan. Bukan karena untuk menunjukkan sikap dominan - atau perilaku menyimpang alias sakit jiwa - pada lawannya, tetapi merupakan kebutuhan. Symbiote untuk bertahan hidup. Di dalam otak manusia terdapat hormon Phenylethylamine, yang mana hormon ini merupakan "bahan makanan" yang dapat membuat Symbiote bertahan hidup.

Pertanyaannya : Apakah hormon tersebut hanya ada di otak manusia? Ternyata tidak. Hormon Phenylethylamine juga terdapat di dalam coklat. Jadi selain memakan otak manusia, Venom pun pernah digambarkan memakan coklat untuk memuaskan rasa laparnya.


3. VENOM BISA MENG-KLONING DIRINYA SENDIRI DENGAN LIDAH
Symbiote adalah mahluk ruang angkasa paling berbahaya yang sebenarnya tidak mudah untuk dimusnahkan. Salah satu alasannya : Dia dapat meng-kloning dirinya sendiri. Dan bagian lidahnya merupakan bagian yang mampu lepas dan berubah menjadi kloning dirinya yang sama hebatnya.

Dalam kisah Venom di komik, Ararat Corporation pernah melakukan eksperimen dengan memotong lidah Venom. Alhasil lidah tersebut berubah menjadi Venom baru yang mereka beri nama Mania.



4. VENOM PERNAH MENJADI ANGGOTA THE AVENGERS DAN GUARDIAN OF THE GALAXY
Sejahat-jahatnya Venom, tidak berarti dia selamanya adalah musuh para superhero. Nyatanya dia justru dipercaya untuk menjadi salah satu anggota "kehormatan" dari perkumpulan Superhero. Gak percaya?

Dalam cerita komik Venom, ketika Symbiote merasuki tubuh Flash Thompson, dia berubah wujud menjadi Venom yang sangat heroik. Venom kemudian dipercaya untuk menjadi anggota Guardian of the Galaxy. Bersama kelompok ini, Venom bahkan pernah berpetuang ke planet asal Symbiote : Klyntar, di mana Groot dan Rocket Raccoon nyaris dirasuki oleh Symbiote di planet tersebut.

Setelah itu, Venom pernah bergabung menjadi salah satu anggota Dark Avengers - yang anggotanya adalah musuh para superhero - di bawah kepemimpinan Norman Osborn. Lalu dia ditarik oleh Captain Amerika untuk menjadi anggota Secret Avengers, bareng Beast, Hawkeye, Black Widow, dan Valkyrie.



5.  MASA KECIL EDDIE BROCK SANGAT KELAM
Mengapa Eddie Brock dipenuhi amarah dan emosi yang sangat besar? Alasan utamanya dapat kita temukan dalam komik Venom : Dark Origin karya Angel Medina / Zeb Wells. Dalam komik tersebut dikisahkan kalau Ibu Eddie Brock meninggal saat melahirkan dirinya. Karena itu, kakak perempuan Eddie yang masih belia harus mengurusi rumah, menggantikan ibunya.

Ayah Eddie menyalahkan Eddie Brock sebagai orang yang menyebabkan kematian ibunya. Tumbuh dalam lingkungan yang sangat tidak kondusif seperti itu, membuat Eddie tumbuh menjadi sosok yang tidak memiliki rasa percaya diri. Ditambah lagi penolakan dari ayahnya, membuat dia sangat mendendam pada keluarganya. Amarah dan dendam inilah yang menjadi alasan mengapa Symbiote kemudian tertarik untuk merasuki tubuh Eddie Brock.



6. VENOM PELINDUNG KAUM LEMAH
Sosok Venom yang kejam tidak selamanya digambarkan sebagai karakter antagonis yang ditakuti. Justru dalam beberapa kesempatan, Venom pun digambarkan sebagai sosok superhero yang melindungi kaum lemah.

Dalam cerita komik Sinister Spider-Man, pasca kalah bertarung dengan Spider-Man, Eddie Brock memilih pindah ke San Fransisco. Di sana, dia tinggal di bekas bangunan yang ditinggali oleh para tuna-wisma. Ketika bangungan itu akan dirobohkan, Eddie Brock muncul sebagai Venom bertarung dengan para pekerja bangunan yang berusaha menghancurkan tempat itu.

Bukan hanya melindungi para tuna-wisma, tetapi Venom juga bersumpah untuk menjadi penjaga dan pelindung para tuna wisma. Kisah kepahlawanan Venom ini sangat populer di era 1990-an, sehingga kemudian dibuat kelanjutannya, di mana Venom berhadapan dengan banyak orang yang berusaha mengganggu para tuna wisma, termasuk para tentara berkekuatan super.



7. VENOM ADALAH SYMBIOTE GENERASI KE-998
Karakteristik Symbiote adalah selalu berpindah inang ke tubuh yang lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Dengan sering berpindah-pindah, maka Symbiote dapat menyerap kekuatan yang dimiliki oleh inang sebelumnya dan menjadikannya semakin kuat ketika pindah ke inang berikutnya.

Kekuatan super yang dimiliki Venom ternyata merupakan gabungan dari 998 inang yang pernah dihinggapi Symbiote sebelumnya. Artinya, Venom merupakan "generasi" ke-998 dari Symbiote.

Pasca Eddie Brock, Symbiote pernah berpindah inang ke orang lain dan menjadikannya menjadi sosok bernama Carnage, dan menjadikannya Symbiote Generasi ke-999. Selanjutnya Symbiote berpindah lagi ke inang lain dan menjadikannya mahluk baru bernama Toxin. Toxin merupakan symbiote terkuat, yang kelak menjadi salah satu musuh terkuat Venom.



8. SYMBIOTE DIASINGKAN SUKUNYA SENDIRI
Seperti yang saya jelaskan di atas, Symbiote berasal dari Planet Klyntar. Tetapi tidak berarti semua mahluk Klyntar sama ganasnya dengan Symbiote. Justru sebaliknya : Mereka adalah mahluk cinta damai. Lalu mengapa Symbiote menjadi mahluk yang begitu sadis dan kejam?

Latar belakang Symbiote sebenarnya terbilang sangat rumit. Tapi sederhananya begini (berdasarkan alur cerita komik "Secret Wars") : Symbiote awalnya adalah mahluk tanpa bentuk dan tanpa perasaan yang tinggal di Klyntar. Ketika dia merasuki inang pertamanya - yang merupakan penduduk asli Klyntar - ternyata orang tersebut memiliki pikiran jahat untuk menghancurkan planetnya. Dengan bantuan Symbiote, sang penduduk berhasil menghancurkan sebagian besar Planet Klyntar. Beruntung para pejuang Klyntar berhasil melumpuhkan Symbiote dan mengasingkannya dari Planet Klyntar. Saat itu, Symbiote telah mewarisi hal-hal negatif yang dimiliki oleh penduduk Klyntar tersebut. Akibatnya dia menjadi mahluk yang buas. Dan semakin sering merasuki inang, rasa jahat yang dimilikinya semakin besar.

Saat terdampar di Bumi, sebelum merasuki Spider-Man, dia terlebih dahulu merasuki Deadpool, sehingga mewarisi kegilaan Deadpool. Itulah alasan mengapa Venom kemudian menjadi sosok yang sangat sadis dan brutal.



9. VENOM SUKA NONTON TELEVISI
Fakta Venom yang cukup mengejutkan ditampilkan penulis Mike Costa di Komik Venom #154 di mana dalam cerita itu dia menampilkan sosok Venom yang tergila-gila dengan televisi.

Dalam komik tersebut, Venom bergabung kembali dengan Eddie Brock. Pada saat itu, Venom mulai menikmati kebiasaan barunya dengan menonton televisi. Bahkan saat Brock sedang tertidur pun, Venom bisa tetap terbangun dan menonton televisi tanpa henti selama berjam-jam.

Acara yang paling disukai Venom adalah acara yang berhubungan dengan dunia medis, terutama pembahasan tentang teknik mengontrol manusia lewat syaraf tubuh manusia. Bahkan Venom menggunakan Eddie Brock sebagai "Kelinci Percobaan"-nya saat melakukan "operasi" tulang belakang untuk menguasai Brock sepenuhnya.



10. VENOM ADALAH SETAN GENERASI BERIKUTNYA 
Dan hal terakhir yang cukup kontroversi adalah : Venom merupakan kandidat untuk menjadi Setan Generasi Berikutnya. Tapi jangan menyebarkan hoax dulu dengan bilang Venom adalah Setan ya.... Keliru besar, Sodara-sodara...!!!

Yep... Marvel Comics baru-baru ini merilis cerita tentang dunia masa depan, di mana Venom mendapatkan Tanda Neraka (Hell Mark), yang berarti dia terpilih untuk menjadi Penguasa Neraka dalam waktu dekat ini. Tapi tentu saja Venom tidak butuh posisi tersebut, karena itu hanya akal-akalannya untuk menyelamatkan sobatnya, Andi. Dengan berpura-pura setuju menjadi Penguasa Neraka - menggantikan Setan - Venom turun ke Dunia Orang Mati untuk menyelamatkan Andi, dan membunuh Setan.

Dengan terbunuhnya Setan, Venom menjadi mahluk super tidak terkalahkan di dunia orang hidup maupun orang mati.

Comments