Recommended Movie - CAPERNAUM (2018)

Judul Film        : Capernaum 
Sutradara          : Nadine Labaki
Pemeran           : Zain Al Rafeea, Yordanos Shiferaw, Boluwatife Treasure Bankole
Tanggal tayang : 4 Desember 2018

Film produksi Libanon ini merupakan film yang sangat mengharukan sekali. Pertama kali ditayangkan di Cannes Film Festival (17 Mei 2018) silam, film ini mendapatkan "standing applause" selama lebih dari 15 menit. Capernaum disutradarai dan naskahnya ditulis oleh Nadine Labaki, aktris dan juga sutradara kenamaan asal Lebanon.

Capernaum menghadirkan sebuah cerita yang mengharukan, tentang Zain (Zain al Rafeea) - seorang anak berusia 12 tahun - yang menuntut orang tuanya karena melakukan kejahatan paling keji pada dirinya : Meninggalkan dia dan adiknya.

Cerita pun bergulir setahun sebelumnya, di mana Zain tinggal di sebuah apartemen kumuh di Lebanon bersama adik dan orang tuanya. Kemiskinan yang menghimpit keluarga itu, membuat kedua orang tua Zain memutuskan untuk pergi, meninggalkan anak-anaknya. Ditinggal sendirian, Zain harus berjuang untuk bertahan hidup. Bersama adiknya, dia hidup di jalan yang sangat keras. Dalam perjuangan hidupnya ini, dia bertemu dengan seorang pengungsi Ethiopia bernama Rahil (Yordanos Shiferaw) bersama bayinya yang baru lahir. Dia pun bertemu dengan Yonas (Boluwatife Treasure Bankole) yang baru bebas dari penjara pasca melakukan kejahatan.

Mereka bertiga akhirnya melakukan kejahatan di jalan untuk bertahan hidup. Ketika tanpa sengaja menusuk seseorang hingga akhirnya tewas, Zain pun dijebloskan ke dalam penjara. Saat menghadapi sidang, Zain memberanikan diri melakukan tuntutan kepada orang tua yang telah meninggalkanya.

Film ini dengan sempurna berhasil mengangkat kondisi kehidupan masyarakat Libanon pasca perang. Labaki pun dengan tangkas menunjukkan bagaimana kondisi hidup masyarakat di sana sebagai akibat perang berkepanjangan. Semuanya diambil dari sudut pandang anak kecil berusia 12 tahun bernama Zain yang mampu membuat para penonton menitikkan air mata.

Sebuah film mengharukan yang wajib kita tunggu Desember 2018 nanti ....



Comments