Recommended Movie - Master Z : Ip Man Legacy (葉問外傳:張天志, 2018)


Judul Film           : Master Z - Ip Man Legacy
Sutradara             : Yuen Woo Ping
Pemeran              : Max Zhang, Dave Bautista, Michelle Yeoh, Tony Jaa
Tanggal tayang   : Desember 2018

Jika Anda menonton Ip Man 3 (2015), tentu ingat dengan sosok petarung Wing Chun bernama Zhang Tien Chi (張天志) yang menjadi musuh dan bertarung habis-habisan dengan Ip Man. Sosok ini ternyata menjadi karakter favorit penonton Hong Kong. Banyak yang menilai sosok ini memiliki latar belakang kehidupan yang memprihatinkan. Walaupun pada akhirnya harus menjadi musuh Ip Man, namun di balik kebengisannya, terselip rasa kemanusiaan yang tinggi, dan membuat banyak penonton hormat pada sosok Zhang Tien Chi.

Kepopuleran sosok Zhang Tien Chi ini mendorong Yuen Woo Ping untuk mengangkat kisah hidupnya dalam film Master Z - Ip Man Legacy. Film ini merupakan spin-off dan bagian dari franchise Ip Man yang mana akan berhubungan dengan kisah Ip Man 4 yang akan tayang tahun 2019 mendatang.

Film Master Z - Ip Man Legacy akan melanjutkan cerita dari Ip Man 3, di mana pasca dikalahkan Ip Man, Zhang Tien Chi (Max Zhang) memutuskan untuk pindah ke Hong Kong. Di kota tersebut, dia bekerja sebagai pembunuh bayaran. Namun Zhang kemudian memutuskan untuk bertobat dan membuka toko kelontong agar bisa hidup damai bersama anaknya.

Satu ketika, saat sedang mengantarkan pesanan pelanggan, Zhang berpapasan dengan dua orang wanita pecandu narkoba bernama Nana (Christie Chau) dan Julia (Liu Yen) yang dikejar oleh kelompok triad pimpinan Kit (Kevin Cheung). Zhang dengan mudah mengalahkan Kit. Merasa dipermalukan, Kit kemudian membuntuti Zhang. Setelah mengetahui tempat tinggal Zhang, pada malam harinya Kit dan kelompoknya membakar rumah Zhang. Beruntung Zhang dan anaknya selamat dari kejadian itu.

Zhang yang mengetahui pelaku pembakaran itu, segera melabrak Kit. Namun untuk bisa menemui Kit tidaklah mudah karena dia memiliki seorang kakak perempuan bernama Kwan (Michelle Yeoh) yang merupakan pemimpin Triad. Selain itu dia pun harus berhadapan dengan Kepala Kepolisian Inggris yang bengis (Dave Bautista) yang melindungi keluarga Kit dan Kwan. Lawan Zhang tentu tidaklah mudah, ditambah lagi dia harus bertarung dengan para pengawal Kit dan Kwan yang juga berkemampuan bela diri sangat tinggi.

Secara umum, film ini menampilkan pertarungan yang luar biasa keren dan sangat menarik. Jangan tanyakan alur-ceritanya, karena - berbeda dengan seri-seri Ip Man sebelumnya - film ini lebih berfokus pada aksi bela diri yang luar biasa keren.

Yang menjadi catatan tersendiri dari film ini adalah aksi aktor Max Zhang / Zhang Jin yang terbilang sangat keren. Meski belum terlalu terkenal di Indonesia, tapi Zhang Jin sendiri merupakan aktor bela-diri yang cukup dihormati di Hong Kong. Dia adalah mantan atlet wushu Hong Kong yang kemudian merambah di dunia film. Film-film eksyen yang diperaninya kebanyakan adalah film-film box-office yang cukup populer. Beberapa di antaranya adalah The Grandmaster (2013), Rise of the Legend (2014), SPL II : The Time of Consequences (2015), dan - tentu saja- Ip Man 3 (2015).

Di perfilman internasional juga dia pun telah membintangi beberapa film Hollywood, seperti Pacific Rim Uprising (2018) dan Escape Plan 3 - Devil's Station (2018).


Comments