Recommended TV Series - LEAVING NEVERLAND (2019)



Judul TV Seri               : Leaving Neverland
Ditayangkan                 : HBO
Tanggal tayang             : 3 - 4 Maret 2019
Total episode                : 2 

Beberapa waktu lalu, masyarakat Amerika Serikat dihebohkan dengan penayangan film dokumenter berjudul Leaving Neverland. Film produksi HBO ini disutradarai dan diproduseri Sineas Inggris Dan Reed, dengan durasi total 4 jam (yang dibagi menjadi 2 episode, dan ditayangkan tanggal 3 dan 4 Maret 2019 silam).

Film dokumenter ini berisi wawancara dengan 2 orang - Wade Robson dan James Safechuck - yang mengaku pernah mengalami pelecehan s*ksual oleh artis (almarhum) Michael Jackson.

Semasa hidupnya, Michael Jackson memang sudah sangat sering terseret kasus pelecehan seperti ini, khususnya pelecehan yang dilakukan olehnya pada anak-anak. Kasus besar yang tercatat dalam sejarah adalah kasus tahun 1993 saat Michael dituduh telah melakukan pelecehan terhadap Jordan Chandler, seorang anak laki-laki berusia 13 tahun. Michael menolak tuduhan itu namun bersedia membayar biaya pengadilan lebih dari US$ 15 juta, ditambah penyelesaian secara kekeluargaan dengan keluarga Chandler. Meski Michael tidak pernah secara resmi dihukum, namun kasus itu menjadi kasus pertama dan terbesar yang pernah dituduhkan pada Michael.

Kasus selanjutnya terjadi lagi pada tahun 2005 di mana Michael kembali mendapatkan serangkaian tuduhan telah melakukan pelecehan pada anak-anak. Tetapi lagi-lagi kasus itu berhenti dan diselesaikan lewat jalan damai.

Film ini mengambil perspektif dari kacamata Wade Robson dan Jimmy Safechuck, dua orang pria yang dulunya ditengarai pernah menjadi sahabat Michael Jackson saat mereka masih berusia sangat belia. Wade Robson - yang kini dikenal sebagai koreografer terkenal yang membuat koreografi untuk Britney Spears dan grup musik NSYNC - mengenal Michael Jackson di usia 5 tahun. Dia berhasil menjadi sahabat Michael saat memenangkan perlombaan menari ala Michael Jackson, di mana Wade menjadi peserta termuda saat itu.

Sedangkan Jimmy Safechuck mengenai Michael saat dia berusia 9 tahun, ketika membintangi iklan Pepsi-Cola.

Selain menampilkan wawancara kedua orang tersebut, film ini juga menampilkan wawancara dengan seluruh anggota keluarga Wade dan Jimmy, mulai dari saat perkenalan mereka dengan Michael Jackson, hingga dampak yang terjadi pada keluarga mereka pasca mengetahui kasus pelecehan yang menimpa anak mereka.

Pasca ditayangkan di Sundance Film Festival tanggal 25 Januari 2019, film ini mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton. Saat ditayangkan di televisi, film ini dibagi menjadi 2 bagian dan ditayangkan di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa (Inggris, Jerman, Spanyol, Norwegia, Swedia, dan lain-lain). Film ini ditonton lebih dari 2 juta menonton di seluruh dunia.

Pasca perilisan film tersebut, banyak negara yang kemudian memutuskan untuk tidak menayangkan lagu-lagu Michael Jackson di radio mereka. Beberapa di antaranya adalah Kanada (Radio CKOI dan Rhytme FM), Belanda (NH Radio), dan Selandia Baru (NZME Radio). Bahkan episode serial televisi animasi The Simpsons berjudul "Stark Raving Dad" yang menampilkan Michael Jackson sebagai bintang tamu ditarik dari peredaran.

Meski banyak orang yang memprotes tindakan Michael Jackson semasa hidupnya, namun tidak sedikit pula orang yang mendukung dan Michael Jackson. Banyak yang yakin kalau film Leaving Neverland dibuat hanya dari 1 sisi saja, dan para pembuat film tersebut tidak melihat dari sudut pandang yang lain.Walau demikian, Sutradara Dan Reed menyebutkan kalau dirinya telah berusaha netral saat membuat film ini, dan tidak berusaha menyudutkan Michael Jackson.

Sementara keluarga Michael Jackson menuntut HBO sebesar US$ 100 juta karena telah menayangkan film itu tanpa seizin mereka. Tapi tuntutan mereka dianulir pengadilan karena orang yang seharusnya melakukan tuntutan adalah Michael Jackson, dan dia sudah meninggal, sehingga tuntutan keluarga Michael Jackson tidak dapat diteruskan.



DO YOU KNOW? 
Di waktu yang nyaris bersamaan (tanggal 4 Maret 2019), Oprah Windfrey merilis tayangan televisi berjudul Oprah Windfrey Presents : After Neverland (direkam tanggal 2 Maret 2019) di mana Oprah mewawancarai Dan Reed, Wade Robson, dan Jimmy Safechuck, membahas film Leaving Neverland. Hadir dalam acara wawancara tersebut seluruh keluarga Wade Robson dan Jimmy Safechuck, serta para penonton yang semuanya pernah menjadi korban pelecehan s*ksual. Oprah sendiri pernah mengalami pelecehan yang dilakukan ayahnya waktu Oprah masih berusia sangat belia.

Pasca kesuksesan film dokumenter tersebut, Dan Reed berencana untuk membuat dokumenter wawancara dengan menghadirkan korban pelecehan Michael Jackson berikutnya : Jordy Chandler dan Gavin Arzino. Kedua anak itu ditengarai merupakan "Sahabat" Michael Jackson yang paling sering menginap di rumah Michael Jackson di Neverland.

Comments